Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita tentang PHBS di Posyandu Suka Maju Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.796Keywords:
Pengetahuan, Sikap, PHBS, BookletAbstract
Latar Belakang: Edukasi gizi bertujuan untuk mengurangi masalah gizi yang ditargetkan pada pengetahuan dan sikap ibu balita yang berkaitan dengan pertumbuhan balita serta dengan pemenuhan gizi. Upaya yang perlu dilakukan yaitu dengan melaksanankan kegiatan pendidikan kesehatan untuk mendorong perilaku hidup sehat, salah satunya dengan memberikan edukasi menggunakan media booklet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi melalui media booklet terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita di Posyandu Suka Maju Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.
Metode: Desain penelitan yang digunakan Quasi Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita sebanyak 25 orang, pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling.
Hasil: Sampel sebagian besar berusia 22-33 tahun, 36 % tamat SMA/sederajat, dan 76% sebagai ibu rumah tangga. Untuk balita 52 % berusia 19-36 bulan dan 56% berjenis kelamin laki-laki. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mc-Nemar.
Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi menggunakan booklet terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Downloads
References
Dahlia, P., & Jesno, A. P. (2022). Program Saga (Sahabat Keluarga) : Komik PHBS. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://www.ojs.unhaj.ac.id/index.php/jukeshum/article/view/314
Dina, R., & Rina, W. (2020). Efektivitas Penyuluhan Dengan Media Promosi Leaflet. CV. Literasi Nusantara Abadi. http://repository.stikesrspadgs.ac.id/511/2/Full_Efektivitas_Penyuluhan_dengan_Media_Promosi_Leaflet.pdf
Endang, S. (2021). Sikap Para Ibu Siswa Sekolah Paud Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Rumah Tangga. Jurnal Sosial Humaniora, 12(2).
Kadiyono, & Harding. (2019). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Berwawasan Lingkungan Pada Siswa Sd Desa Cipacing Dan Cilayung – Jatinangor. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(4).
Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian kesehatan. Cetakan ketiga. Rineka Cipta.
Nurmaningsih, & Naelasari, D. N. (2022). Edukai PHBS di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Pariyem. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Geneng. Jurnal Cakra Medika, 10(1).
Regina, S. W. (2021). Peranan Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19. Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya.
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Septyan. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi COVID-2019. Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 2(12).
Veni, M., & Sintia. (2021). Pengetahuan Dan Sikap Ibu Rumah Tangga Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Desa Palamaki Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi. Jurnal Pustaka Katulistiwa, 2(2).
Wati, & Ridlo. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoseph Segapangamianu, Sugiyanto Sugiyanto, Normila Normila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0