Analisis faktor yang mempengaruhi perilaku pendidikan seks usia dini
DOI:
https://doi.org/10.34305/jmc.v5i1.1322Keywords:
Pengetahuan, Persepsi, Sikap, Pendidikan Seks, Usia DiniAbstract
Latar Belakang: Karena dianggap pornografi, vulgar, dan menjijikkan, pendidikan seksual pada anak usia dini di Indonesia masih menjadi topik yang tabu untuk dibicarakan. Informasi tentang pendidikan seks di Indonesia masih kontroversial; banyak orang masih tidak setuju bahwa pendidikan seks harus diberikan baik di rumah maupun di sekolah. Namun, kasus kekerasan anak di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Ini adalah alasan mengapa penelitian harus dilakukan tentang Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pendidikan Seks Usia Dini di Sekolah Dasar Negeri X Kota Bogor.
Metode: Analisis kuantitatif diaplikasikan dengan pendekanan cross sectional pada siswa/i SD dengan jumlah peserta sebanyak 103 dengan pengukuran berupa kuesioner online . Data ditelaah dengan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan mayoritas orang tua memberikan pendidikan seks usia dini pada anaknya 51,5%, sebanyak 97,1% orang tua memiliki pengetahuan yang baik, 70,9% orang tua memiliki persepsi yang positif dan 95,1% orang tua memiliki sikap setuju. Dengan variabel persepsi dan sikap berhubungan erat dengan perilaku pendidikan seks usia dini pada anak (P<0,005).
Kesimpulan: Perilaku pemberian pendidikan seks usia dini memerlukan dukungan yang komprehensif dari berbagai faktor, bukan hanya pengetahuan saja, namun juga persepsi dan sikap dari orang tua.
References
Alfons, M. (2019). LPSK: Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Meningkat Tiap Tahun.
Elysa Rahma Diana, P. F. (2020). Hubungan Sikap Orang Tua tentang Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dengan Perilaku Pencegahan Kekerasan Seksual Anak di Tk Al-Jawahir Samarinda. Borneo Student Research, 1 No 3. https://doi.org/10.35721/jitpemas.v3i1.62
Febriyanti, & Ida Samidah. (2024). Hubungan Peran Ibu Sebagai Pendidik Dengan Pengetahuan Anak Usia Dini Tentang Sex Di Wilayah Kerja Puskesmas Batu Bandung Kabupaten Kepahiang Tahun 2023. Journal Student Scientific, 2(1), 61–70.
Fitri Erna Erfiany, D. (2020). Persepsi, Sikap, dan Perilaku Ibu Dalam Memberikan Pendidikan Sekas Sejak dini. Original Research Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 4. https://doi.org/10.20473/imhsj.v4i2.2020.168-178
Ismiulya, F., Diana, R. R., Nurhayati, S., & Sari, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582
Khaerudin, M. W., Mamlukah, M., Wahyuniar, L., & Suparman, R. (2022). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja di SMAN 1 Cidahu Kabupaten Kuningan 2022. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 13(02), 202–211.
Kim, Y., Lee, J., & Ross, R. (2023). A study on the reliability and validity of the Korean version of the parenting outcome expectancy scale for parents of elementary school students. Frontiers in Psychology2. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1165783
KPAI, H. (2021). Hasil Pengawasan KPAI Tentang Perlindungan Anak Korban Eksploitasi Seksual dan Pekerja Anak Bulan Januari s/d April : Dari 35 Kasus yang Dimonitor KPAI, 83% Kasus Prostitusi, Jumlah Korban Mencapai 234 Anak.
Menggawanti, E., Faridah, I., & Afiyanti, Y. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Persepsi dengan Stigma Masyarakat Terhadap ODHA Berdasarkan Usia dan Pendidikan di Indonesia Tahun 2020. Nusantara Hasana Jurnal, 1(1), 85–94.
Munawaroh, H., & Ukrima, A. (2022). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini sebagai Upaya Menghindari Pelecehan Seksual pada Anak di Lingkungan Pedesaan. JoECCE : Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2). https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.11776
Putri, D. K., Lulianthy, E., & Putri, P. U. (2023). data dari Komisi Perlindungan Indonesia persepsi bahwa anaknya terlalu kecil menekankan. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–17. https://doi.org/https://doi.org/10.35721/jitpemas.v3i1.62
Riza, S. L., Dewi, W. C., Arifah, S., Mufidah, W., & Yodantana, F. A. (2022). Pendidikan Seksual Usia Dini Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Sosial Pada Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.548
Salama, & Zaitun. (2023). Hubungan Persepsi Orang Tua dengan Pemberian Pendidikan Seks Usia Dini di TK RA Darussa’dah Kec Glumpang Tiga Kab. Pidie. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 9 No 2. https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3397
Shin, H., Lee, J. M., & Min, J. Y. (2019). Sexual Knowledge , Sexual Attitudes , and Perceptions and Actualities of Sex Education. Child Health Nurs Res, 25(3), 312–323. https://doi.org/10.4094/chnr.2019.25.3.312
Tatirah. (2018). Faktor-Faktor yang berpengaruh Terhadap Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja XII di SMA Negeri 3 Brebes Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada : Health Sciences Journal, 9 No 1. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.34305/jikbh.v9i1.59
Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal Care : Children Advisory Research and Education, 4, 18–30. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.956
Zhang, W., & Yuan, Y. (2023). Knowledge, attitudes, and practices of parents toward sexuality education for primary school children in China. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1096516
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shanti Ariandini, Nurul Azmi Fauziah, Fikria Nur Rahmadani, Meti Kusmiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Midwifery Care published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0