Current Issue

Vol 1 No 1 (2020): National Nursing Conference
Published: 2020-02-17

Articles

View All Issues

Dengan senang hati kami mengucapkan selamat datang di seminar nasional keperawatan (National Nuring Conference) 2020. Kami sangat senang menjadi tuan rumah pada seminar ini. Kami sampaikan terimakasih kepada  hadirin semua, terutama kepada pembicara utama, pembicara yang di undang dan persenter yang telah menyiapkan makalah dan hadirin yang telah berpartisipasi dalam seminar. Kami meyakini, kontribusi anda akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan keperawatan terutama dalam hal kesehatan mental pada anak di Indonesia.

Gangguan kesehatan mental emosional menjadi fokus kesehatan global karena berkaitan dengan kualitas penerus generasi bangsa. Kesehatan mental berperan penting dalam mempersiapkan tumbuh kembang anak, karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam JAMA Pediatrics memperkirakan, sebanyak 16,5 persen anak di Amerika Serikat mengalami gangguan kesehatan mental. Kecemasan, depresi, bullying, kecanduan gagdet, ADHD, merupakan masalah kesehatan anak yang paling sering terjadi. Hal ini tentunya perlu diatasi segera, sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

Bagaimana peran tenaga kesehatan, orang tua dan sekolah terhadap optimalisasi kesehatan jiwa pada anak dan remaja, akan kita dapatkan dari paparan dari Prof. Dr. Budi Ana Keliat, M.App.Sc sebagai Guru Besar di bidang keperawatan jiwa Universitas Indonesia

Kita juga akan belajar mengenai pencegahan dan penanganan depresi pada anak dan remaja di unit pelayanan jiwa anak dan remaja rumah sakit jiwa Indonesia dari sumbernya dr. Lahargo Kembaren, Sp. Kj yang merupakan dokter di Rumah Sakit Marzuki Mahdi Bogor.

 Kami berharap semua peserta dapat memenuhi harapan mereka dan menimba ilmu dengan baik dari para pakar dengan dibuktikan penelitian-penelitian yang dipersentasikan.

Penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada ketua sekolah tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan dan Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan, yang telah mendukung terlaksananya seminar ini. Selain itu, seminar ini tidak akan berjalan lancar tanpa kerja keras panitia, saya bangga kepada semuanya. Akhir kata terima kasih untuk semuanya untuk keberhasilan seminar ini.