Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.34305/jhrs.v5i1.1722Keywords:
Kepuasan pasien, BPJS kesehatan, mutu layanan, rumahsakit, SERVQUALAbstract
Latar Belakang: Kualitas layanan kesehatan tidak semata-mata bergantung pada mekanisme penyediaannya, melainkan juga sangat dipengaruhi oleh persepsi dan pemahaman pasien sebagai pengguna layanan. Studi ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan dengan kualitas layanan rumah sakit yang mereka terima.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi pasien BPJS di rumah sakit, dengan sampel 96 responden yang ditentukan melalui rumus Lemeshow dan teknik purposive sampling. Kepuasan pasien dianalisis sebagai variabel dependen, sedangkan dimensi SERVQUAL sebagai variabel independen. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis secara univariat dan bivariat.
Hasil: Analisis univariat pada 96 responden menunjukkan mayoritas pasien (66,7%) puas dengan layanan rumah sakit, meskipun 33,3% tidak puas. Selanjutnya, analisis bivariat mengungkapkan bahwa kegemaran pasien, bukti nyata, keberlanjutan, kereaktifan, kepastian dan simpati berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien nilai p-value < 0,05.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan sangat berkorelasi dengan persepsi terhadap mutu layanan rumah sakit.
References
Approval. (2023). Peluncuran Data Sampel BPJS Kesehatan.
Astuti, A., Hedo, D. J. P. K., Sir, A. B., Amma, Y. A., Mallapiang, F., Rubaya, A. K., Hidayat, A. W., Mahendika, D., & Waris, L. (2023). Metodologi Penelitian Dalam Kesehatan: Panduan Praktis Untuk Desain Dan Pelaksanaan Penelitian Kesehatan. Get Press Indonesia.
Group, S. M. (2014). Profil {Rs Sentra Medika Cikarang}.
Hamid, R., Radji, D. L., & Ismail, Y. L. (2020). Pengaruh Empathy Dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 27–38. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7105
Hidayat, A. W., & Prakoso, A. D. (2022). Monitoring Analysis Of The Speed Of Outpatient Medical Record Services At X Hospital, In Bekasi Regency, 2021. International Journal Of Health Sciences, 4116–4126. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns9.13614
Honifa, H., Derriawan, D., & Sampurno, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien Umum Yang Berdampak Kepada Berkunjung Kembali Di Klinik Andilia Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 21(1), 25–32. https://doi.org/10.33221/jikes.v21i1.1746
Humas. (2023). Warga Kabupaten Bekasi Terlindungi JKN.
Hutagaol, E. K., Marini, I., & Hidayat, A. W. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Relawan Penanggulangan Bencana (Non Medis) Terhadap Manajemen Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Lokasi Pengungsian Tahun 2022. Journal Of Nursing Practice And Education, 3(2), 197–204. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.752
Meidi, H. O., Redjeki, E. S., Fanani, E., & Kurniawan, A. (2023). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Sport Science And Health, 5(2), 117–132. https://doi.org/10.17977/um062v5i22023p117-132
Niartiningsih, A., & Nurfitriani, N. (2024). Pengaruh Dimensi Patient Experience Terhadap Kepuasan Pasien Di RS Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Journal Of Health Research Science, 4(2), 123–131. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i02.1185
Nurmawati, I., & Pramesti, B. A. (2022). Literature Review: Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Ditinjau Dari Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Vokasional, 7(4), 213. https://doi.org/10.22146/jkesvo.72737
Prakoso, A. D. (2023). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Dan Mmum Di Rumah Sakit “X” Kabupaten Bekasi. Journal Of Nursing Practice And Education, 4(1), 85–95. https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.857
Priambodo, R. A. (2023). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Indonesia: Tantangan Dan Solusinya.
Safitri, D., Anastasya, R., Layli, R., & Gurning, F. P. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.303
Santoso, T., Fikri, Z., & Jiwantoro, Y. A. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS), 8(1). Https://Doi.Org/10.32807/Jambs.V8i1.223
Yudha, R. M., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2024). Hubungan Dimensi Mutu Layanan Kesehatan Dengan Pemanfaatan Kembali Layanan Rawat Inap Di UPTD Puskesmas Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Journal Of Health Research Science, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i1.1063
Yuliani, T., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Linggajati Kabupaten Kuningan Tahun 2022. Journal Of Health Research Science, 2(02), 134–143. https://doi.org/10.34305/jhrs.v2i02.596.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afif Wahyudi Hidayat, Julia Julia, Muhammad Rizky Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Health Research Science published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0