Faktor-faktor yang berhubungan kepuasan pasien peserta badan penyelenggara jaminan kesehatan (BPJS) terhadap layanan whatsapp siap 45 dalam pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan 2023

Authors

  • Nina Apriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Rossi Suparman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mamlukah Mamlukah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Lely Wahyuniar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.927

Keywords:

: Kepuasan Pasien, Whatsapp SIAP 45, Rumah Sakit

Abstract

Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kesehatan Kerja Povinsi Jawa Barat hasilnya adalah sebesar 27,9%. Angka kepuasan pelanggan di RSUD 45 kuningan didapatkan data sebesar 77, 79 % sedangan standar SPM dari kementrian kesehatan adalah sebesar 90% dibandingkan dengan Indek Kepuasan masyarakat kabupaten kuningan sebesar 86.97%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) terhadap Layanan Whatsapp SIAP 45 dalam pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed methods dengan menggunakan desain penelitian Korelasional untuk penelitian kuantitatif dan The Explanatory Sequential Design untuk penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 5.445 orang dan sampel berjumlah 373 orang dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Instrumen penelitian mengunakan lembar kuesioner. Analisis data meliputi analisis univariat, uji korelasi Rank Spearman dan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan antara fasilitas (p = 0,004), waktu layanan (p = 0,043), kecepatan layanan (p = 0,049), perilaku pelaksana (p = 0,046), empati (p = 0,049) dan penanganan komplain (p = 0,043) dengan kepuasan pasien. Variabel paling dominan yang berhubungan dengan kepuasan pasien yaitu variabel penanganan komplain dengan nilai p = 0,046 dan OR 2,014 (95% CI : 0,418 - 2,458).

References

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), 165–181.

Amary, A., & Suprayitno, S. (2021). Analisis Hubungan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di UPT Puskesmas Segiri Kota Samarinda. Borneo Studies and Research, 2(2), 1067–1073.

Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(3), 65–72.

Ayu, F. (2017). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Penerapan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawat Inap.

Bappeda Kuningan. (2022). Indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada pelayanan kesehatan di kabupaten kuningan.

BPJS Kesehatan. (2021). Survei Kepuasan Terhadap Layanan Kesehatan Tahun 2020. Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Indonesia.

Dewi, U. A., Astuti, R., & Werdani, K. E. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fajarudin, A. H. R. (2015). Kepuasan Masyarakat Terhadappelayanan Kesehatan Pasien Pemegang Kartu Jaminan Bpjs Di Unitpelayanan Teknis Kesehatan Puskesmas Kecamatan Bungah Kabupatengresik (Studi Kasus Di Instalasi Rawat Inap Puskesmas). Publika, 3(4).

Harun, H. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas rawat inap kabupaten pasaman 2019. Human Care Journal, 4(3), 138.

Husna, A., & Kadir, A. (2020). Hubungan komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Ruang Perawatan Interna RSUD Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2), 134–138.

Ishak. (2015). Persepsi Mayarakat Tentang Kualitas Pelyanan Kesehatan Melalui Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Kepuasan Masyarakat Rawat Inap Pada Puskesmas Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara. Jakarta: Koleksi Kepustakaan Universitas Terbuka.

Kaihatu, T. S., Daengs, A., & Indrianto, A. T. L. (2015). Manajemen Komplain. Penerbit Andi.

Lubis, R. A., Putri, A. D., Ginting, T., & Dameria. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 3(1), 13–20. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467

Maulina, L., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. PROMOTOR, 2(2), 130–136.

Mayasari, F. (2018). Analisis hubungan waktu pelayanan dan faktor total quality service terhadap kepuasan pasien di poliklinik kebidanan dan kandungan RSIA Anugerah Medical Centre kota Metro tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(3).

Megawati, M., Sari, S. M., & Lita, L. (2020). Hubungan implementasi manajemen penjadwalan dinas dengan kinerja perawat. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 3(2), 72–80.

Mutiara, V. S. (2017). Hubungan sikap petugas dan fasilitas kesehatan dengan kepuasan ibu hamil pada pelayanan ANC. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA), 10(1), 39–46.

Nelviza, R., & Ardenny, A. (2017). Hubungan Sikap Petugas Dan Waktu Tunggu Terhadap Indeks Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Puri Husada Tembilahan. JURNAL KEPERAWATAN HOME CARE, 4(1).

Nur’aeni, R., & Simanjorang, A. (2020). Pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit izza karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097–1111.

Oxyandi, M. (2019). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(01), 33–43.

Pramudyo, A., & Faiturohmi, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tempel I Sleman. Prima Ekonomika, 11(2), 82–99.

Rahmaniah, L., Rizany, I., & Setiawan, H. (2020). Hubungan Penjadwalan Dinas Perawat dengan Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 3(1), 29–36.

Ridwan, I., & Saftarina, F. (2015). Pelayanan Fasilitas Kesehatan: Faktor Kepuasan dan Loyalitas Pasien. Jurnal Majority, 4(9), 20–26.

RSUD 45 Kuningan. (2022a). Data Rekam Medik RSUD 45 Kuningan.

RSUD 45 Kuningan. (2022b). Profil RSUD 45 Kuningan Tahun 2022.

Sakit, R., Literatur, S., Agustina, D., Fajriani, A., Lubis, A. S., Yani, A., & Firzah, L. (2022). Majalah Kesehatan Indonesia Peningkatan Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan di. 3.

Santa Yesinda, I., & Murnisari, R. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Jasa Rawat Jalan Pada Puskesmas Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 3(2), 206–214.

Sartiasih, C., Suparman, R., & Mamlukah, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Jatibarang Kabupaten Indramayu Tahun 2022. Journal of Nursing Practice and Education, 3(01), 79–88.

Silalahi, J. Y., Fitriani, A. D., & Megawati, M. (2019). Analisis mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas iii di rumah sakit advent medan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(1), 21–29.

Syamsiah, S., & Nurlela, S. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kapuasan Pasien di Puskesmas Sepatan Kabupaten Tangerang Banten 2019. Jurnal Ilmu Dan Budaya: Edisi Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan, 41, 7901–7910.

T

oruan, E. M. L. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta) (Vol. 1, Issue 2). Universitas Sumatera Utara.

Trisnawati, A. (2015). Pengaruh Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan (pasien) di Rumah Sakit Semen Gresik.

Wasis, B., & Oktarina. (2015). Analisis Kesiapan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Di Kalimantan Timur Dan Jawa Tengah Tahun 2014. Buletin Penelitian Sis, 2014(17), 11–19.

Wati, L. (2018). Hubungan Antara Reliability dan Responsiveness dengan Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Silampari, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.311

Wildani, H., Badiran, M., & Hadi, A. J. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta JAMINAN Kesehatan Nasional di RSU Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2), 7–21.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Apriani, N., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan kepuasan pasien peserta badan penyelenggara jaminan kesehatan (BPJS) terhadap layanan whatsapp siap 45 dalam pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan 2023. Journal of Health Research Science, 3(2), 83–98. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.927
Abstract viewed = 663 times