Efektifitas edukasi bantuan hidup dasar dalam upaya meningkatkan pengetahuan

Authors

  • Gigih Praditya Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Adi Buyu Prakoso Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Insanul Firdaus Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Witriyani Witriyani Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v5i1.1697

Keywords:

Edukasi, bantuan hidup dasar, pengetahuan, relawan, mahasiswa

Abstract

Latar Belakang: Bantuan Hidup Dasar selamatkan nyawa henti jantung/napas. Henti jantung darurat sering terjadi di Indonesia sebanyak ratusan ribu per tahun. Semua orang perlu edukasi Bantuan Hidup Dasar untuk minimalkan akibatnya yang dibutuhkan untuk setiap orang untuk mengurangi efek negatif atau keparahan gejala sisa pasien henti jantung. Tujuan penelitian edukasi bantuan hidup dasar  efektif dalam upaya meningkatkan pengetahuan Bantuan Hidup Dasar.
Metode: Quasy experiment yang dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2024. Sampel penelitian ini sebanyak 42 relawan mahasiswa Unviersitas Duta Bangsa Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan, dan analisa data menggunakan uji Wilcoxon pada SPSS 24.0.
Hasil: Terdapat pengaruh edukasi  terhadap tingkat pengetahuan relawan mahasiswa menganai bantuan hidup dasar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p< 0,05).  Tigkat pengetahuan relawan mahasiswa sebelum diberikan edukasi pada tingkat pengetahuan baik 12 (28,57%), cukup 23 (54,76%), dan kurang 7 (16,67%). Tingkat pengetahuan setelah diberikan edukasi pada tingkat pengetahuan baik 20 (47,62%), cukup 22 (52,38%), dan sudah tidak ada responden pada tingkat pengetahuan kurang.
Kesimpulan: Edukasi dapat meningkatan pengetahuan relawan mahasiswa terkait Bantuan Hidup Dasar.

References

Ackermann, A. D. (2009). Investigation of learning outcomes for the acquisition and retention of cpr knowledge and skills learned with the use of high-fidelity simulation. Clinical Simulation in Nursing, 5(6), e213–e222. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2009.05.002

Aini, K., & Wulan, N. (2023). Pengalaman trauma masa kecil dan eksplorasi inner child pada mahasiswa keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan: studi fenomenologi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.684

Amatiria, G., Handayani, R. S., & Rihiantoro, T. (2023). Perancangan aplikasi Resusitasi Jantung Paru (RJP) berbasis android bagi bystander. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2). https://doi.org/10.30604/jika.v8i2.1641

Anderson, R., Sebaldt, A., Lin, Y., & Cheng, A. (2019). Optimal training frequency for acquisition and retention of high-quality CPR skills: A randomized trial. Resuscitation, 135, 153–161. https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2018.10.033

Aurelia, K. W., Siwi, A. S., & Suandika, M. (2023). Efektivitas pemberian audiovisual tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) terhadap tingkat pengetahuan nelayan dalam menangani korban tenggelam. CITRA DELIMA : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 6(2), 98–104. https://doi.org/10.33862/citradelima. v6i2.324

Böttiger, B. W., Lockey, A., Aickin, R., Carmona, M., Cassan, P., Castrén, M., Chakra Rao, S., De Caen, A., Escalante, R., Georgiou, M., Hoover, A., Kern, K. B., Khan, A. M. S., Levi, C., Lim, S. H., Nadkarni, V., Nakagawa, N. K., Nation, K., Neumar, R. W., … Perkins, G. D. (2020). Up to 206 million people reached and over 5.4 million trained in cardiopulmonary resuscitation worldwide: The 2019 international liaison committee on resuscitation world restart a heart initiative. Journal of the American Heart Association, 9(15). https://doi.org/10.1161/JAHA.120.017230

De Regge, M., Calle, P. A., De Paepe, P., & Monsieurs, K. G. (2008). Basic life support refresher training of nurses: Individual training and group training are equally effective. Resuscitation, 79(2), 283–287. https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2008.06.015

Firdaus, Mutia Nawartika Juliva, J. T. A., Surakarta, & Mubarok, A. S. (2024). Efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bantuan hidup dasar pada masyarakat: Literatur review. Journal of Language and Health, 5(2), 483–494. https://doi.org/https://doi.org/10.37287/jlh.v5i2.3533

Ghozali, M. T., Nugraheni, T. P., & Halimatussa’diyah, S. (2023). Pelatihan dasar manajemen Bantuan Hidup Dasar (BHD) Karang Taruna Dusun Sribit Dan Sekarsuli, Kapanewon Berbah, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2), 244. https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.244-249

Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Hatmalyakin, D., Akbar, A., Nupratiwi, N., & Amaludin, M. (2022). Efektifitas pelatihan pertolongan pertama henti jantung dengan model selamat terhadap pengetahuan dan keterampilan masyarakat Kota Pontianak. Malahayati Nursing Journal, 4(10), 2600–2610. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i10.7784

Hizrian, E. F., Yulendasari, R., & Isnainy, U. C. A. S. (2022). Efektifitas simulasi pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi tentang penanganan kajadian Kecelakaan Lalu Lintas (KKL) pada masyarakat awam di Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 2(4), 743–760. https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i4.7492

Khalilati, Noor, Syamsul Firdaus, H. R. (2020). Efektifitas skill Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan metode simulasi dengan kemampuan siswa di SMAN 1 TABUNGANEN. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 452–461. https://doi.org/https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2

Maria, I., & Wardhani, A. (2023). Efektivitas video latihan terhadap ketepatan bantuan hidup dasar di Luar Rumah Sakit. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 8(2), 143–151. https://doi.org/10.51143/jksi.v8i2.498

Putri, D. S. R., & Nanda, N. E. (2024). Pengaruh edukasi bantuan hidup dasar dengan media booklet dan roleplay terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. JOURNAL OF NONCOMMUNICABLE DISEASES, 4(1), 32–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.5236/jond.v4i1.900

Putri, T. I. Y. L., Amin, S., Mardiya, R., Elvira, E., & Alfin, A. (2024). Penyuluhan kesehatan tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) Pada mahasiswa kesehatan institut kesehatan dan teknologi al insyirah. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 7(4), 583–590. https://doi.org/10.31596/jpk.v7i4.456

Suprayitno, G., & Tasik, J. R. (2021). Efektivitas pelatihan bantuan hidup dasar terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan tindakan resusitasi jantung paru mahasiswa keperawatan. JURNAL KEPERAWATAN TROPIS PAPUA, 4(2), 68–74. https://doi.org/10.47539/jktp.v4i2.264.

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Praditya, G., Prakoso, A. B., Firdaus, I., & Witriyani, W. (2025). Efektifitas edukasi bantuan hidup dasar dalam upaya meningkatkan pengetahuan. Journal of Health Research Science, 5(1), 142–148. https://doi.org/10.34305/jhrs.v5i1.1697
Abstract viewed = 7 times