TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN STIKKU AKIBAT PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nanang Saprudin STikes Kuningan
  • Nonny Yulia Sabrina STIKes Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v2i1.474

Keywords:

daring, pembelajaran, stres

Abstract

Adanya pandemi covid 19 berdampak terhadap perubahan segala aspek kehidupan termasuk dunia akademik. Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Belum maksimalnya penguasaan teknologi informasi serta terbatasnya akses internet bagi pengguna layanan infromasi dikalangan mahasiswa menjadi hambatan tersendiri dalam capaian pembelajaran yang tentunya mengakibatkan tingkat stres bagi mahasiswa. Tujuan penelitian menganalisis hubungan antara metode pembelajaran jenis penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian yaitu mahasiswa prodi S1 keperawatan STIKKU dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 220 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis dilakukan dengan univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian sebagian besar (57,3 %) metode pembelajaran daring kurang efektif dan hampir sebagian mahasiswa (41,8 %) mengalami stres sedang. Hasil uji chi-square didapatkan p value =0,002 < α (0,05) artinya terdapat hubungan antara metode pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dengan tingkat stress mahasiswa. Simpulan penelitian yaitu stres yang dialami mahasiswa S1 Keperawatan STIKKU disebabkan oleh metode pembelajaran daring yang kurang efektif. Saran bagi prodi bisa memperkaya pembelajaran daring dengan memasukan berbagai video pembelajaran menarik serta membentuk donasi bersama dalam penyediaan kuota bagi mahasiswa saat melaksanakan pembelajaran online.

References

Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.276

Andiarna, F. (2020). Effects of Online Learning on Student Academic Stress During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150.

Arifin, N. H. (2021). Penggunan Video Pembelajaran dan Diskusi Melalui Telegram Grup Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. 6.

D, Hidayat dan N, N. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid–19. 3 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Kusnayat, A., Sumarni, N., Mansyur, A. S., Zaqiah, Q. Y., & Bandung, U. T. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Purba Br Aulia, S. (2020). Tingkat Stress Pada Siswa yang Bersekolah dengan Media Daring di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara, 4–16. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29092

Published

2022-06-09

How to Cite

Saprudin, N., & Sabrina , N. Y. . (2022). TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN STIKKU AKIBAT PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 . Journal of Health Research Science, 2(01), 32–38. https://doi.org/10.34305/jhrs.v2i1.474
Abstract viewed = 74 times