HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL PERAWAT PELAKSANA DENGAN PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JUANDA KUNINGAN TAHUN 2023

Authors

  • Aditiya Puspanegara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Nadiatul Syifa Nabila Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Nining Rusmianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.864

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Pelayanan Asuhan Keperawatan, Perawat Pelaksana

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan suatu kepiawaian dalam hal menstimulasi diri, bersikukuh terhadap frustasi, membenahi kondisi hati, berfikir jernih dan berempati sehingga bisa memberikan pelayanan asuhan keperawatan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional perawat pelaksana dengan pelayanan asuhan keperawatan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Juanda Kuningan tahun 2023.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 64 responden dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden dengan menggunakan total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan penatalaksanaannya menggunakan uji statistik Rank Spearman.  Hasil univariat diperoleh kecerdasan emosional perawat pelaksana dengan kategori tinggi (27,8%) dan kategori rendah (13%), sedangkan pelayanan asuhan keperawatan pasien dengan kategori baik (31,5%) dan kategori kurang (20,4%). Analisis bivariat menunjukan ada hubungan kecerdasan emosional perawat pelaksana dengan pelayanan asuhan keperawatan pasien dengan didapatkan nilai p 0,007 < 0,05 dan kekuatan korelasi (r) 0,361.

Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional perawat pelaksana dengan pelayanan asuhan keperawatan. Disarankan pihak Rumah Sakit meningkatkan mutu pelayanan khususnya pelayanan asuhan keperawatan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Puspanegara, A., Nabila, N. S., & Rusmianingsih, N. (2023). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL PERAWAT PELAKSANA DENGAN PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT JUANDA KUNINGAN TAHUN 2023. National Nursing Conference, 1(2), 122–137. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.864
Abstract viewed = 55 times