Efektivitas penyuluhan bahaya NAPZA berbasis video dan poster terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa
DOI:
https://doi.org/10.34305/jhrs.v5i1.1556Keywords:
Media video, media poster, pengetahuan, sikap, NAPZAAbstract
Latar Belakang: Penyalahgunaan narkoba pada tahun 2022 sebanyak 3.662.646 juta orang dengan rentang usia antara 15-64 tahun. Pada tahun 2022 peningkatan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba yaitu 1,80% menjadi 1,95%. Di mana 3.662.646 orang di antara 187.513.456 orang Indonesia dalam rentang usia 15-64 tahun dapat menjadi pengguna narkoba. Tujuan penelitian adanya efektivitas penyuluhan bahaya NAPZA berbasis video dan poster terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa di SMAN 9 Kota Cirebon tahun 2024.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Sebanyak 120 responden diambil dengan teknik penarikan sampel sistematis. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data dengan univariat menggunakan nilai mean atau rata-rata, median, standar deviasi dan bivariat menggunakan uji repeat ANOVA.
Hasil: Hasil uji statistik menyatakan bahwa pengetahuan nilai p=0,000 (p<0,05) dan nilai p=0,000 (p<0,05), sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh antara pengetahuan dan sikap ketika diberikan penyuluhan baik menggunakan media video, media poster dan media gabungan keduanya.
Kesimpulan: Faktor dominan yang paling mempengaruhi pengetahuan dan sikap dengan menggunakan media gabungan antara media video dan media poster. Maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa mengenai bahaya NAPZA.
References
Aisyah, S., Syafar, M., & Amiruddin, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv & Aids Di Kota Parepare. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 3(1). https://doi.org/10.30597/jkmm.v3i1.10299
Amaliah, C. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audovisual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Anak Usia Pra-Sekolah di TK Tunas Mulya Sidomulyo Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya. url : https://repository.um-surabaya.ac.id/3416/. (Skripsi Online)
Ayu, R. D., Sa’ban, Z., Aqida, D. F., Malolo, H. A., Utami, W. A., Annisa, Z. P., & Rajab, N. A. B. (2024). Pengaruh Media Edukasi Poster ISPA terhadap Pengetahuan Siswa di Desa Baru Batu, Kabupaten Pangkep. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 5(1), 170–178. https://jurnal-pharmaconmw.com/jmpm/index.php/jmpm/article/view/401
Gejir, I. N., Kencana, I. G. S., Artawa, I. M. B., & Suanda, I. W. (2021). Implementasi Proses Pembelajaran dalam Penyuluhan Kesehatan Bagi Tenaga Kesehatan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Handayani, H., Mamlukah, M., Suparman, R., & Iswarawanti, D. N. (2023). Pengaruh promosi kesehatan melalui media berbasis video dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap kader saka bakti husada dalam pencegahan stunting di kecamatan sukarame pada masa pandemi covid-19 tahun 2022. Journal of Health Research Science, 3(01), 53–62. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i01.765
Handini, M. D. S. (2021). Efektifitas Media Video Dan Leaflet Untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi Siswi Kelas 5 SD Muhammadiyah Sokonandi. Skripsi (Online). https://www.scribd.com/document/755194894/17587-38397-1-SM. Diakses 11 Maret 2025.
Hasanah, A. P., & Zuhriah, Z. (2024). Gaya Komunikasi Pengguna Media Sosial Tiktok dalam Berpendapat Mengenai Kasus Pelecehan Seksual. EScience Humanity Journal, 4(2), 220–233. https://doi.org/10.37296/esci.v4i2.114
Lubis, M. S., Pramana, C., & Kasjono, H. S. (2022). Pengaruh Penyuluhan Menstruasi Menggunakan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswi Dalam Menghadapi Menarche. Sebatik, 26(1), 270–276. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1544
Mamahit, A. Y., Oktavyanti, D., Aprilyawan, G., Wibowo, M., Ishak, S. N., Solehah, E. L., Farani, S., Suwarni, L., & Patilaiya, H. L. (2022). Teori Promosi Kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=wCNuEAAAQBAJ
Notoatmodjo, S. (2022). Promosi kesehatan teori dan aplikasi.Rineka Cipta:Jakarta.
Page, M. T., Erviana, E., & Sikin, A. G. (2023). Media Leaflet dan poster pada tingkat pengetahuan masyarakat tentang hipertensi. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(1), 36–45. http://dx.doi.org/10.33650/jkp.v11i1.5536
Pamusu, R. S. (2024). Analisis Media Belajar Audio Visual dan Kreativitas Guru terhadap Minat Belajar Siswa di TK GBI Pemulihan Bahomakmur. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Pay, M. N., Wali, A., Pinat, L. M. A., & Eluama, M. S. (2023). The effect of online counseling using puzzle and poster media on dental carries knowledge. JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy, 4(1), 1–7. https://ejournal.poltekkesjakarta1.ac.id/index.php/JKG/article/view/973
Rachman, W. O. N. N., Indriani, C., & Sya’ban, A. R. (2022). Pemahaman Remaja dan Keluarga terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA di Kelurahan Kampung Salo. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(12), 1659–1665. https://dx.doi.org/10.56338/mppki.v5i12.3530
Rahmah, A. N. (2022). Efektivitas Penyuluhan Menggunakan Media Video Peragaan Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut Kepada Anak Remaja Awal Terhadap Tingkat Pengetahuan Kebersihangigi Dan Mulut. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.Skripsi (Online). http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/10345/. Diakses tanggal 05 Maret 2025
Romlah, S. N., Puspita, R. R., & Ratnasari, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare di MI Nurul Hidayah Tamansari Rumpin Bogor. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 2(1), 118–124. https://journals.poltekesbph.ac.id/index.php/pertiwi/article/view/24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Anggraeni, Mamlukah Mamlukah, Cecep Heriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Health Research Science published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0