Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa prasekolah

Authors

  • Yerika Elok Program Studi S1 Kebidanan, Politeknik Indonesia Banjarmasin
  • Nurul Wahdah Program Studi S1 Kebidanan, Politeknik Indonesia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i2.1365

Keywords:

Pola asuh, orangtua, perkembangan, bahasa, prasekolah

Abstract

Latar Belakang: Anak usia dini termasuk tahapan dimana anak tumbuh secara fisik dan psikis. Peran orang tua perlu memperhatikan pemberian nutrisi, kesehatan, dan pendidikan yang berkualitas untuk tumbuh kembang anak. Tujuan adanya hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Pra Sekolah di TK Bintang Desa Munjung Kabupaten Balangan.
Metode: penelitian ini yang digunakan adalah observasi analitik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang tua dan siswa, instrumen yang dipergunakan pada penelitian ini adalah kuesioner kepada orang tua dan mengukur perkembangan bahasa anak dengan menggunakan  Denver II.
Hasil: analisis univariat didapatkan responden yang menerapkan pola asuh otoriter berjumlah 11 orang, sebanyak 10 orang (55,6%), perkembangan Bahasa anak yang masuk dalam kategori normal sebanyak 16 orang (47%). Hasil uji Chi-square menunjukan adanya hubungan antara pola asuh orang tua siswa dengan perkembangan bahasa anak prasekolah dengan perhitungan OR 8,750 menunjukan responden yang menggunakan pola asuh otoriter lebih beresiko untuk mengalami perkembangan bahasa dengan suspect.
Kesimpulan: menunjukan adanya hubungan antara pola asuh orang tua siswa dengan perkembangan bahasa anak prasekolah.

References

Anthony, C. P., Setiawan, A., Surjono, E., & Wijaya, E. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Bahasa dan Bicara pada Anak Usia 18 – 72 Bulan di Era Pandemi dengan Denver secara Daring: Sebuah Studi Pendahuluan. Sari Pediatri, 25(1), 20. https://doi.org/10.14238/sp25.1.2023.20-6

Ayudiah Astuti, Isyos Sari Sembiring, Nita Indrayani, Nuriani Nuriani, Jumining Jumining, & Ratna Metasari. (2024). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Puskesmas Pegajahan Kec. Pegajahan Kab. Serdang Bedagai Tahun 2023. Protein : Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan., 2(1), 137–148. https://doi.org/10.61132/protein.v2i1.93

Bahri, K., Firmansyah, M., Lestari, S., Rahayu, I. L., Febriyanti, S. S., & Manisingsari, D. (2023). Penurunan Tekanan Darah dengan Teknik Relaksasi Otot Progresif pada Pasien Hipertensi di Desa Sumur Batu Bogor. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), 52–61. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.7999

Cahyanti, C. N., & Zulaikha, F. (2020). Hubungan Pengetahuan Orang Tua, Pola Asuh dan Status Gizi dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda. Borneo Student Research, 1(3), 2216–2223.

Doru, D. U. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK PUTRA HARAPAN DAN TK SARI ASIH I DEPOK SLEMAN. SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA.

Faramita Sambo, S., Dwi Sugesti, L., Novianti, S., Laia, M., & Laia, N. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Perkembangan Bahasa Dan Perkembangan Personal Sosial Balita Di Puskesmas Hilizalootano Kecamatan Mazino. Jidan (Jurnal Ilmiah Kebidanan), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.51771/jdn.v2i1.189

Firmansyah, R. S., & Zannati, D. D. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Personal Hygiene Pada Anak Usia Sekolah Di Sdn Dukuhbadag Kec. Cibingbin Kab. Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 13(02), 252–262. https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.661

Hidayati, A., Khasanah, N. N., & Wijayanti, K. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, September, 392–401.

Iwo, A., Sukmandari, N. M. A., & Prihandini, C. W. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Balita di Puskesmas Tampaksiring II. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.92

Khoiriyah, K., & Mandira, G. (2022). Pola Pengasuhan dalam Mengembangkan Bahasa Anak Prasekolah Ditinjau dari Pekerjaan Orang Tua. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 40–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/suloh.v7i1.28233

Lestari, T., Mustika, I., Ismayani, R. M., & Siliwangi, I. (2020). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12.

Permata, O. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 526–533. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i4.1436

Prasodjo, D. A. (2022). Perkembangan Sosial Anak Usia Pra Sekolah ( 4 – 6 Tahun ) Di Rabakti Islam Telang Program Studi Keperawatan Perkembangan Sosial Anak Usia Pra. STIKES NGUDIA HUSADA MADURA.

Purnomo, Y., Romli, L., & Nofalia, I. (2020). HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN RISIKO KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH (Di PAUD/RA Babussalam Kemuning Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.

Saraswati, D., Gustaman, R. A., & Hoeriyah, Y. A. (2021). Hubungan Status Ketahanan Pangan Rumah Tangga Dan Pola Asuh Terhadap Kejadian Stunting Pada Baduta. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 12(2), 226–237. https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i2.344

Wiyono, G. H., Hendriani, W., Yoenanto, N. H., & Paramita, P. P. (2024). Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak dengan Usia Golden Age. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 92–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1-2.282.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Elok, Y., & Wahdah, N. (2024). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa prasekolah. Journal of Health Research Science, 4(2), 304–310. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i2.1365
Abstract viewed = 170 times