PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET MODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.862Keywords:
Kartu Kuartet, Pengetahuan, PHBS, Pendidikan KesehatanAbstract
Anak usia sekolah dasar menjadi aset utama pembangunan dimasa depan. Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan anak usia sekolah dasar adalah dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yang baik. Penyampaian informasi melalui promosi kesehatan pada anak usia sekolah dasar membutuhkan media edukasi yang efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media permainan kartu kuartet modifikasi terhadap tingkat pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada siswa sekolah dasar di SDN 1 Sukaraja Kabupaten Kuningan. Desain penelitian adalah quasy eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test design. Populasi sebanyak 76 siswa kelas IV dan V dengan teknik sampel total sampling. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian sebelum intervensi diperoleh nilai rata-rata mengingat (56,68), memahami (53,97), mengaplikasikan (52,25), menganalisis (63,82), mengevaluasi (71,93), mencipta (65,46), setelah intervensi pada kategori mengingat (86,51), memahami sebesar (84,21), mengaplikasikan (85,64), menganalisis (87,17), mengevaluasi (91,67) dan mencipta (85,53). Analisis bivariat diperoleh p-value= 0,000 (<0,05) artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media permainan kartu kuartet modifikasi terhadap tingkat pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa di SDN 1 Sukaraja Kabupaten Kuningan. Pendidikan kesehatan melalui media permainan kartu kuartet modifikasi efektif meningkatkan pengetahuan siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Guru disekolah dapat memanfaatkan penggunaan kartu kuartet modifikasi dalam pembelajaran di kelas.