Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan perilaku pemberian imunisasi dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Sukabumi

Authors

  • Tri Utami Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Burhanuddin Basri Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.669

Keywords:

Pengetahuan, Perilaku, Imunisasi

Abstract

Latar Belakang : Imunisasi merupakan salah satu strategi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan derajat kesehatan nasional dengan mencegah enam penyakit mematikan, yaitu : tuberculosis, dipteri, pertusis, campak, tetanus dan polio. Upaya mengurangi tingkat morbiditas dan mortalitas pada anak salah satunya dengan pemberian imunisasi. Beberapa alasan bayi tidak mendapatkan imunisasi lengkap yaitu karena alasan informasi, motivasi dan situasi. Alasan informasi berupa kurangnya pengetahuan ibu tentang kebutuhan, kelengkapan dan jadwal imunisasi, ketakutan akan imunisasi dan adanya persepsi salah yang beredar di masyarakat tentang imunisasi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan perilaku pemberian imunisasi dasar bayi di wilayah kerja Puskesmas Sukabumi.

Metode : Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis pendekatan cross-sectional. Subyek penelitian ini sebanyak 81 responden sesuai degan kriteria inklusi dan criteria ekslusi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Hasil Penelitian :Berdasarkan hasil analisis  yang  telah dilakukan dengan menggunakan uji chi-square terhadap 81 responden diperoleh nilai p value = 0,000 dimana nilai p lebih kecil dari α = 0.05.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara  tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan perilaku pemberian imunisasi dasar di wilayah kerja puskesmas sukabumi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A,. Anwar, Prabu., Mangkunegara. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad, R., M. Hakimi, D. Ismail, (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Hepatitis B 0-7 Hari di Kota Banjarmasin.

Alimul, A. (2009). Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data, Salemba Medika, Jakarta.

Anik Maryunani, (2010). Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan, Jakarta: CV.Trans Info Media.

Anjani, Evi. (2015). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pentavalein di Desa Puntukrejo Karanganyar”.

Arifin, (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pentingnya Imunisasi Dasar dengan Kepatuhan Melaksanakan Imunisasi di BPS Hj. Umi Salamah di desa Kauman, Peterongan, Jombang, tahun 2011. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/viewFile/169/116.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrtianzah, D. Dan A. Margawati. (2011). Hubungan Antara tingkat Pengetahuan Ibu, Status Tingkat Sosial Ekonomi dengan Status Imunisasi Dasar Lengkap pada Balita. (http://eprmts.undip.ac.id/32936/l/Delan.pdf, Diakses tanggal 8 Januari 2015).

Astuti, Puji., Indah. (2014). Hubungan Persepsi dan Perilaku Ibu Terhadap Imunisasi Tambahan Pada Bayi (Usia 2 Bulan-12 Bulan) Dengan Kejadian Pneumonia.

Cahyono, S B., (2010). Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran.Yogyakarta : Kanisius.

Chandra, Budiman. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : EGC

Citra, Hadi., Kurniati. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dengan Kelengkapan Imunisasi Pada Bayi di Klegenwonosari, Klirong Kebumen.

Departemen Kesehatan R.I. (2005). Modul Pelatihan Tenaga Pelaksana Imunisasi Puskesmas. Jakarta : Depkes RI.

Dewi ,A.P., Eryati D., Edison., (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi di Kelurahan Parupuk Tabing Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(2):114-118.

Dharma, Kusuma., Kelana. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta, Trans InfoMedia.

Dian, Listiani, Eka, (2010). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dengan Perilaku Pemberian Imunisasi Dasar di Desa Kumpulrejo Patebon Kendal. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan., (2013). Profil Kesehatan Kabupaten Magetan. Magetan: Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur., (2013). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2012. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Hastono, Sutanto. (2007). Analisa Data Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hengki, Markus. (2017). Hubungan Persepsi Perawat Terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Kinerja Perawat Pelaksana di RS PKU Muhammadiyah Bantul. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Josiman A. (2012). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dengan Status Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi di Wilayah kerja Puskesmas Depok (skripsi).Yogyakarta.

Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI. Profil kesehatan Indonesia tahun 2012. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2013.

Komisi Etik Penelitian Kesehatan Badan Litbangkes. (2007). Pedoman operasional komisi etik penelitian kesehatan (PO KEPK). Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Lisnawati, L., (2011). Generasi Sehat Melalui Imunisasi, Trans Info Media, Jakarta.

Mardalis. (2014). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mentri Kesehatan RI. (2010). Keputusan Mentri Kesehatan RI No.482. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (.2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu perilaku: Rineka cipta

Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan: panduan, skripsi, tesis dan instrumen penelitian keperawatan. Edisi I. Jakarta : Salemba medika.

Nursalam. (2011). Metodologi penelitian: pendekatan praktis (edisi 3). Jakarta: Salemba Medika.

Prayogo, A., dkk. (2009). Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Anak Usia 1-5 tahun. Sari Pediatri. 11 (1). (http://saripediatri.idai.or.id/pdfile/lM-3.pdf,Diakses 21 Januari 2015).

Proverawati, A., Andhini, DS. (2010). Imunisasi dan Vaksinasi. Numed: Yogyakarta.

Putri, Dwiastuti. (2012). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi BCG di Wilayah Puskesmas UPT Cimanggis Kota Depok tahun 2012.

Ranuh dkk. ( 2011). Buku Imunisasi di Indonesia. Jakarta : Satgas Imunisasi IDAI.

Ridjab, D.A., (2015). Modifikasi Gaya Hidup dan Tekanan Darah. Majalah Kedokteran Indonesia. Volum:57. Nomor: 5.

Riyanto, Dwi Agung (2013). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Imunisasi Dasar Dengan Perilaku Pelaksanaan Imunisasi Dasar Pada Balita Di Kampung Cantilan Kelurahan Kagungan Kecamatan Kasemen Kota Serang. Serang.

Sastroasmoro, S., dan Ismael, S. (2010). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Binarupa Aksara : Jakarta.

Setiadi. (2007). Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Watson, R., McKenna, H.., Cowman, S., Keady, J. (2008). Nursing Research : Desain and Methods.USA : Elseiver.

World Health Organization. (2009). Guidline : Sodium Intake For Adults And Children. Geneva: WHO.

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Utami, T., & Basri, B. (2023). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan perilaku pemberian imunisasi dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Sukabumi: . Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 68–76. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.669
Abstract viewed = 976 times