HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT 1 PRODI S1 KEPERAWATAN DI STIKES KUNINGAN

Authors

  • Nur Wulan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Anggi Ulfah Mawaddah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Shilvany Aulya Mulyati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.863

Keywords:

Jenis Kelamin, Asal Jurusan Pendidikan, Tempat Tinggal, Tingkat Stress Mahasiswa

Abstract

Tingkat stres merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh mahasiswa tingkat 1. Prevalensi stres yang dialami mahasiswa tingkat 1 sebesar 45,8% sampai 71,6%, dapat terjadi akibat transisi dari Sekolah Menengah Atas ke Perguruan Tinggi yang membutuhkan penyesuian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik; jenis kelamin, tempat tinggal dan asal jurusan pendidikan dengan kejadian tingkat stres pada mahasiswa tingkat 1 Prodi S1 Keperawatan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan metode cross sectional. Jumlah sampel 60 responden dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis Bivariat menggunakan uji korelasi Rank Spearman.

Hasil penelitian didapatkan gambaran jenis kelamin perempuan 62%, tempat tinggal di kosan 43,3%, asal jurusan pendidikan IPA 48,3%, dan tingkat stress sedang 53,4%. Berdasarkan analisis bivariat antara hubungan jenis kelamin, tempat tinggal, dan asal jurusan pendidikan dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat 1 prodi S1 Keperawatan didapatkan p value (p=0,001, p=0,000, p=0,506).

Terdapat hubungan antara jenis kelamin dan tempat tinggal dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat 1 prodi S1 Keperawatan dan tidak terdapat hubungan antara asal jurusan pendidikan dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat 1 prodi S1 Keperawatan. Diharapkan adanya mekanisme koping dalam menangani setiap permasalahan yang ada dan diharapkan mampu menerapkan adaptasi lingkungan sekitar dengan baik agar dapat mengurangi stres.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Wulan, N., Mawaddah, A. U., & Mulyati, S. A. (2023). HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT 1 PRODI S1 KEPERAWATAN DI STIKES KUNINGAN. National Nursing Conference, 1(2), 210–221. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.863
Abstract viewed = 101 times