Efektivitas penyuluhan kesehatan mental tentang bullying pada siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.34305/jmc.v5i1.1397Keywords:
Bullying, Pengetahuan, Penyuluhan, Siswa, SDAbstract
Latar Belakang: Kasus bullying marak tejadi di sekolah yang dilakukan senior kepada junior atau bahkan teman satu kelas. Pelaku bullying tidak selalu menyadari bahwasanya tindakan yang mereka lakukan merupakan tindakkan bullying. Salah satu penyebab kurangnya pengetahuan tentang bullying pada siswa karena program pendidikan anti bullying belum di terapkan di sekolah. Tujuan studi ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang bullying.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment, menggunakan desain pretes – posttes berpasangan, populasi dalam penelitian adalah siswa siswi kelas IV dan V SD. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini 109 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil: sebelum di berikan penyuluhan pengetahuan responden dalam kategori kurang 52,3% dan setelah di berikan penyuluhan respon dalam kategori baik 71,6%, uji pengaruh yang telah dilakukan menunjukkan bahwasanya p=0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan bullying.
Kesimpulan: Penyuluhan terbukti efektif untuk meingkatkan pengetahuan tentang bullying, disarankan bagi sekolah untuk dapat mengintegrasikan program pendidikan anti bullying ke dalam mata pelajaran disekolah.
References
Andriati Reny H, A. D. N. A. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.48079/vol3.iss2.57
Aprilla, N. (2020). Hubungan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perkembangan Ssosial Emosi Anak Di SD Muhamadiyah Bangkinang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1814201253.
Armitage, R. (2021). Bullying in children: Impact on child health. BMJ Paediatrics Open, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939
Atmojo, B. S. R. (2020). Keefektifan Pendidikan Anti Bullying Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Efikasi Diri. 1–2.
Beaton, J. M., Doherty, W. J., & Wenger, L. M. (2019). Mothers and fathers coparenting together. The Routledge Handbook of Family Communication, 225–240. https://doi.org/10.4324/9780203848166
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Digap, K. S., Dp, K. B., & Yogyakarta, K. B. K. (2023). Laporan Korban Kekerasan Kota Yogyakarta Bulan Maret 2023. April.
Dinas Pemberdayaan Perempuan, P. A. dan P. P. D. I. Y. (2022). Ekspose Data Penanganan Korban Kekerasan Tahun 2021. 1–29.
Evans, C. B. R., Fraser, M. W., & Cotter, K. L. (2014). The effectiveness of school-based bullying prevention programs: A systematic review. Aggression and Violent Behavior, 19(5), 532–544. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.avb.2014.07.004
Habibi, M., & Rusdi, R. (2018). Pengaruh Media Slide Presentasi Dalam Menunjang Peningkatan Pengetahuan Tentang Gerakan Shodaqoh Sampah Muhammadiyah Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 4 Samarinda Kalimantan Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 50–64. https://doi.org/10.21009/plpb.192.05
Hendrawan, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 69–81. https://doi.org/10.31935/delima.v6i2.76
Heryanto, M. L., Saprudin, A., Yanti, S. D., & Moonti, M. A. (2023). Lama Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Pada Anak Prasekolah. Journal of Midwifery Care, 3(02), 136–144. https://doi.org/10.34305/jmc.v3i02.740
Langford, R., Bonell, C., Jones, H., Pouliou, T., Murphy, S., Waters, E., Komro, K., Gibbs, L., Magnus, D., & Campbell, R. (2015). The World Health Organization’s Health Promoting Schools framework: a Cochrane systematic review and meta-analysis. BMC Public Health, 15(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12889-015-1360-y
Lesmana, T. C. (2024). Efektivitas penyuluhan tentang bullying pada remaja putri panti asuhan. Majalah Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Indonesia, 13(April), 59–64.
Lette, A. R. (2021). Penyuluhan tentang Bullying dan pencegahannya di SMK Negeri 1 Lelogama Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 321–329. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.205
Livana, Susanti, Y., & Silviani, M. A. (2019). Peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan tentang dampak bullying. Ners Widya Husada - p-ISSN 2356-3060, 5(3), 113–122.
Mardiyah, S., & Abdul Syukur, B. (2020). Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role Play Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 2015, 99–104. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.426
Mulatsih, B. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan, 6(1), 1–10.
Nilasari, S., & Prahastiwi, E. D. (2023). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meminimalisasi Bullying antar Teman di Lingkungan Sekolah. Yasin, 3(4), 650–663. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1284
Nurmala Hayati, & Fadhilla Yusri. (2023). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Smpn 1 Enam Lingkung Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 26–42. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.58
Revuelta Domínguez, F. I., Guerra-Antequera, J., Antequera-Barroso, J. A., & Pedrera-Rodríguez, M. I. (2023). Exploring the Impact of the Video Game Monité on Exogenous Factors and Resilience against Bullying in Primary Education Students. Education Sciences, 13(8). https://doi.org/10.3390/educsci13080814
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Rudi, R. (2024). Aspek Pidana dan Perdata dalam Kasus Bullying Terhadap Anak. Hukum Online.
Sideridis, G., & Alahmadi, M. (2023). Bullying in Elementary Schools: Differences across Countries in the Persian Gulf. Children, 10(7), 1–13. https://doi.org/10.3390/children10071108
Sinaga, K. (2020). the Effect of Counseling on Knowledge and Attitudes Toward Menarche in Class Vii Students of Mtsn 1 Kuta Baroe Kec. Idi Tunong Kab. East Aceh in 2019. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(3), 37–47.
Suci, I. S., Ramdhanie, G. G., & Mediani, H. S. (2021). Intervensi Pencegahan Bullying pada Anak Berbasis Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 643–653. https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.1964
Tangkas, N. M. K. S., Wardana, K. E. L., & Sedana, K. P. (2023). Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Antibullying pada Remaja Menurut Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, 8(1), 75–79.
Ttofi, M. M., & Farrington, D. P. (2011). Effectiveness of school-based programs to reduce bullying: A systematic and meta-analytic review. Journal of Experimental Criminology, 7(1), 27–56. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11292-010-9109-1
Vadukapuram, R., Trivedi, C., Mansuri, Z., Shah, K., Reddy, A., & Jain, S. (2022). Bullying victimization in children and adolescents and its impact on academic outcomes. European Psychiatry, 65(S1), S144–S144. https://doi.org/10.1192/j.eurpsy.2022.388
Williams, C., Griffin, K. W., Botvin, C. M., Sousa, S., & Botvin, G. J. (2023). Effectiveness of Digital Health Tools to Prevent Bullying among Middle School Students. Adolescents, 3(1), 110–130. https://doi.org/10.3390/adolescents3010009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rindi Ayu Desi Pangestu, Ellyda Rizki Wijhati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Midwifery Care published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0