Implementasi antenatal care terpadu sebagai upaya deteksi dini anemia pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Buaran

Authors

  • Himatul Khoeroh Akademi Kebidanan KH Putra
  • Hafsah Hafsah Akademi Kebidanan KH Putra

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.683

Keywords:

Antenatal Care, Deteksi Dini, Anemia, Ibu Hamil

Abstract

Latar Belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan masalah serius yang perlu diatasi salah satunya melalui pelayanan Antenatal Care (ANC) yang dilakukan secara terintegrasi. ANC yang dilakukan secara teratur dapat mendeteksi lebih awal kondisi kehamilan yang berisiko tinggi seperti anemia, sehingga intervensi dapat segera dilakukan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membuat standar pelayanan kehamilan terpadu (ANC), yaitu ibu melakukan kunjungan ANC minimal 6 kali selama kehamilannya.

Metode: Informan awal ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi terhadap 5 informan awal yang terdiri dari bidan koordinator, tenaga gizi kesehatan, bidan desa dan kader serta ibu hamil trimester III yang mengalami anemia. Satu informan triangulasi yaitu Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan pada unsur input sudah cukup baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendanaan sudah terintegrasi, hanya sarana prasarana USG dan ceklis belum terfasilitasi. Pada unsur proses, program terlaksana dengan baik yaitu pelayanan ANC sudah menggunakan standar 10 T, hanya belum ada koordinasi jemput bola di desa yg jaraknya jauh untuk pengadaan pelayanan di desa tersebut secara kerjasama lintas sektoral. Pada unsur output, cakupan pelayanan ANC di puskesmas buaran di angka 85% dengan prevalensi anemia 65 kasus.

Saran: Diharapkan pelayanan kesehatan agar dapat melaksanakan layanan Antenatal Care dengan 10 standar sempurna terutama memperhatikan tahap temu wicara yaitu memberikan konseling dengan menggunakan media terstandar agar proses konseling efektif dan searah sesuai dengan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, M. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Depok Raja grafinda Persida.

Calista, et al 2020. Analisis Daya Dukung Pelayanan Antenatal Terpadu di Puskesmas Tlogosari Wetan Kota Semarang. Departemen Administrasi Publik. Fakultas Ilmu sosial dan politik. Universitas Diponegoro.

Febriana, 2020. Faktor yang Menghambat pelayanan Preventif dan Promotif di Puskesmas. Artikel Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Huwaida, 2021 Analisis Koordinasi Antara Sektor dalam Proses Pembangunan Kesehatan di Indonesia. Artikel Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Kemenkes RI, 2020. Rencana Aksi Program Sekretariat Jenderal Tahun 2020-2024. Jakarta. Kenkes RI.

Kemenkes RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 31 Januari 2023 dari http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil kesehatanindonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-tahun-2017.pdf

Kemenkes RI. 2018. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan (ANC) di Fasilitas Kesehatan.

Khoeroh, 2021. Pelaksanaan Antenatal Care (ANC) Terpadu pada ibu hamil Di Dukuh Igir PandanDesa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa. 3 (3).

Meleong, 2017 Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke 36. Bandung : PT Remaja RosdakaryaOffset.

Mitra, 2021. Standar Kuantitas Antenatal Caredan Sosial Budaya dengan Risiko Anemia pada Kehamilan. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 12(1).

Nanda, 2017.Hubungan Kunjungan Antenatal Care dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Majority. 7 (1).

Nurwijayanti dkk, 2021. Studi Analisis Status Gizi Dan Kepatuhan Antenatal Care (ANC) Terhadap Anemia Pada Ibu Hamil. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan Vol 5, (1).

Margirizki, 2019. Analisa Program Tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil di Kota Bogor. Jurnal Media Gisi Kesmas. 8 (1).

Rahmadaniati 2019. Analisis Implementasi Program Pelayanan Antenatal Terpadu pada Ibu Hamil dengan Kekurangan Energi Kronis dan Anemia di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 8(4)

Rosmalina, 2015. Konseling dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Orasi. 6 (1)

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Khoeroh, H., & Hafsah, H. (2023). Implementasi antenatal care terpadu sebagai upaya deteksi dini anemia pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Buaran. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 127–132. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.683
Abstract viewed = 236 times