ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LINGGAJATI KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022

Authors

  • Tati Yuliani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Rossi Suparman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mamlukah Mamlukah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Lely Wahyuniar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v2i02.596

Keywords:

Pasien, Rawat Jalan, Kepuasan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan hasil dari proses pelayanan yang dirasakan oleh pasien, sehingga kepuasan pasien dapat digunakan untuk menilai kualitas layanan yang diterima oleh pasien. Data pasien rawat jalan di RSUD Linggajati pada tahun 2019 sebanyak 50.769 pasien, tahun 2020 sebanyak 39.537 pasien, lalu pada tahun 2021 menjadi 52.023 pasien. Data kepuasan pasien rawat jalan pada tahun 2019 sebesar (89,6%), tahun 2020 sebesar (87,5%) dan pada tahun 2021 sebesar (90%). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan tahun 2022. Jenis penelitian ini analitik deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang). Populasi penelitian ini berjumlah 52.023 orang dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 267 orang. Instrumen penelitian ini mengunakan lembar kuesioner tertutup. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat (Rank Spearman) dan analisis multivariat menggunakan Regresi Logistik. Hasil penelitian ini terdapat hubungan antara kemampuan (p = 0,001), jaminan (p = 0,001), daya tanggap (p = 0,021), empati (p = 0,011) dan ketersediaan sarana prasarana (p = 0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan. Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kepusan pasien rawat jalan yaitu jaminan dengan OR 7,904 (95% CI: 1,171 - 9,820). Diharapkan pegawai Rumah Sakit meningkatkan aspek yang mencakup kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya sehingga para pasien rawat jalan merasa terjamin dan bebas dari risiko bahaya atau keragu-raguan ketika melakukan pengobatan.

References

Ahmad, H. et al. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar, Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(2), pp. 22–28. doi: http://dx.doi.org/10.51933/health.v6i2.546.

Annisa, N. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Tk . IV Madiun Tahun 2017, Stikes Bhakti Huasada Mulia Madiun.Skripsi.

Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas, Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(2). Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/16038.

BAPPEDA Kabupaten Kuningan. (2021). Kepuasan Masyarakat Terhadap Instansi Rumah Sakit Daerah.

BP2D Provinsi Jawa Barat. (2022). Indeks Kepuasan Masyarakat.

Hasnih, Gunawan and Hasmin. (2016). Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Jurnal Mirai Managemen, Vol 1(Nomor 2 Oktober).

Iman, A. T. and Lena, D. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance, Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lubis, R. A. et al. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020, Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), 3(1), pp. 13–20. doi: https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467.

Lupiyoadi, R. and Hamdani, D. A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Martul, S. (2014). Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika.

Maulina, L., Madjid T., A., C. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018, Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(2). doi: http://dx.doi.org/10.32832/pro.v2i2.1798.

Muliana, Y. (2019). Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan pada Pasien BPJS dan Non BPJS Berdasarkan Metode Servqual di RSUD Kota Dumai. Universitas Sumatera Utara. Available at: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14349.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. 4th edn. Jakarta: Salemba Medika.

Rismayanti.R., Ilyas, G.B., 7 Kadir, I. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di UPTD Kesehatan Puskesmas Bojo Baru Kabupaten Barru, YUME : Journal of Managemen, 1(2). doi: https://doi.org/10.2568/yum.v1i3.342.

RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan. (2022). Standar Pelayanan Minimal RSUD Linggajati.

Silalahi, J., Y., Fitriani, A.D., M. M. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RS Advent Medan, Jurnal Kesehatan Perintis, 6(1), pp. 21–29. doi: https://doi.org/10.33653/jkp.v6i1.165.

Sudirman. (2016). Kamus Managemen Mutu. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan, Jurnal medicoeticolegal dan manajemen rumah sakit, 6(1), pp. 9–15. doi: 10.18196/jmmr.6122.

Syamsiah, S. and Nurlela, S. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kapuasan Pasien di Puskesmas Sepatan Kabupaten Tangerang Banten 2019, Jurnal Ilmu dan Budaya: Edisi Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan, 41, pp. 7901–7910. doi: http://dx.doi.org/10.47313/jib.v41i66.806.

Tangdilambi, N. and Badwi, A. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), pp. 165–181. doi: http://dx.doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164.

Toruan, E. M. L. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta) Tahun 2017, Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Available at: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2166.

Wati, L. (2018). Hubungan Antara Reliability dan Responsiveness dengan Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap, Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1). doi: https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.311 HUBUNGAN.

Wildani , H., Badiran, M., & Hadi, A. J. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di RSU Muhammadiyah Sumatera Utara, Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2), pp. 7–21. Available at: https://uit.e-journal.id/JKKM/article/view/581.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Yuliani, T., Suparman, R. ., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. . (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD LINGGAJATI KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022 . Journal of Health Research Science, 2(02), 134–143. https://doi.org/10.34305/jhrs.v2i02.596
Abstract viewed = 71 times