Persepsi Klien BPJS Tentang Caring Perawat di Sebuah Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.77Keywords:
BPJS, Persepsi Klien, Perilaku Caring, Perawat PelaksanaAbstract
Perilaku caring belum diaplikasikan dengan optimal dalam pelayanan keperawatan. Citra perawat di mata sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini belum terbangun dengan baik. Masyarakat mempersepsikan perawat professional apabila perawat memiliki etik dan caring dalam pelayanan keperawatan. Penelitian ini bertujuan teridentifikasi berbagai perilaku caring perawat pelaksanana di ruang rawat inap. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan adalah pasien yang dirawat inap berjumlah 10 partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Waktu penelitian dilakukan pada 11 Mei s.d 20 Juli 2017. Penelitian ini menemukan 5 lima tema proses caring perawat yaitu maintaining belief, knowing, being with, doing for, dan enabling. Perlunya upaya mempertahankan dan meningkatkan perilaku caring perawat melalui tiga pendekatan yang meliputi pendekatan individu dalam bentuk diskusi refleksi kasus, pendekatan organisasi melalui supervisi dan monitoring evaluasi serta pendekatan leadership dengan menciptakan iklim motivasi di lingkungan keperawatan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0