GAMBARAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) SELAMA MASA COVID-19 DI DESA CILEULEUY KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Rony Suhada Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Euis Krisnawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.861

Keywords:

Covid-19, Cuci Tangan, Perilaku

Abstract

Latar belakang : COVID-19 sudah dideklarasikan sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat secara  Global (Global Public Health Emergency) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 30 Januari 2020. Data terbaru yang diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada tanggal 30 Juni menunjukkan total kasus positif corona di Indonesia kini mencapai 25.216 pasien dan angka ini terus bertambah setiap harinya. Salah satu cara yang mudah untuk mencegah tertularnya Covid-19 ini adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran perilaku cuci tangan pakai sabun pada masyarakat di desa Cileuleuy.

Metode : Jenis penelitian ini adalah desain deskriptif analitik sederhana dengan populasi masyarakat desa Cileuleuy dan sampel yang berjumlah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis statistik dengan menggunakan univariat. Hasil : Analisis univariat menunjukkan dari 100 responden yang mencuci tangan setiap waktu hanya 43 orang (43%), 63 responden (63%) mencuci tangan menggunakan sabun dan 37 responden (37%) mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, dan hanya 39 responden (39%) melakukan cuci tangan dengan sempurna.

Simpulan : Perilaku cuci tangan pakai sabun pada masyarakat masih rendah, masyarakat masih belum terbiasa mencuci seperti sebelum menyentuh hidung, mulut dan mata, setelah menerima paket atau makanan online, setelah bersin atau batuk. Peneliti menyarankan agar masyarakat mematuhi dan melaksanakan anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan selama masa Covid-19 ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Firmansyah, R. S., & Krisnawati, E. (2023). GAMBARAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) SELAMA MASA COVID-19 DI DESA CILEULEUY KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN. National Nursing Conference, 1(2), 112–121. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.861
Abstract viewed = 37 times