PENGETAHUAN DAN IMPLEMENTASI PELAYANAN PRAKONSEPSI DI DESA CIKIJING KECAMATAN CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA

Authors

  • Dewi Sri Gamar Zakaria Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Ai Siti Aisyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Dilla Silvani Lutfiera Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Magfira Maulani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Sri Novianti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Ai Nurasiah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • A Asrina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jmc.v3i01.562

Keywords:

Pengetahuan, Implementasi, Prakonsepsi

Abstract

Pelayanan prakonsepsi adalah pelayanan yang berguna untuk mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan, kebiasaan gaya hidup, atau masalah sosial yang kurang baik yang mungkin mempengaruhi kehamilan. Pelayanan prakonsepsi juga merupakan salah satu usaha untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan dan implementasi pelayanan prakonsepsi di Desa Cikijing Kabupaten Majalengka. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu dengan mewawancarai beberapa narasumber seperti Aparat Desa, Ketua KUA, Remaja dan Wanita Usia Subur (WUS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat mengenai pelayanan prakonsepsi di Desa Cikijing sudah cukup baik. Namun, dalam implementasinya masih kurang efektif karena penyampaian atau sosialisasi mengenai skrining dan pelayanan prakonsepsi masih belum menyeluruh sehingga masih banyak warga dari berbagai kalangan yang tidak mengetahui akan adanya pelayanan tersebut. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan agar pelayanan prakonsepsi yang ada di Desa Cikijing dapat lebih diefektifkan lagi sebagai bentuk usaha untuk mengurangi tingkat AKI dan AKB di Indonesia.

References

Astuti, W. D., Solikhah, H. H., & Angkasawati, T. J. (2010). Estimasi Risiko Penyebab Kematian Neonatal di Indonesia Tahun 2007. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21309.

Bomba-Opoń, D., Hirnle, L., Kalinka, J., & Seremak-Mrozikiewicz, A. (2017). Folate supplementation during the preconception period, pregnancy and puerperium. Polish Society of Gynecologists and Obstetricians Guidelines. Ginekologia Polska, 88(11), 633–636.

Dinas Kesehatan. (2019). Profil Kesehatan Indonesia.

Jagannatha, G. N., Ani, L. S., & Weta, I. W. (2020). Tingkat pengetahuan kesehatan prakonsepsi pada mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal Medika Udayana, 9(11), 31–37.

Paratmanitya, Y., Helmyati, S., Nurdiati, D. S., Lewis, E. C., & Hadi, H. (2021). Assessing preconception nutrition readiness among women of reproductive age in Bantul, Indonesia: findings from baseline data analysis of a cluster randomized trial. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 8(2), 68–79.

Permenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan No 97 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Kontrasepsi, serta Pelayanan Kesehatan Seksual.

Prendergast, A. J., & Humphrey, J. H. (2014). The stunting syndrome in developing countries. Paediatrics and International Child Health, 34(4), 250–265.

Van Der Zee, B., De Beaufort, I., Temel, S., De Wert, G., Denktas, S., & Steegers, E. (2011). Preconception care: an essential preventive strategy to improve children’s and women’s health. Journal of Public Health Policy, 32(3), 367–379.

Yulizawati, Y., Nurdiyan, A., Iryani, D., & Insani, A. A. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan metode peer education mengenai skrining prakonsepsi terhadap pengetahuan dan sikap wanita usia subur di wilayah Kabupaten Agam Tahun 2016. Journal of Midwifery, 1(2), 11–20.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Zakaria, D. S. G., Aisyah, A. S. ., Lutfiera, D. S. ., Maulani, M. ., Novianti, S., Nurasiah, A. ., & Asrina, A. (2022). PENGETAHUAN DAN IMPLEMENTASI PELAYANAN PRAKONSEPSI DI DESA CIKIJING KECAMATAN CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA. Journal of Midwifery Care, 3(01), 23–43. https://doi.org/10.34305/jmc.v3i01.562
Abstract viewed = 690 times