Pengaruh lukisan jari (finger painting) terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 4-5 tahun

Authors

  • Nurul Annisa'un Sholihah Mahasiswa
  • Raden Maria Veronika Program Studi Sarjana Kebidanan, Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan RS.DR. Soepraoen Kesdam V/BRW
  • Rifzul Maulina Program Studi Sarjana Kebidanan, Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan RS.DR. Soepraoen Kesdam V/BRW

DOI:

https://doi.org/10.34305/jmc.v5i02.1701

Keywords:

Lukisan jari, motorik halus, anak prasekolah, Denver II, Anak TK

Abstract

Latar Belakang: Anak merupakan individu yang sangat unik dan memiliki karakteristik tersendiri, namun mereka masih sangat bergantung pada orang dewasa dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar seperti makanan, perlindungan, dan kasih sayang. Anak usia prasekolah atau yang sering disebut sebagai masa awal kanak-kanak, adalah kelompok anak yang berada pada rentang usia antara 3 hingga 6 tahun, di mana pada masa ini perkembangan fisik dan mentalnya berlangsung dengan pesat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan lukisan jari atau finger painting terhadap perkembangan keterampilan motorik halus pada anak-anak prasekolah yang berusia 4 sampai 5 tahun di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung.
Metode: Penelitian menggunakan metode pre-experimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah 20 anak prasekolah usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung Malang, yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrument Denver II.
Hasil: Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam perkembangan motoric halus setelah diberikan intervensi finger painting (p < 0,05).
Kesimpulan: Kegiatan ini direkomendasikan sebagai metode peningkatan motorik halus pada anak yang efektif.

References

Chen, D. et al. (2024). Effects of structured and unstructured interventions on fundamental motor skills in preschool children: a meta-analysis. Frontiers in Public Health, 12(June). doi: 10.3389/fpubh.2024.1345566.

Di, P., It, T. K. and Yun, Q. A. (2023). Peran guru dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan finger.

Esch, T. (2022). The ABC model of happiness—neurobiological aspects of motivation and positive mood, and their dynamic changes through practice, the course of life. Biology, 11(6). doi: 10.3390/biology11060843.

Evivani, M. and Oktaria, R. (2020). Permainan finger painting untuk pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), pp. 23–31. doi: 10.24903/jw.v5i1.427.

Hayuningtyas, W. P. (2020). Finger painting dan perkembangan motorik halus pada anak prasekolah. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1), pp. 10–17. doi: 10.38215/jutek.v3i1.36.

Heryanto, M. L. et al. (2024). Hubungan antara picky eater dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak prasekolah. Journal of Midwifery Care, 4(2), pp. 81–86. doi: 10.34305/jmc.v4i02.1110.

Luvasi, S. N. et al. (2023). Perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 5-6 tahun. 12(2), pp. 62–67. doi: 10.37048/kesehatan.v13i1.373.

Maharani, V. and Sari, W. I. P. E. (2024). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 3-6 tahun. Journal of Midwifery Science and Women’s Health, 4(2), pp. 57–63. doi: 10.36082/jmswh.

Maria Veronika Widiatrilupi, R. (2023). The influence of rebozo technique on the duration of active phase of stage i labor in primigravida mothers. Babali Nursing Research, 4(3), pp. 393–400. doi: 10.37363/bnr.2023.43259.

Maulina, R. (2021). Evaluation of programs for stunting prevention management at tajinan public health center. Journal of Health Sciences, 14(02), pp. 128–136. doi: 10.33086/jhs.v14i02.1754.

Mulyani, S. and Mariyani (2023). Efektivitas finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK Al-Jihadiah Bekasi Tahun 2023. Journal of Social Science Research, 3(3), pp. 9307–9319.

Mulyani, W. (2021). Pengaruh finger painting terhadap penilaian perkembangan motorik halus anak usia prasekolah. (Doctoral dissertation, Politeknik Yakpermas Banyumas).

Nababan, R. and Tesmanto, J. (2021). Painting pada anak kelompok bermain di tk advent tahun Pelajaran 2020 / 2021. Research and Development Journal of Education, 7(2), pp. 518–524.

Ningtyas, dian permata, Dewi, ari pristiana and Deli, H. (2020). Pengaruh terapi finger painting terhadap perkembangan anak prasekolah. Jurnal Bagus, 02(01), pp. 402–406.

Pauh, A. T., Kabupaten, M. and Jenis, K. (2020). Jurnal Kesehatan Medika Saintika. 11.

Purwanti, A., Pratiwi, C. P. and Sartini, S. (2023). Peningkatan Kemampuan membaca lancar melalui model pbl berbantu media ape pada siswa kelas 1. Journal of Education Research, 4(3), pp. 1222–1230. doi: 10.37985/jer.v4i3.280.

Ruri Lufitasari, Anik Purwati and Rani Safitri (2024). Pengaruh bermain meronce terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun kelompok a kecil di tk Baitul Makmur Kota Malang. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 19(1), pp. 153–159. doi: 10.36911/pannmed.v19i1.2124.

Saputra, F. and Susilowati, T. (2023). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di tk mdi 1 Pandean. jurnal Imliah Ilmu Kesehatan, 1(4), pp. 231–239.

Sita Dewi, N. L. D. A. and Yulaika, A. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di tk ra Diponegoro Desa Ngajum Kabupaten Malang. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). doi: 10.36053/mesencephalon.v5i2.181.

Sulistyani, A. intan, Santi, E. and Nasution, tina handayani (2024). the Effect of finger painting therapy on children ’ s fine motor. Jurnal Update Keperawatan, 4(1), pp. 1–8.

Usia, A., Melalui, T. and Seni, K. (2018). No title. pp. 190–195.

Widyastuti, M., Sari, D. I. and Kristiningrum, S. (2025). Hubungan pengetahuan ibu hamil dengan kejadian trauma abdomen pada kehamilan. 5(2), pp. 219–226.

Zharfani, A. (2020). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak prasekolah usia 4-6 tahun di Tk Siwi Peni 2 Madiun, Jurnal Pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sholihah, N. A., Veronika, R. M., & Maulina, R. (2025). Pengaruh lukisan jari (finger painting) terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 4-5 tahun. Journal of Midwifery Care, 5(02), 342–351. https://doi.org/10.34305/jmc.v5i02.1701
Abstract viewed = 12 times