Pengaruh edukasi kesehatan menggunakan board game terhadap pengetahuan dan sikap pemilahan sampah

Authors

  • Adhim Fahmarani Maulidina Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Wandi Wandi Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Moh Zainol Rachman Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i2.1222

Keywords:

Edukasi kesehatan, board game, pengetahuan, sikap, pemilahan sampah

Abstract

Latar Belakang: Pemahaman masyarakat tentang pengelolaan sampah dan risiko lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah masih sangat minim, terutama di kalangan anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan menggunakan board game terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang pemilahan sampah siswa sekolah dasar.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk one group pre-post. Sampel diambil menggunaan teknik total sampling sejumlah 49 responden.
Hasil: Sebelum menerapkan kurikulum permainan papan Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% dari mereka yang mengikuti survei kurang memiliki pemahaman yang cukup. Melanjutkan permainan papan setelah sekolah Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua responden memiliki pemahaman yang kuat. Terlihat bahwa sebagian besar peserta memiliki pandangan pesimis sebelum menerapkan instruksi permainan papan. Melanjutkan permainan papan setelah sekolah Menurut temuan, sebagian besar orang yang mengikuti survei memiliki pandangan optimis.
Kesimpulan: Permainan board game ular tangga dapat menjadi alternatif media belajar yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pemilahan sampah siswa sekolah dasar

References

Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(16650001), 85–99.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja grafindo persada, Jakarta, 3.

Jatmika, S. E. D., Jatmika, S. E. D., Maulana, M., KM, S., & Maulana, M. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan.

Kusmara, A. H., Badriah, D. L., Wahyuniar, L., & Mamlukah, M. (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku donor darah pada peserta didik kelas xii di pondok pesantren condong tasikmalaya 2022. Journal of Health Research Science, 3(01), 34–43. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i01.729

Lestari, I. C. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.

Ningtyas, S. I. (2023). Penggunaan board game sebagai media pembelajaran untuk melatih berpikir kreatif siswa. Research and Development Journal of Education, 9(2), 871–880.

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).

Permatasari, D., & Suprayitno, E. (2021). Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Remaja. Jurnal Empathy Pengabdian Kepada Masyarakat, 8–12.

Raharjo, D. C., & Santi, A. U. P. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pengelolaan Sampah Di Sekolah Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di SDN Batan Indah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9041

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., & Rahmawati, H. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49.

Sari, H. M. (2023). Pengembangan Media Board Game Cinta Nusantara untuk Meningkatkan Minat Belajar terhadap Mata Pelajaran PPKN Kelas X SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 264–275.

Setiani, G. A. K., Agustiana, I. G. A. T., & Puteri, D. A. (2022). Permainan Ular Tangga: Media Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 262–269.

Simatupang, M. M., Veronica, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah Dan 3R Di SDN Pondok Cina Depok. 1(01).

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., Fauziah, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2020). Pembiasaan pengelolaan sampah sebagai strategi pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49.

Suprayitno, E., & Wahid, A. (2019). Pendampingan Tentang Penyakit Hipertensi Dan Perawatan Keluarga Dengan Hipertensi. 3(1), 104–106.

Swamilaksita, P. D., Sari, I. P., & Ronitawati, P. (2021). Media ular tangga meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang keamanan makanan jajanan anak sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2), 138–143.

Widodo, S. T. M., & Hariyani, N. (2022). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Tentang Sampah di Sekolah Dasar Negeri Gungan Desa Wukirsari Cangkringan Sleman Yogyakarta. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5087–5091.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Maulidina, A. F., Wandi, W., & Rachman, M. Z. (2024). Pengaruh edukasi kesehatan menggunakan board game terhadap pengetahuan dan sikap pemilahan sampah. Journal of Health Research Science, 4(2), 232–239. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i2.1222
Abstract viewed = 74 times