Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan alumni S2 kesehatan masyarakat terhadap layanan mutu pendidikan STIKes Kuningan tahun 2023

Authors

  • Dewi Ratnawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Rossi Suparman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Lely Wahyuniar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Dwi Nastiti Iswarawanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.939

Keywords:

Kepuasan, Alumni, Layanan Mutu Pendidikan, STIKes Kuningan

Abstract

Kepuasan alumni menjadi salah satu tujuan utama bagi setiap perguruan tinggi. Karena apabila seorang alumni merasa puas dengan kinerja dan kualitas perguruan tinggi, maka pengguna akan loyal terhadap perguruan tinggi dan dalam jangka panjang akan menguntungkan perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan alumni S2 kesehatan masyarakat terhadap layanan mutu pendidikan STIKes Kuningan tahun 2023. Jenis penelitian ini analitik deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang). Populasi penelitian ini berjumlah 64 orang dan pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini mengunakan lembar kuesioner tertutup melalui google form. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat (Rank Spearman) dan analisis multivariat menggunakan Regresi Logistik. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara sarana prasarana (p = 0,007), kinerja dosen (p = 0,003), layanan tenaga kependidikan (p = 0,004) dan kurikulum (p = 0,001) dengan kepuasan alumni S2 kesehatan masyarakat terhadap layanan mutu pendidikan STIKes Kuningan tahun 2023. Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan alumni yaitu kinerja dosen dengan nilai Exp (B) = 4,440. Diharapkan alumni dapat berperan dalam memberikan kritik, saran, masukan dan program nyata bagi kemajuan Perguruan Tinggi.

References

Ambarwati. (2018). Pengaruh Sarana dan Prasarana, Kualitas Pelayanan, dan Motivasi Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1).

Amrullah, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Kegiatan Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler Di Sma Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Universitas Negeri Makassar.

Arikunto. (2017). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, & Umiarso. (2017). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta : ARRUZZ MEDIA.

Djumahir. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1).

Dunggio, T. (2023). Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen–Oktober-Januari, 4(3).

Hamalik, O. (2017). Pendidikan Guru, Konsep dan Strategi. Bandung : CV Mandar Maju.

Heriyanto. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten. Jurnal Vijjacariya, 4(1).

Kusdibyo, K. (2021). Kepemimpinan dan Kinerja Dosen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan pada Perguruan Tinggi Maritim. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 3(2), 10–18.

Margianti, L. (2010). Stress Kerja, Latar Belakang Penyebab dan Alternatif Pemecahannya, Jurnal Masyarakat dan Politik. Fakultas Kesehatan Universitas Airlangga, Surabaya.

Marthalina, M. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia), 1–18.

Musanto, T. (2004). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan: Studi kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 123–136.

Prihantoro, D. E. (2017). Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Dunia Pendidikan. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(02), 293–314.

Sari, R., Hamid, A., & Rahmat, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen, 1(1).

Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suffiyah Arrafiatus. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Birokrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Aset, Vol. 13(No. 2), hlm. 84.

Suhendri. (2019). Penerapan Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Dharmawangsa Medan. Universitas Darmawangsa. Medan.

Sutopo. (2017). Hubungan Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).

Suwarsono, Sunarti, & Warsito. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Dharma Klaten. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(9).

Syefudin, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta. Institut PTIQ Jakarta.

Tjiptono, & Diana. (2014). Total Quality Managemen.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Ratnawati, D., Suparman, R., Wahyuniar, L., & Iswarawanti, D. N. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan alumni S2 kesehatan masyarakat terhadap layanan mutu pendidikan STIKes Kuningan tahun 2023. Journal of Health Research Science, 3(02), 189–201. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.939
Abstract viewed = 18 times