LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PADA ANAK PRASEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.34305/jmc.v3i02.740Keywords:
Penggunaan Gadget, Perkembangan Anak pada Pra SekolahAbstract
Proses pertumbuhan dan perkembangan manusia terbagi dalam beberapa tahapan berdasarkan usia. Salah satu fasenya adalah masa prasekolah yaitu anak berusia 3-5 tahun. Di Indonesia prevalensi anak diperkirakan mengalami keterlambatan perkembangan sebesar 11,7%. Hasil studi pendahuluan, sebanyak 60% siswa belum berkembang seperti menulis, menggambar dan mewarnai secara sederhana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembanga pada anak prasekolah di Raudathul Athfal (RA) Binaul Ummah Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Desain penelitian adalah cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 106 responden yang diambil secara total sampling. Analisis statistik dilakukan secara univariat dan bivariat dengan metode Rank Spearman. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian hampir setengahnya memiliki lama penggunaan gadget sedang yaitu sebanyak 51 responden (48,1%), perkembangan anak paling banyak memiliki perkembangan normal yaitu sebanyak 43 responden (40,6%). Hasil analisis bivariat didapatkan dari 51 responden lama penggunaan gadget sedang yaitu memiliki perkembangan kategori 28 responden (54,9) denga p value (0,004). Terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan pada anak prasekolah di raudathul athfal (ra) binaul ummah kelurahan cipari kecamatan cigugur kabupaten kuningan. Perlunya pengendalian terhadap anak dalam penggunaan gadget dengan melakukan pengawasan penggunaan gadget.
References
Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization, 362–371.
Chamidah, A. (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 5, 2.
Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341
Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi, N. R. (2013). Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2716
Latifa, U. (2017). Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannyatle. Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya, 1, 191.
Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola Pengasuhan Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah : Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 116–124.
Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807
R, S., widyaningsih s, & iqommh, m. k. . (2019). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Keperawattan Jiwa, 4(2), 114–125.
Sapardi, V. S. (2018). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(80).
Sayekti, D., D.S, A. C., & Karmila, M. (2022). Analsis Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Jetak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan FIP Universitas PGRI Semarang, 4(11), 177–184. https://journal.upgris.ac.id/index.php/sip/article/view/8646
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Trinika, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. ProNers, 3(1).
UNICEF. (2019). Development Status. Https://Data.Unicef.Org/Topic/Early-Childhood-Development/Development-Status/.
Veniawati, K. L., Labir, I. K., & Sulisnadewi, N. L. K. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan. Jurnal Gema Keperawatan. Volume 15. No.2, 180–187. https://doi.org/https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.2037
Vitrianingsih, S. K., & Ceria, I. (2018). GADGET DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH DI TK CORRELATION OF PARENT ’ S ROLE AND DURATION OF GADGET USE. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 3(2550–0864), 101–109. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.35842/formil.v3i2.178
Widiawati, I., & Sugiman, H. (2014). Edy.(2014). Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. Jurnal Ilmiah.
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Merissa Laora Heryanto, Ade Saprudin, Shalsha Dewi Yanti, Mutia Agustiani Moonti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Midwifery Care published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0