Faktor-faktor kualitas layanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien public safety center (PSC) 119 sicetar Kota Tasikmalaya 2023

Authors

  • Anis Ekalaswati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Dewi Laelatul Badriah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Esty Febriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mamlukah Mamlukah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.945

Keywords:

Kegawatdaruratan, Kepuasan, Kualitas Layanan

Abstract

Public Safety Center (PSC) 119 merupakan pelayanan kegawatdaruratan yang terintegrasi dan berbasis call center. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor faktor kualitas layanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien Public Safety Center (PSC) 119 Sicetar di Kota Tasikmalaya 2023. Metode penelitian ini adalah analitik deskriptif dengan desain korelasional. Sebanyak 101 pasien yang pernah menggunakan layanan PSC 119 SICETAR tahun 2022 menjadi responden dalam penelitian ini dan dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian mengunakan lembar kuesioner. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat menggunakan uji korelasi Spearman Rank Test dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistic berganda. Ada hubungan antara daya respon (p<0,001), jaminan (p<0,001), bukti fisik (p<0,001), empati (p<0,001), dan kehandalan (p<0,001) dengan kepuasan pasien. Semua variabel berkorelasi kuat dan positif terhadap kepuasan pasien (Coeff. correlation>0,6) Variabel paling dominan yang berhubungan dengan kepuasan yaitu empati dengan nilai p = 0,012 dan OR 8,763 (95% CI: 1,611 - 47,660). Diharapkan dinas kesehatan dapat meningkatkan fasilitas dan pelatihan secara berkala kepada seluruh petugas agar dapat memberikan layanan yang lebih baik.

References

Amalia, A., Tua, H., & Rusli, Z. (2017). Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Dan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 14(3)., 14(3).

Hafizurrahman. (2013). Pengukuran Kepuasan Suatu Institusi Kesehatan (Vol. 2). EGC.

Jabar., D. P. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa barat Tahun 2021. https://diskes.jabarprov.go.id/assets/unduhan/be30b0bf4e53dbacc53db87421dc4455.pdf.

Kemenkes. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019.

Pangerapan D, P. O. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1).

Prawira, M. A. (2014). INOVASI LAYANAN (Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta). Jurnal Administrasi Publik, 2(4).

Prihanti, R., Widjanarko, B., & Budiyono, B. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Public Safety Center (Psc) 119 Di Indonesia: Literatur Review. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 17(2), 283–295.

Purnomo, E., Nasir, A., & Syafii, F. (2021). Family Satisfaction in Emergency Patient Services PSC SIGA 119 Kabupaten Mamuju. Urban Health, 3(1).

Pusponegoro, & S. (2016). Kegawatdaruratan dan Bencana. Rayyana Komunikasindo.

Putri, D. E., Sinaga, O. S., Silitonga, H. P., Agustina, S. S., & Sudirman, A. (2020). Minat Kunjungan Ulang Pasien yang Ditinjau dari Aspek Persepsi dan Kepercayaan pada Klinik Vita Medistra Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 41–46. https://doi.org/10.7874/jibiz.9i91.816

Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. Udayana University.

Sari, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit" X". Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(1), 151–158.

Tasikmalaya, D. K. (2023). Laporan Tahunan Kesehatan Dinas Tasikmalaya 20222.

Utami, A. T., Ismanto, H., & Lestari, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 83–96.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Ekalaswati, A., Badriah, D. L., Febriani, E., & Mamlukah, M. (2023). Faktor-faktor kualitas layanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien public safety center (PSC) 119 sicetar Kota Tasikmalaya 2023. Journal of Health Research Science, 3(02), 140–148. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.945
Abstract viewed = 267 times