PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK KABUPATEN BREBES TAHUN 2022

Authors

  • Amin Susilo STIKes Kuningan
  • Esty Febriani
  • Lely Wahyuniar
  • Dwi Nastiti Iswarawanti

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i01.766

Keywords:

Guru SMK, Kesehatan Reproduksi, Pengetahuan, Simulasi, Sikap

Abstract

Latar Belakang: Guru SMK memiliki peran penting dalam memperkenalkan kesehatan reproduksi kepada siswa di sekolah (Banerjee & Rao, 2022). Metode simulasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan. Kajian terbatas telah dilakukan untuk mengkaji pengaruh pendidikan terhadap reproduksi remaja terhadap pengetahuan dan sikap guru SMK dengan menggunakan metode ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan terhadap reproduksi remaja dengan metode simulasi pada guru SMK di Kabupaten Brebes untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rencana kelompok kontrol non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah total sampling guru SMK (n=30 orang tiap kelompok). Analisis data menggunakan bivariat (uji Chi square dan uji T berpasangan) dan analisis multivariat (regresi linier logistik) pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil: penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pengetahuan (56,7%) dan sikap (56,7%) yang baik setelah dilakukan intervensi simulasi. Hasil uji t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru antara kelompok perlakuan dan kontrol dengan nilai p<0,001, dan sikap guru dengan nilai p<<0,001. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel usia (p =0,039) memiliki pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dan sikap guru terhadap kesehatan reproduksi remaja.

Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan reproduksi remaja dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru. Disarankan metode simulasi dalam pendidikan kesehatan pada guru dapat digunakan secara luas untuk meningkatkan kompetensi guru ,termasuk metode partisipatif, pemantauan langsung dan bimbingan kepada siswa.

References

Alfira, A., Azura, R. M., & Mulwandani, Z. (2021). How Importance of Sex Education for Senior High School Student. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2, 1(2).

Banerjee, D., & Rao, T. S. S. (2022). Comprehensive Sex Education—Why Should We Care? Journal of Psychosexual Health, 4(2). https://doi.org/10.1177/26318318221092076

Bartlett, J., Kazzazi, F., To, K., Lawrence, J., & Khanduja, V. (2021). Virtual Reality Simulator Use Stimulates Medical Students’ Interest in Orthopaedic Surgery. Arthroscopy, Sports Medicine, and Rehabilitation, 3(5). https://doi.org/10.1016/j.asmr.2021.05.014

BPS. (2020). Badan Pusat Statistik Indonesia, Statistik Indonesia 2020. Statistik Indonesia 2020, 1101001.

Damayanti, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Siswa Anggota Pmr Di Sma Negeri 1 Binangun. In SKRIPSI.

Kristanto, N. (2016). Efektivitas Pendidikan Kesehatan terhadap Perubahan Pengetahuan dan Keterampilan P3K pada Siswa PMR di SMA Negeri 3 Sukoharjo [Universitas Muhammadiyah Surakarta.]. https://eprints.ums.ac.id/42141/

Kundre, R., & Mulyadi. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2).

Lala, H. (2015). Evaluasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja “DAKU!” (Dunia Remajaku Seru) di SMU. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v3i2.7657

Manurung, J., Munthe, S. A., & Sinaga, L. V. (2022). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Martumba Pada Remaja Di Desa Pasaribu Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2022. Tour Abdimas Journal, 1(1), 5–11. https://tourjurnal.akupuntour.com/index.php

Mulyadi, & Killing, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Akibat Kecelakaan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pertolongan Pertama Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 6 Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 6(1).

UNICEF. (2015). Menstrual Hygiene Management In Indonesia. http://menstrualhygieneday.org/wp-content/uploads/2015/12/_menstrual_%0A_hygiene_IN_Indonesia.pdf

WHO. (2020). Adolescent Pregnancy. Newsroom.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Susilo, A., Febriani, E., Wahyuniar, L., & Iswarawanti, D. N. (2023). PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK KABUPATEN BREBES TAHUN 2022. Journal of Health Research Science, 3(01), 72–82. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i01.766
Abstract viewed = 262 times