Optimalisasi kohesi sosial sebagai upaya penguatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi
DOI:
https://doi.org/10.34305/jppk.v4i02.1724Keywords:
Gempa Bumi, kesiapsiagaan, kohesi sosial, optimalisasi, remajaAbstract
Latar Belakang: Indonesia terletak di wilayah cincin api yang merupakan titik pertemuan empat lempeng, sehingga berpotensi mengalami bencana. Kesiapsiagaan menghadapi bencana menjadi hal penting dalam upaya penanggulangan bencana. Dalam hal ini, optimalisasi kohesi sosial dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah optimalisasi kohesi sosial sebagai upaya penguatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi.
Metode: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk non-formal dengan melakukan edukasi dan sosialisasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari di SMK Mutiara Terpadu Kabupaten Sukabumi. Sasaran adalah remaja SMK Mutiara Terpadu Kabupaten Sukabumi sebanyak 51 orang. Instrumen adalah kuesioner kohesi sosial yang mengacu pada skala guttman. Analisis data menggunakan uji statistik paired sample t test.
Hasil: Nilai p-value pada uji paired sample t test sebesar (p = < 0,001) sehingga dapat dikatakan bahwa sosialisasi dan edukasi efektif dalam meningkatkan kohesi sosial sebagai upaya penguatan kesiapsiagaan remaja. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai mean pre test dan post test kohesi sosial dari nilai 8,47 menjadi 10,94.
Kesimpulan: Edukasi dan sosialisasi mengoptimalkan kohesi sosial sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi pada remaja.
References
Asra, Khairulyadi, F. M. N. (2021). Analisa Kohesi Sosial Antara penduduk Lokal (Suku Gayo) dengan Penduduk Pendatang (Suku Aceh) Di Kampung Mutiara Pondook Baru Kecamatan Bandar Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 06(02).
BNPB. (2025). Data Bencana Indonesia.
Ekawati, J., Hardiman, G., & Pandelaki, E. E. (2020). Studi Komparasi Kebertahanan Kota Pasca Bencana Alam. Arsitektura, 18(1), 129. https://doi.org/10.20961/arst.v18i1.28606
Ferianto, K., & Hidayati, U. N. (2019). Efektivitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sman 2 Tuban. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.110
Global Facillity for Disaster Reduction and Recovery. (2020). Bringing Resilience to Scale.
Gumilang, A. N. S. P., Nasdian, F. T., Gandi, R., & Barlan, Z. A. (2023). Hubungan Kohesi Sosial dan Resiliensi Komunitas Terdampak Bencana Banjir Rob (Kasus: RW 06 Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 7(1), 172–185. https://doi.org/10.29244/jskpm.v7i1.1133
Ibrahim, K., Emaliyawati, E., Yani, D. I., & Nursiswati, N. (2020). Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana bagi Masyarakat. Media Karya Kesehatan, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.24198/mkk.v3i1.23991.
Ilma, M. F. (2018). Peran Kohesi Sosial terhadap Resiliensi Komunitas dalam Menghadapi Bencana Longsor. Institut Pertanian Bogor.
Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86
Langitan, R. E., Agusrianto, A., Oktavia, D. S., & Manggasa, D. D. (2022). Edukasi Mitigasi Bencana Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Madago Community Empowerment for Health Journal, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.33860/mce.v1i2.1096.
Larobi, A. M. T., & Handayani, B. L. (2022). Model Alternatif Konstruksi Pengetahuan Bencana di Masyarakat. JCIC: Jurnal CIC Lembaga Riset dan Konsultan Sosial, 4(2), 57–68. https://doi.org/10.51486/jbo.v4i2.70.
Lemos, G. S., Ximenes, G. T. C. D., Reis, F. G., & Junias, M. S. (2024). Manajemen kebencanaan pemberdayaan masyarakat melalui upaya edukasi dan simulasi mitigasi bencana alam pada siswa SMA Kafe Gleno Kabupaten Ermera. Jurnal Pemberdayaan dan Pendidikan Kesehatan (JPPK), 3(02), 56–65. https://doi.org/10.34305/jppk.v3i02.1039
Nursyabani, N., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2020). Mitigasi Bencana dalam Peningkatan Kewaspadaan terhadap Ancaman Gempa Bumi di Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 81–90. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v8i2.12.
Prabowo, J., Lukitawati, B., & Fatimah, F. (2021). Analisis Proses Penyuntingan Film Dokumenter “Komunikasi Risiko Belajar dari Bencana di Sulawesi Tengah.” Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 13(03), 112–121. http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v13i03.216
Razi, P., Yohandri, Y., Sudiar, N. Y., Ifdil, I., Thamrin, T., & Asrizal, A. (2022). Pelatihan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana untuk Masyarakat yang Berada di “Seismic Gap” Desa Muara Siberut. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(1), 146–154. https://doi.org/10.24036/sb.02460.
Sasmito, N. B., & Prawito. (2023). Faktor Hubungan Kesiapsiagaan Keluarga dalam Menghadapi Dampak Bencana. Journal of Education Research, 4(1), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.129.
Simandalahi, T., Apriyeni, E., & Pardede, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10(1), 107–114.
Thoyibah, Z., Dwidiyanti, M., Mulianingsih, M., Nurmayani, M., & Wiguna, R. . (2019). Gambaran dampak kecemasan dan gejala psikologis pada anak korban bencana gempa bumi di Lombok. Holistic Nursing and Health Science, 2(1), 21–38. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.1.2019.31-38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ghulam Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pemberdayaan dan Pendidikan Kesehatan published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0