PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENCEGAHAN HIV-AIDS DI SMK KORPRI MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i2.93Abstract
Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Majalengka setiap tahun meningkat, pada tahun 2001-2015 ada 114 kasus, terjadi peningkatan 153 kasus pada tahun 2017 menjadi 267 kasus. Salah satu pendekatan pendidikan kesehatan yang efektif pada remaja untuk mencegah maraknya kasus HIV/AIDS yaitu dengan metode Peer Education (pendidikan sebaya). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV-AIDS di SMK Korpri Majalengka. Penelitian ini menggunakan pre-experiment dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasinya adalah siswa kelas I di SMK Korpri jumlah sampel 83 siswa dengan teknik consecutive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji t-berpasangan. Hasil penelitian pengetahuan menunjukkan sebagian kecil (19,3%) remaja sebelum peer education berpengetahuan baik dan lebih dari setengahnya (61,4%) remaja sesudah peer education berpengetahuan baik. Hasil penelitian sikap menunjukkan kurang dari setengahnya (43,3%) sikap remaja sebelum peer education positif dan lebih dari setengahnya (55,4%) sikap remaja sesudah peer education positif. Terdapat pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang pencegahan HIV-AIDS . Pentingnya pihak sekolah untuk mengoptimalkan OSIS dengan mengadakan seminar, diskusi remaja dengan metode peer education di bawah bimbingan guru BK serta perlunya memanfaatkan mading untuk penyebarluasan informasi tentang pencegahan HIV/AIDS pada remaja.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0