Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan ketersediaan layanan telemedicine di Rumah Sakit se-Kabupaten Kuningan 2022

Authors

  • Mira Eka Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Dewi Laelatul Badriah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mamlukah Mamlukah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Esty Febriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.747

Keywords:

Telemedicine, Pelayanan Kesehatan

Abstract

-

Latar Belakang: Data penggunaan Telemedicine mulai dari data internasional sampai dengan tingkat provinsi mengalami peningkatan akan tetapi berbeda dengan data yang ada di Kabupaten Kuningan, Rumah Sakit yang pernah menggunakan layanan telemedicine adalah 83% dan yang belum pernah menggunakan layanan telemedicine adalah 17%.

Metode: Jenis Penelitian menggunakan Mix Method dengan desain Sequential Explanatory. Variabel yang diteliti terdiri dari sarana dan prasarana, biaya, teknologi informasi dan sumber daya manusia. Dengan jumlah populasi sebanyak dua belas Rumah Sakit, diperoleh sampel dengan cara Cluster Sampling yaitu sebanyak empat Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Kuningan. Instrumen pada penelitian ini secara kuantitatif menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data adalah Rank Spearman dan instrumen penelitian secara kualitatif yaitu menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis menggunakan triangulasi sumber dari beberapa informan yaitu informan utama, informan kunci, informan pendukung .

Hasil: Hasil Penelitian Kuantitatif diperoleh sarana dan prasarana  dengan nilai signifikan p= 0,029, Biaya dan SDM dengan nilai signifikan p= 0,030 dan Teknologi Informasi dengan nilai signifikan p= 0,044 dan untuk hasil kualitatif sarana dan prasarana sudah terdapat telekonsultasi. Biaya belum dapat mencukupi sarana dan prasarana telemedicine teknologi informasi membutuhkan pengembangan dan SDM hanya membutuhkan instruksi dari pimpinan.

Kesimpulan: Faktor sarana dan prasarana, biaya, teknologi informasi dan sumber daya manusia berhubungan signifikan dengan ketersediaan layanan telemedicine di Rumah Sakit Se-Kabupaten Kuningan 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Lintang, L. P. (2018). Mendesain dan melaksanakan mixed methods research (Edisi 2). Jokjakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyanti, S. E. (2017). Kajian Tekno-Ekonomi Pada Telehealth di Indonesia. . Jurnal Buletin Pos Dan Telekomunikasi.

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Pelanggan Telepon Indonesia menurut Jenis Penyelenggaraan Jaringan 2019-2021. Jakarta: https://www.bps.go.id/indicator/2/983/1/jumlah-pelanggan-telepon-indonesia-menurut-jenis-penyelenggaraan-jaringan.html. Diakses tanggal 21 Juli 2022.

DISKOMINFO, J. (2022). Jumlah Pengguna PIKOBAR. Jawa Barat: https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-pengguna-pikobar-berdasarkan-jenis-sistem-operasi-di-jawa-barat diakses tanggal 6 Juli 2022.

Hamson, z. (2021). Konsep Teknologi Informasi dan Peranannya dalam Komunikasi Kesehatan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Indria, D. a. ( 2020). Clinicians erceptions of a Telemedicine System: a Mixed Method Study of Makassar City, Indonesia. Journal BMC Medical Informatics and Decision Making. Vol. 20 (233).

Lubis, Z. I. (2020). Analisis Kualitatif Penggunaan Telemedicine sebagai Solusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia pada Masa Pandemik . Physiotherapy and Health Science.

Mann, D. C. (2020). COVID-19 mengubah perawatan kesehatan melalui telemedicine. Journal of the American Medical Informatics Association, 1132-1135.

Purnama Dewi, D. a. (2019). Manajemen Sumber Daya. Tangerang Selatan: Upam Press.

Riyanto, A. (2021). ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Telemedicine (Systematic Review). Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI).

Setiyawan, F. E. (2015). Sistem Pembiayaan Kesehatan. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga, 119-125.

Zayapragassarazan, Z. a. (2016). ‘Awareness, knowledge, attitude and skills of telemedicine among health professional faculty working in teaching hospitals’,. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 10(3).

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Eka Puspita, M., Badriah, D. L. ., Mamlukah, M., & Febriani, E. (2023). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan ketersediaan layanan telemedicine di Rumah Sakit se-Kabupaten Kuningan 2022: . Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 155–161. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.747
Abstract viewed = 379 times