Gambaran postur kerja dan desain stasiun kerja terhadap keluhan musculoskeletal disorders (MSDS) pada pekerja konveksi di Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka tahun 2022

Authors

  • Devina Alvionisa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Putri Prapasa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Elsa Mayorasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Ainun Nabila Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Sehibul Azis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Fitri Kurnia Rahim Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Bibit Nasrokhatun Diniah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.660

Keywords:

MSDs, postur tubuh, desain stasiun kerja, pekerja konveksi

Abstract

Implementasi ergonomi dan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada dunia industri tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan tingkat produktivitas seorang pekerja, akan tetapi juga bertujuan untuk menciptakan sistem kerja, lingkungan kerja, dan peralatan kerja yang aman serta nyaman untuk semua pekerja. Sehingga semua pekerja dapat terhindar dari cidera ataupun kecelakaan saat bekerja. Kasus MSDs merupakan PAK yang paling sering ditemukan pada pekerja diberbagai bidang pekerjaan, dimana kasus MSDs mencapai 45% dari total kasus PAK. Oleh karena itu, pentingnya penerapan desain stasiun kerja dalam upaya penanganan gangguan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) pada pekerja konveksi. Penelitian dengan menggunakan deskriptif analitik ini menggunakan pendekatan cross sectional menggunakan kuisioner Nordic Body Map, kuesioner OWAS (Ovako Working Analysis System) dan Lembar Observasi. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 34 pekerja (68%) dengan keluhan Musculoskeletal Disorders rendah. Sedangkan sebanyak 16 pekerja (16%) mengalami keluhan Musculoskeletal Disorders sedang dan tingkatan postur tubuh terbanyak berjumlah 40 (80%) dengan risiko tinggi.

References

Ajhara, S., Novianus, C., & Muzakir, H. (2022). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDS) Pada Pekerja Bagian Sewing Di PT. X Pada Tahun 2022. 2(2), 150–162.

Andrian, D. (2013). Pengukuran Tingkat Resiko Ergonomi Secara Biomekanika Pada Pekerja Pengangkutan Semen (Studi Kasus: PT. Semen Baturaja). Laporan Kerja Praktek Fakultas Teknik Universitas Binadarma, Palembang.

Bukhori, E. (2010). Hubungan Faktor Risiko Pekerjaan Dengan Terjadinya Keluhan Musculokeletal Disorders (MSDS) Pada Tukang Angkut Beban Penambang Emas Di Kecematan Cilograng Kabupaten Lebak Banten tahun 2010.

Heriana, C., Kumalasari, I., Hermansyah, H., Prihastuti, W., & Rustika. (2018). EPIDEMIOLOGI : Prinsip, Metode, dan Aplikasi dalam Kesehatan Masyarakat.

Icsal, M., Sabilu, Y., & Pratiwi, A. D. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDS) Pada Penjahit Wilayah Pasar Panjang Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(2), 1–8.

Lukito Kinteki, Z., Santoso, T. B., & Fis, S. (2018). Pengaruh Kinesio Tapping Dan Muscle Energy Technique Terhadap Penurunan Nyeri Myofascial Pain Syndrome Otot Upper Trapezius Pada Penjahit Di Adieva Konveksi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhammad, A. R., & Andriati, R. (2022). Hubungan Karakteristik Individu Dan Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders ( MSDS ) Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Semester 1 Di Stikes Widya Dharma Husada Tangerang Tahun 2021 mahasiswa Kesehatan Masyarakat. (1), 1–11.

Padmanathan, V., Joseph, L., Omar, B., & Nawawi, R. (2016). Prevalence of musculoskeletal disorders and related occupational causative factors among electricity linemen: a narrative review. International Journal of Occupational Medicine and Environmental Health, 29(5), 725.

Ramayanti, A. D., & Koesyanto, H. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja Konveksi. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(1), 472–478.

Ramdan, I. M., Candra, K. P., & Fitri, A. R. (2018). Factors affecting musculoskeletal disorder prevalence among women weavers working with handlooms in Samarinda,Indonesia. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics.

Sjarifah, I., & Rosanti, E. (2019). Risk Analysis Levels Of Musculoskeletal Disorders (Msds) In Convection Workers Bangsri Village,

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Alvionisa, D., Prapasa, P., Mayorasari, E., Nabila, A., Azis, S., Rahim, F. K., & Diniah, B. N. (2023). Gambaran postur kerja dan desain stasiun kerja terhadap keluhan musculoskeletal disorders (MSDS) pada pekerja konveksi di Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka tahun 2022. Journal of Health Research Science, 3(02), 94–103. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.660
Abstract viewed = 172 times