Hubungan dimensi mutu layanan kesehatan dengan pemanfaatan kembali layanan rawat inap di UPTD Puskesmas Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i1.1063Keywords:
Dimensi mutu layanan, Pemanfaatan kembali layanan rawat inapAbstract
Latar Belakang: Indikator mutu layanan Puskesmas dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan diantaranya efektif, keselamatan, berorientasi pada pasien, tepat waktu, efisien, adil, terintegrasi. Jumlah pasien rawat inap pada tahun 2023 sampai bulan Juni mencapai 372 kunjungan. Tujuan Penelitian mengetahui hubungan dimensi mutu layanan kesehatan dengan pemanfaatan kembali layanan rawat inap di UPTD Puskesmas Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik dan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling, data dikumpulkan menggunakan observasi dan kuisioner.
Hasil: Dimensi mutu layanan efektif, keselamatan, berorientasi pada pasien, tepat waktu, efisien, adil, terintegrasi termasuk baik dan sebagian besar memanfaatkan kembali layanan rawat inap.
Kesimpulan: terdapat hubungan antara dimensi efektif, keselamatan, berorientasi pada pasien, tepat waktu, efisien, adil dan terintegrasi, dengan variabel dimensi berorientasi pada pasien sebagai variabel dominan yang berhubungan dengan pemanfaatan kembali layanan rawat inap.
References
Amri, Z. A., Indrawati, L., Sulistiyowati, Y., & Susanti, R. (2024). Hubungan Persepsi Pasien Terkait Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang di Rawat Jalan RSUP Persahabatan Tahun 2023. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 8(1), 33–43. https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/MARSI/article/download/4068/1677.
Azwar, A. (2015). Pengantar Administrasi Kebijakan Kesehatan. PT Bina Rupa Aksara.
Dayal, P., & Hort, K. (2015). Quality of Care: What are effective policy options for governments in low- and middle-income countries to improve and regulate the quality of ambulatory care? In Asia Pacific Observatory on Health Systems and Policies (Vol. 4, Issue 1).
Dinkes Jawa Barat. (2021). Jumlah Kunjungan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (Puskesmas) Berdasarkan Kategori Kunjungan di Jawa Barat. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-kunjungan-pasien-di-fasilitas-pelayanan-kesehatan-tingkat-pertama-puskesmas-berdasarkan-kategori-kunjungan-di-jawa-barat.
Dinkes Tasikmalaya. (2023). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023.
Dona, R., Fitriani, A. D., & Aini, N. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Surya Insani Pasir Pengaraian Riau Tahun 2019. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat, 4(2), 93–100. https://doi.org/10.34305/jnpe.v2i2.460.
Febryanto, B., & Gerung, J. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka. MIRACLE Journal of Public Health, 2(1), 56–63.
Jalias, S. J. F. D., & Idris, F. P. (2020). Pengaruh mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat kembali pasien melalui tingkat kepuasan di puskesmas tamalate makassar 2020. Journal of Muslim Community Health, 1(2).
Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2020. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 48, Issue 1). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Edisi kesebelas: Jilid I dan II. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Moonti, Mutia Agustiani. Muhammad Billy Armanda. Pengaruh pemberian rebusan daun kersen (Muntingia Calabura L.) terhadap penurunan Gula Darah Sewaktu (GDS) pada penderita diabetes melitus tipe 2 di Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 235–242. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.900.
Parasuraman. (2015). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. Jurnal of Marketing, 60. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.900.
Primaguna, M. R. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Layanan Rawat Inap di RSUD Kota Kendari. In Thesis (Vol. 11, Issue 1).
Setiawan, S. (2018). Loyalitas Pelanggan Jasa. IPB Press.
Sharma, B., & Jiwan, T. (2017). Impact of Nurses Emotional Intelligence & Self Compassion on Quality of Hospital Services at Selected Hospitals of Punjab. Journal in Management & Social Science.
Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2). https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645.
Syamsuar, Sudirman, & Moh. Andri. (2020). Studi Pengorganisasian terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Jurnal Kolaboratif Sains, 3(5). https://doi.org/10.56338/jks.v3i5.1722.
Ulfa, M., Aril, A. R., & Arman. (2021). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. Journal of Muslim Community Health, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Resta Mutiara Yudha, Rossi Suparman, Mamlukah Mamlukah, Lely Wahyuniar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Health Research Science published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0