Hubungan kecerdasan spiritual perawat pelaksana dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Juanda Kuningan tahun 2023

Authors

  • Aditiya Puspanegara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Nining Rusmianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Nita Rihlatussalamah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Moch. Didik Nugraha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jmc.v4i1.964

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, pemenuhan kebutuhan, spiritual

Abstract

Latar Belakang : Kecerdasan spiritual yang rendah merupakan salah satu kelemahan sumber daya manusia di negara berkembang. Adapun kecerdasan spiritual tinggi mampu memberikan makna positif pada setiap peristiwa yang di alaminya. Kecerdasan spiritual merupakan faktor yang dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan spiritual pasien dalam menerapkan asuhan keperawatan. Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Juanda Kuningan Tahun 2023. Metode Penelitian : Menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah perawat pelaksana. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 54 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang di gunakan menggunakan Rank Spearmen Test dengan tingkat kecerdasan spiritual dan pemenuhan kebutuhan spiritual r=0,310 dan p=0,023. Simpulan dan Saran : Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara kecerdasan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Juanda Kuningan. Di sarankan di adakan program pelatihan kecerdasan spiritual dapat di berikan bagi perawat untuk mengembangkan kecerdasan spiritual.

References

Alfiannur, (2015). “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Kecermasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalin Hemodialisa.” 30(3):175–82.

Andriana, A. (2017). Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien diruang Poli Umum Puskesmas Bukit Tinggi. Jurnal. Sumatra Barat: Stikes Yarsi.

Erwin. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Dengan Perilaku Prososial. Kecerdasan Spiritual.

Goncąlves, J. P. B., Lucchetti, G., Menezes, P. R., & Vallada, H. (2015). Religious and spiritual interventions in mental health care: A systematic review and meta-analysis of randomized controlled clinical trials. Psychological Medicine, 45(14), 2937–2949.

Harris, S., & Tao, H. (2022). The Impact of US Nurses’ Personal Religious and Spiritual Beliefs on Their Mental Well-Being and Burnout: A Path Analysis. Journal of Religion and Health, 61(3), 1772–1791.

Heriyanto, H. (2018). Spiritualitas, Transendensi Faktisitas, Dan Integrasi Sosial. 16(2), 145–175.

Kesehatan, J. (2021). Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Perawat Pada Masa Covid-19 Di Rsud Kabupaten. 10(2), 1–9.

Ramandani, J., Agustin, W. R., Suryandari, D., Kusuma, U., Surakarta, H., Kusuma, U., & Surakarta, H. (n.d.). Gambaran peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien paliatif di ruang intensive care unit rsud dr. moewardi 1. 1–10.

Rohman, A. (2022). Hubungan Penerapan Aspek Spiritualitas Perawat Dengan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pada Pasien Di Ruang Rawat Inap Puskesmas Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021. Asri Aprilia Rohman Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh , Indonesia. 4(1), 1–6.

Satrianegara Fais, 2017. Aspek Spiritualitas/ Spirtual Dalam Konsep Kesehatan. Jurnal Kesehatan. Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.

Wahyunengsih, Sri. (2021). “Kondisi Spiritual Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSUD Haji Makassar.” 151(1):10–17.

Zulfita, N., Hastuti, M. F., & Nurfianti, A. (2020). Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Terhadap Perilaku Caring Perawat Pelakasana Di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak. Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 2(2).

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Puspanegara, A., Rusmianingsih, N., Rihlatussalamah, N., & Nugraha, M. D. (2023). Hubungan kecerdasan spiritual perawat pelaksana dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Juanda Kuningan tahun 2023. Journal of Midwifery Care, 4(1), 25–33. https://doi.org/10.34305/jmc.v4i1.964
Abstract viewed = 114 times