Analisis penerimaan SIMRS menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) di RS Hermina Arcamanik Bandung

Authors

  • Laela Anggraeni Husnaeni Politeknik Piksi Ganesha
  • Ai Susi Susanti Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.731

Keywords:

Technology Acceptance Model, Penerimaan SIMRS, Penerimaan teknologi informasi, kebermanfaatan dan kemudahan

Abstract

Latar Belakang: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIMRS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat, akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sekarang ini menjadi salah satu sarana pendukung yang tentunya memiliki peran penting bagi Rumah sakit agar mampu memberikan pelayanan terbaiknya.

Metode: Pengukuran Penerimaan Petugas  Terhadap Penggunaan SIMRS dilakukan dengan metode TAM (Technology Acceptance Model) . Yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana sikap pengguna terhadap penggunaan SIMRS menggunakan metode TAM, sehingga presepsi pegawai dapat diketahui. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data terhadap 30 pegawai RS Hermina Arcamanik.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan penerimaan pegawai terhadap SIMRS memiliki peran positif pada 3 variabel TAM, yaitu persepsi kemudahan pengguna 86.76%, persepsi kebermanfaatan 86.19%, dan penerimaan teknologi 84.19%.

Kesimpulan: Variabel kemudahan pengguna (PEU) yang memiliki nilai persentase 86,76% yang termasuk kedalam kategori sangat setuju sehingga dapat dinyatakan bahwa SIMRS memberikan kemudahan pada pegawai. Variabel kebermanfaatan (POU) dengan nilai persentase 86,19% dapat dinyatakan bahwa pegawai sangat setuju SIMRS berguna dalam pengelolaan manajemen. Pada variabel penerimaan (AOI) yang memiliki nilai persentase 84,19% dapat dinyatakan bahwa pegawai sangat setuju dalam menggunakan SIMRS dan dapat diterima dengan baik.

Saran: : Hal ini menunjukan bahwa pengembang SIMRS dapat berfokus untuk meningkatkan pengembangan pada variabel penerimaan aplikasi SIMRS karena nilai variabel persentasenya yang lebih kecil dibanding nilai variabel lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Huda, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(3), 332–338. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i3.884

Hidayat, T., & Canta, D. S. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode TAM. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 472. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4088

Irma, A., & Yusuf, M. (2020). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai. JURNAL MANAJEMEN, 12(2), 253–258. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Kesehatan, M. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Kesehatan, M. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit.

Lenaini, I., & Artikel, R. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling Info Artikel Abstrak. 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Nyoman Kutha Krisnawijaya, N., & Ayu Agung Pradnya Dewi, I. G. (2019). Evaluasi Penerapan Undiknas Mobile: Analisis Technology Acceptance Model.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Ratna Wardani, R. W., Muhammad, I. N., Abidin, A. Z., & Setiawan, D. (2022). Optimalisasi SIMRS Dalam Pendaftaran Pasien Online Di Rsud Slg Kediri. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(3), 93–97. https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5343

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. 4(4).

Rumah Sakit Hermina. (2023). Website Rumah Sakit Hermina. https://herminahospitals.com/

Setiawan Hendyca Putra, D., & Kurniawati, R. (2019). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) di Rumah Sakit X. In Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan (Vol. 1, Issue 1).

Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440

Topan, M., Wowor, H. F., & Najoan, X. B. N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Berbasis Web Studi Kasus : Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi.

Yani, R. S., Imelda Bella Treysha, & Avantie Sukarsa. (2022). Brand Image Indicator on Vivo Smartphone Purchasing Decisions in Pamulang University Students, Faculty of Economics and Business, Management Study Program. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 319–328. https://doi.org/10.55927/ministal.v1i4.2012

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Husnaeni, L. A., & Susanti, A. S. (2023). Analisis penerimaan SIMRS menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) di RS Hermina Arcamanik Bandung. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 107–116. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.731
Abstract viewed = 876 times