PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK KABUPATEN BREBES TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i01.766Keywords:
Guru SMK, Kesehatan Reproduksi, Pengetahuan, Simulasi, SikapAbstract
Latar Belakang: Guru SMK memiliki peran penting dalam memperkenalkan kesehatan reproduksi kepada siswa di sekolah (Banerjee & Rao, 2022). Metode simulasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan. Kajian terbatas telah dilakukan untuk mengkaji pengaruh pendidikan terhadap reproduksi remaja terhadap pengetahuan dan sikap guru SMK dengan menggunakan metode ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan terhadap reproduksi remaja dengan metode simulasi pada guru SMK di Kabupaten Brebes untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rencana kelompok kontrol non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah total sampling guru SMK (n=30 orang tiap kelompok). Analisis data menggunakan bivariat (uji Chi square dan uji T berpasangan) dan analisis multivariat (regresi linier logistik) pada tingkat kepercayaan 95%.
Hasil: penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pengetahuan (56,7%) dan sikap (56,7%) yang baik setelah dilakukan intervensi simulasi. Hasil uji t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan guru antara kelompok perlakuan dan kontrol dengan nilai p<0,001, dan sikap guru dengan nilai p<<0,001. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel usia (p =0,039) memiliki pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dan sikap guru terhadap kesehatan reproduksi remaja.
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan reproduksi remaja dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru. Disarankan metode simulasi dalam pendidikan kesehatan pada guru dapat digunakan secara luas untuk meningkatkan kompetensi guru ,termasuk metode partisipatif, pemantauan langsung dan bimbingan kepada siswa.
References
Alfira, A., Azura, R. M., & Mulwandani, Z. (2021). How Importance of Sex Education for Senior High School Student. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2, 1(2).
Banerjee, D., & Rao, T. S. S. (2022). Comprehensive Sex Education—Why Should We Care? Journal of Psychosexual Health, 4(2). https://doi.org/10.1177/26318318221092076
Bartlett, J., Kazzazi, F., To, K., Lawrence, J., & Khanduja, V. (2021). Virtual Reality Simulator Use Stimulates Medical Students’ Interest in Orthopaedic Surgery. Arthroscopy, Sports Medicine, and Rehabilitation, 3(5). https://doi.org/10.1016/j.asmr.2021.05.014
BPS. (2020). Badan Pusat Statistik Indonesia, Statistik Indonesia 2020. Statistik Indonesia 2020, 1101001.
Damayanti, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Siswa Anggota Pmr Di Sma Negeri 1 Binangun. In SKRIPSI.
Kristanto, N. (2016). Efektivitas Pendidikan Kesehatan terhadap Perubahan Pengetahuan dan Keterampilan P3K pada Siswa PMR di SMA Negeri 3 Sukoharjo [Universitas Muhammadiyah Surakarta.]. https://eprints.ums.ac.id/42141/
Kundre, R., & Mulyadi. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2).
Lala, H. (2015). Evaluasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja “DAKU!” (Dunia Remajaku Seru) di SMU. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v3i2.7657
Manurung, J., Munthe, S. A., & Sinaga, L. V. (2022). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Martumba Pada Remaja Di Desa Pasaribu Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2022. Tour Abdimas Journal, 1(1), 5–11. https://tourjurnal.akupuntour.com/index.php
Mulyadi, & Killing, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Akibat Kecelakaan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pertolongan Pertama Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 6 Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 6(1).
UNICEF. (2015). Menstrual Hygiene Management In Indonesia. http://menstrualhygieneday.org/wp-content/uploads/2015/12/_menstrual_%0A_hygiene_IN_Indonesia.pdf
WHO. (2020). Adolescent Pregnancy. Newsroom.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan dengan Journal of Health Research Science setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Journal of Health Research Science hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Journal of Health Research Science .