Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita tentang PHBS di Posyandu Suka Maju Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang

Authors

  • Yoseph Segapangamianu Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Palangka Raya
  • Sugiyanto Sugiyanto Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Palangka Raya
  • Normila Normila Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.796

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, PHBS, Booklet

Abstract

Latar Belakang: Edukasi gizi bertujuan untuk mengurangi masalah gizi yang ditargetkan pada pengetahuan dan sikap ibu balita yang berkaitan dengan pertumbuhan balita serta dengan pemenuhan gizi. Upaya yang perlu dilakukan yaitu dengan melaksanankan kegiatan pendidikan kesehatan untuk mendorong perilaku hidup sehat, salah satunya dengan memberikan edukasi menggunakan media booklet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi melalui media booklet terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita di Posyandu Suka Maju Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.

Metode: Desain penelitan yang digunakan Quasi Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita sebanyak 25 orang, pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling.

Hasil: Sampel sebagian besar berusia  22-33 tahun, 36 % tamat SMA/sederajat, dan 76% sebagai ibu rumah tangga. Untuk balita 52 % berusia 19-36 bulan dan 56% berjenis kelamin laki-laki. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mc-Nemar.

Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi menggunakan booklet terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahlia, P., & Jesno, A. P. (2022). Program Saga (Sahabat Keluarga) : Komik PHBS. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://www.ojs.unhaj.ac.id/index.php/jukeshum/article/view/314

Dina, R., & Rina, W. (2020). Efektivitas Penyuluhan Dengan Media Promosi Leaflet. CV. Literasi Nusantara Abadi. http://repository.stikesrspadgs.ac.id/511/2/Full_Efektivitas_Penyuluhan_dengan_Media_Promosi_Leaflet.pdf

Endang, S. (2021). Sikap Para Ibu Siswa Sekolah Paud Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Rumah Tangga. Jurnal Sosial Humaniora, 12(2).

Kadiyono, & Harding. (2019). Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Berwawasan Lingkungan Pada Siswa Sd Desa Cipacing Dan Cilayung – Jatinangor. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(4).

Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian kesehatan. Cetakan ketiga. Rineka Cipta.

Nurmaningsih, & Naelasari, D. N. (2022). Edukai PHBS di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pariyem. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Geneng. Jurnal Cakra Medika, 10(1).

Regina, S. W. (2021). Peranan Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19. Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya.

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Septyan. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi COVID-2019. Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 2(12).

Veni, M., & Sintia. (2021). Pengetahuan Dan Sikap Ibu Rumah Tangga Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Desa Palamaki Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi. Jurnal Pustaka Katulistiwa, 2(2).

Wati, & Ridlo. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes.

Downloads

Published

01-12-2023

How to Cite

Segapangamianu, Y., Sugiyanto, S., & Normila, N. (2023). Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita tentang PHBS di Posyandu Suka Maju Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(02), 346–351. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.796
Abstract viewed = 49 times