Evaluasi Pelaksanaan Tiga Program Pokok Usaha Kesehatan Sekolah (Trias UKS) di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sleman, Yogyakarta Tahun 2016

  • Dara Puspita Lestari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta
  • Theresia Puspitawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta
  • Choirul Anwar Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta

Abstract

Kondisi kesehatan anak dengan disabilitas sangat kompleks, sehingga memerlukan pendekatan secara khusus dalam penanganannya. Mereka merupakan kelompok yang rentan, sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk  mengatasi  hal  tersebut.    Salah  satu  upaya  yang  dapat  dilakukan  yaitu  melalui  program  Usaha Kesehatan  Sekolah.  Namun,  pada  kenyataannya  SLB  merupakan  salah  satu  sasaran  UKS  yang  belum berjalan secara optimal. Sehingga apabila program UKS di SLB dapat diperbaiki, maka derajat kesehatan anak berkebutuhan khusus dapat meningkat.

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan tiga program pokok UKS di SLBN 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini penelitian kualitatif, dengan desain atau rancangan studi kasus. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah informan yang berkaitan dengan pelaksanaan TRIAS UKS di SLBN 1 Sleman Yogyakarta. Informan diambil menggunakan teknik penarikan sampel variasi maksimum (Maximum Variaton Sampling).

Hasil Penelitian adalah (1)Pendidikan kesehatan telah   dilaksanakan   dengan   dilaksanakanya   penyuluhan   kesehatan   dan   pelatihan   serta   pembinaan. (2)Pelayanan kesehatan telah dilaksanakan diantaranya pemeriksaan kesehatan, UKGS untuk pemeriksaan gigi saja, P3K dan P3P serta imunisasi. (3)Pembinaan lingkungan sekolah sehat telah dilaksanakan dengan melakukan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah, penataan halaman, melakukan penghijauan dan apotek hidup. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa aspek yang tidak sesuai dengan pedoman. Hal ini dipengaruhi beberapa hambatan yang terdiri dari SDM, Anggaran, Belum ada Petunjuk Teknis dan sarana serta prasarana yang belum lengkap. Dengan demikian Tiga program pokok UKS seluruhnya telah dilaksanakan oleh SLBN 1 Sleman, namun masih terdapat beberapa ketidaksesuaian dengan pedoman dikarenakan beberapa hambatan.

Published
2019-06-30