HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TENTANG VISI DAN MISI RUMAH SAKIT DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RSU KMC KUNINGAN TAHUN 2022

Authors

  • Aria Pranatha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mutia Agustiani Moonti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Panzi Gumelar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.897

Keywords:

Kepuasan Kerja Perawat, Pengetahuan, Sikap Perawat

Abstract

Latar Belakang: Perawat memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan pasien tetapi perawat kurang dapat menjalankan perannya karena kurang memiliki pengetahuan dan sikap sebagai faktor yang sangat penting dalam menentukan kepuasan kerja perawat. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat tentang visi dan misi rumah sakit dengan kepuasan kerja perawat di RSU KMC Kuningan Tahun 2022.

Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampling didapatkan jumlah 42 responden. Analisis statistik dilakukan secara univariat dan bivariat dengan metode Rank Spearman.

Hasil: Hasil penelitian sebagian besar responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 18 responden (42,9%), yang memiliki sikap positif sebanyak 33 reponden (78,6%), yang memliki kepuasan kerja puas sebanyak 32 responden (76,2%).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian maka, terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat tentang visi dan misi rumah sakit dengan kepuasan kerja perawat di RSU KMC Kuningan Tahun 2022 dengan p value = 0,002.dan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap perawat tentang visi dan misi rumah sakit dengan kepuasan kerja perawat di RSU KMC Kuningan Tahun 2022 dengan p value = 0,000.

Saran: Saran diharapkan pengetahuan dan sikap perawat tentang visi dan misi rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan kerja perawat dalam pelayanan asuhan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Pranatha, A., Moonti, M. A., & Gumelar, P. (2023). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TENTANG VISI DAN MISI RUMAH SAKIT DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RSU KMC KUNINGAN TAHUN 2022. National Nursing Conference, 1(2), 277–292. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.897
Abstract viewed = 58 times