Persepsi Klien BPJS Tentang Caring Perawat di Sebuah Rumah Sakit

Authors

  • Maryana Maryana STIKES Citra Delima Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.77

Keywords:

BPJS, Persepsi Klien, Perilaku Caring, Perawat Pelaksana

Abstract

Perilaku caring belum diaplikasikan dengan optimal dalam pelayanan keperawatan. Citra perawat di mata sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini belum terbangun dengan baik. Masyarakat mempersepsikan perawat professional apabila perawat memiliki etik dan caring dalam pelayanan keperawatan. Penelitian ini bertujuan teridentifikasi berbagai perilaku caring perawat pelaksanana di ruang rawat inap. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan adalah pasien yang dirawat inap berjumlah 10 partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Waktu penelitian dilakukan pada 11 Mei s.d 20 Juli 2017. Penelitian ini menemukan 5 lima tema proses caring perawat yaitu maintaining belief, knowing, being with, doing for, dan enabling. Perlunya upaya mempertahankan dan meningkatkan perilaku caring perawat melalui tiga pendekatan yang meliputi pendekatan individu dalam bentuk diskusi refleksi kasus, pendekatan organisasi melalui supervisi dan monitoring evaluasi serta pendekatan leadership dengan menciptakan iklim motivasi di lingkungan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

30-06-2019

How to Cite

Maryana, M. (2019). Persepsi Klien BPJS Tentang Caring Perawat di Sebuah Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.77
Abstract viewed = 743 times