Games edukasi balok terhadap keterampilan motorik halus anak pra sekolah

Authors

  • Merissa Laora Heryanto Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Vina Sonia Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Sri Novianti Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Mala Tri Marliana Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Yona Septina Program Studi Sarjana Kebidanan, Universitas Bhakti Husada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34305/jppk.v4i02.1693

Keywords:

Games edukasi, balok, keterampilan, motorik halus, anak pra sekolah

Abstract

Latar Belakang: Kemampuan kognitif merupakan aspek penting yang harus distimulasi pada anak sejak usia dini. Perkembangan mental dapat didorong melalui alat bantu edukatif seperti permainan bola, balok, puzzle, dan kegiatan sejenisnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menilai kemampuan motorik halus anak.
Metode: Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode tutorial bermain game secara langsung. Pengukuran hasil pengabdian masyarakat menggunakan pretest dan posttest. Populasi anak TK IT Miftahul Huda sebanyak 41 orang. Presentasi melibatkan 41 anak. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner Denver II. Analisis yang digunakan adalah gabungan analisis univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil statistik menghasilkan nilai p sebesar 0,00, yang menunjukkan temuan yang signifikan.
Kesimpulan: Disimpulkan bahwa permainan balok edukatif efektif menstimulasi kemampuan motorik halus anak. prasekolah. Orang tua dianjurkan untuk lebih memperhatikan kebutuhan perkembangan anak mereka dan memberikan stimulasi motorik halus yang tepat berdasarkan usia anak.

References

Anggraini, B. F., Tama, M. M. L., & Sujarwo, S. (2022). Psikoedukasi Metode Deteksi Dini Perkembangan Motorik Pada Balita Di Desa Tangsi Agung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1131–1138. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1448

Azni, A. A., & Sandi, N. V. (2022). Pengaruh Media Permainan Balok Susun Terhadap Keterampilan Motorik Halus Siswa. Dialektatika Jurusan PGSD, 5, 1–10.

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi Universiry, 2(1), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Gusti, N. W., & Kasih, H. A. (2019). Faktor – faktor yang berhubungan dengan Tumbuh Kembang Balita (1-24 Bulan) di Posyandu Kelurahan Bojong Gede. Jurnal Ilmiah Kesehatan Stikes Bhakti Pertiwi Indonesia, 21, 59–64.

Hapsari, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengelompokkan Benda Dengan Media Bola Warna. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5251

Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh Edukasi Stimulasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/jder.v2i01.1402

Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125. https://doi.org/https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584

Marisca, E., & Dharmayana, I. W. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Untuk Meningkatkan Aktifitas Pembelajaran Matematika (PTK pada Siswa Kelas VA SDN 71 Kota Bengkulu). Triadik, 18(1), 16–24.

Nugraha, A. P. (2023). Permainan Balok Angka Sebagai Metode Stimulasi Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Intisabi, 1(1), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.3

Rahmasyiami, R. S., Barorroh, N. L., & Ghofur, T. A. (2023). Perkembangan Motorik Halus Pada Pembelajaran Sains (Tilas Hujan) Anak Usia Dini Di Tk Pgri Tamansari. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(2), 296–307. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i2.960

Rante, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukasi (APE) Balok Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Anyelir Kota Samarinda.

Rizka, S. L., Sari, Y. N. E., & Suhartin. (2023). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Penelitian Perawat Profesional, 2, 1428.

Sitio, A., Dorothy, F. A., Sitio, C. E., & Sisilia, N. (2023). Pengaruh Permainan Puzzle dan Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Pendidikan Mutiara, 7(2).

Suryana, D., & Desmila, D. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia DinI, 5(2), 143–153. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632

Susanti, A. (2020). Model Bermain Balok untuk Mengembangkan Kognitif dan Kreativitas Anak Kelompok B di RA AL Huda Marelan.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia.

Utami, R. B. (2019). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Thun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tiripan Berbek Nganjuk. 1, 12–42.

Yenawati, S. (2019). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 121–130.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Heryanto, M. L., Sonia, V., Novianti, S., Marliana, M. T., & Septina, Y. (2025). Games edukasi balok terhadap keterampilan motorik halus anak pra sekolah. Jurnal Pemberdayaan Dan Pendidikan Kesehatan, 4(02), 104–109. https://doi.org/10.34305/jppk.v4i02.1693
Abstract viewed = 16 times