Pengaruh literasi kesehatan terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.34305/jhrs.v5i1.1709Keywords:
Gaya hidup sehat, literasi kesehatan, mahasiswa, perilaku hidup bersih dan sehat, Universitas PesantrenAbstract
Latar Belakang: Perilaku hidup bersih dan sehat yang penting untuk kualitas hidup, sangat dipengaruhi oleh literasi kesehatan. Namun, peningkatan penyakit tidak menular akibat gaya hidup tak sehat menunjukkan kesenjangan. Penelitian ini akan menguji tingkat literasi kesehatan mahasiswa di universitas pesantren dan dampaknya pada penerapan perilaku hidup bersih dan sehat mereka.
Metode: Penelitian kuantitatif cross-sectional ini melibatkan 96 mahasiswa yang dipilih melalui stratified random sampling. Data perilaku hidup bersih dan sehat dikumpulkan menggunakan kuesioner modifikasi dari HPLP-II, panduan GERMAS 2015, dan RISKESDAS 2018, sedangkan literasi kesehatan diukur dengan instrumen HLC-EU-Q16.
Hasil: Sebanyak 53 (55.2%) mahasiswa yang tidak menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sedangkan hanya 43 (44.8%) saja yang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat literasi kesehatan berpengaruh terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dengan nilai p-value 0,0001.
Kesimpulan: Mahasiswa dengan literasi kesehatan yang baik mempunyai kemungkinan 4.433 kali lebih tinggi untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga kampus perlu ada kebijakan yang mendukung peningkatan literasi kesehatan mahasiswa terkait perilaku hidup bersih dan sehat melalui pemanfaatan media cetak dan elektronik secara berkelanjutan.
References
Aisyiyah, B., & Suprapti, V. (2021). Pengaruh Mindfulness Terhadap Psychological Well-Being Pada Emerging Adulthood. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 359–369. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24846
Alfan, M. M. (2020). Hubungan Literasi Kesehatan Dengan Perilaku Sehat Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya. UNIESA.
Caylan, A., Yayla, K., Oztora, S., & Dagdeviren, H. N. (2017). Assessing Health Literacy, The Factors Affecting It And Their Relation To Some Health Behaviors Among Adults. Biomedical Research (India), 28(15), 6803–6807.
Faizah, I., & Muniroh, L. (2018). Analisis Perubahan Berat Badan, Indeks Massa Tubuh Dan Persentase Lemak Tubuh Klien Pasca Pemberian Diet South Beach Pada My Meal Catering Surabaya. Amerta Nutrition, 2(1), 52. https://doi.org/10.20473/amnt.v2i1.2018.52-58
Kemenkes RI, & Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. (2018). Hasil Utama RISKESDAS 2018. https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/hasil-riskesdas-2018.pdf
Kusumasari, F., Lerik, M. D. C., Roga, A. U., Ratu, J. M., & Werawan, P. (2024). Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Dili Timor Leste. Journal Of Health Research Science, 4(1), 91–100. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i1.1141
Lestari, Pipit, And H. H. (2017). The Higher Level Of Health Literacy Among Health Students Compared With Non-Health Students. 1, 46–50. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/uiphm.v2i0.141
Muna, N. I., & Mardiana, M. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Remaja. Sport And Nutrition Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.15294/spnj.v1i1.31187
Nenobanu, A. I., Kurniasari, M. D., & Rahardjo, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Mahasisiwi Asrama Universitas Kristen Satya Wacana. In UKSW Institutional Repository. Universitas Kristen Satya Wacana.
Nikarli, M., Citra Putri, D., Intan Aprilia, N., Cahya Dewi, A., Doevri Yulianti Sihombing, K., Pembayun, I., Aulya Putri, N., & Zulfa Istiqomah, N. (2024). Pengaruh Stress Akademik Terhadap Pola Makan Dan Kebutuhan Gizi Mahasiswa: Studi Kasus Di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analis, 3(2), 164–176.
Pavani, S., & Agrawal, G. (2015). A Study Of Self-Efficacy And Academic Achievement Among College Students. Online Journal Of Multidisciplinary Research (OJMR), 1(1), 28–32.
Riskawati, Y. K., Prabowo, E. D., & Al-Rasyid, H. (2018). Physical Activity Level Of The Second, Third, And Fourth Years Students At Study Program Of Medicine. Majalah Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.005.01.4
Roiefah, A. L., Pertiwi, K. D., & Siswanto, Y. (2021). Hubungan Tingkat Literasi Kesehatan Dengan Perilaku Pencegahan PTM Pada Remaja Di Kabupaten Semarang. Journal Of Chemical Information And Modeling, 3(2), 167–178. https://doi.org/10.35473/proheallth.v3i2
Ross, A., Bevans, M., Brooks, A. T., Gibbons, S., & Wallen, G. R. (2017). Nurses And Health-Promoting Behaviors: Knowledge May Not Translate Into Self-Care. AORN Journal, 105(3), 267–275. https://doi.org/10.1016/j.aorn.2016.12.018
Septiana, R., & Roosita, K. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), Status Gizi, Dan Status Kesehatan Mahasiswa Bidikmisi Di Asrama Putri IPB. IPB University.
Sulistiarini, S.-. (2018). Hubungan Perilaku Hidup Sehat Dengan Status Kesehatan Pada Masyarakat Kelurahan Ujung. Jurnal PROMKES, 6(1), 12. https://doi.org/10.20473/jpk.v6.i1.2018.12-22
Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Masyarakat Di Keluharan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal Of Health Promotion And Health Education, 8(1), 47–58.
WHO. (2024). Heath Literacy. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/health-literacy
Widodo, T., & Susilo, C. (2020). Pengaruh Tingkat Pengetahuan PHBS Dengan Perilaku Germas Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palangka Raya. Jurnal Kedokteran Universitas Palangka Raya, 8(1), 929–934. https://doi.org/10.37304/jkupr.v8i1.1497
Wittenberg, E., Ferrel, B., Kanter, E., & Buller, H. (2019). Health Literacy. 22(1), 53–61. https://doi.org/10.1188/18.cjon.53-61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Ma'rifah, Aisy Rahmania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Health Research Science published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0