HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN UJI KOMPETENSI BERBASIS EXIT EXAM DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MELANJUTKAN PENDIDIKAN PROFESI NERS PADA MAHASISWA SEMESTER VII STIKES KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.662Keywords:
Exit exam, Kecemasan, Kepercayaan diriAbstract
Ners merupakan seorang tenaga ahli kesehatan yang telah mengikuti pendidikan akademik dan profesi serta memiliki izin praktik untuk memberikan asuhan keperawatan profesional yang diharuskan untuk memiliki kewajiban atas kepemilikan registasi perawat yaitu (STR), syarat memiliki STR yaitu mengikuti uji komptensi profesi keperawatan dan dinyatakan lulus atau kompeten. Fenomena ini dapat memunculkan perasaan khawatir, takut, tegang, dan kecemasan karena takut tidak lulus dalam uji kompetensi dan tidak bisa bekerja apabila belum memiliki STR. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu hubungan antara kepercayaan diri mahasiswa dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi uji kompetensi ners bebasis exit exam pada mahasiswa program profesi ners STIKes Kuningan Tahun 2021.
Jenis penelitian ini menggunakna teknik penelitian Analitik Kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa semester VII yang bersedia menjadi responden yaitu sebanyak 69 responden, dengan menggunakan total sampling. Data analisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji stastistik Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat kecemasan menghadapi uji kompetensi ners berbasis exit exam yaitu sebanyak 55 responden (79,7%), begitupun pada kepercayaan diri sebagian besar responden percaya diri dalam melanjutkan penidikan profesi ners yaitu sebanyak 59 responden (85,5%). Berdasarkan hasil uji statistic didapatkan P value 0,416, artinya tidak hubungan antara tingkat kecemasan uji kompetensi ners bebasis exit exam dengan kepecayaan diri melanjutkan pendidikan profesi ners pada mahasiswa semester VII STIKes Kuningan. Disarankan penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bermanfaat tentang pentingnya memiliki kompetensi dan kepercayaan diri yang baik dalam pelaksanakan praktik klinik mahasiswa, untuk mencegah terjadinya kecemasan yang tinggi dalam uji kompetensi ners berbasis exit exam.
References
Akbar, D. (2013). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156– 168.
Angellim, C., Satiadarma, M. P., & Subroto, U. (2020). Gambaran Kecemasan Evaluatif Pada Mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni. https://doi.org/Https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.7536.2021
Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131. https://doi.org/Https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752
Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Berbasis Computer Based Test. MEDISAINS, 16(2), 67. https://doi.org/Https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522
Budiman, A. (2006). Kebebasan, negara, dan pembangunan. Alvabet. https://books.google.co.id/books?id=gGPnJKMU5hwC&printsec=frontcover&hl=id#v=o%0Anepage&q&f=false
Buhari, B., Widiawati, S., & Ellijayanti, A. (2020). Ubungan Peran Preceptor Dan Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Dengan Kecemasan Dalam Pembelajaran Praktik Klinik Di Rumah Sakit. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 5(1). https://doi.org/Https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.303
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. 9(1), 46. https://doi.org/Https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739
Fitria, R., Serudji, J., & Evareny, L. (2019). Persiapan Uji Kompetensi Bidan Sebagai Exit exam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(1), 195. https://doi.org/Https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.590
Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/Https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749
Hartina, A., Tahir, T., Nurdin, N., & Djafar, M. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia (Ukni) Di Regional Sulawesi. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 2(2), 65. https://doi.org/Https://doi.org/10.32419/jppni.v2i2.84
Hayat, A. (2017). Kecemasan Dan Metode Pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1). https://doi.org/Https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i1.301
Iqbal, M. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Stres Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Situasi Tenaga Keperawatan Indonesia. In Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.
Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian (Alih Bahasa: D.H Gulo) (Cet 13). Bumi Aksara.
Lungguh Perceka, A. (2018). Hubungan Perencanaan Dan Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Motivasi Kerja Perawat Di RS Pameungpeuk Garut Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 4(1), 59–65.
Malfasari, E., Devita, Y., & Erlin, F., F. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124–131.
Malisa, N. (2020). Pengaruh Bimbingan Uji Kompetensi Online Terhadap Hasil Try Out Lokal Uji Kompetensi Mahasiswa Akper Rs. Dustira. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), 56–61. https://doi.org/Https://doi.org/10.35974/jsk.v6i1.2337
Mildawani, T. . (2014). Membangun Kepercayaan Diri. Lestari Kiranatama.
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.
Natu, N. N. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ujian Kompetensi D.Iii Keperawatan Pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang Prodi Keperawatan Waingapu. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 6(2), 328–335. https://doi.org/Https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3176.
Palingrungi, B., Kadar, K. S., & Sjattar, E. L. (2021). Faktor Prediktor Kelulusan Ujian Kompetensi Ners Indonesia: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal Of Nursing), 7(1), 97–106. https://doi.org/Https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.704
Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454
Saputra, B. D. (2019). Pengetahuan Dan Kompetensi Dosen Dalam Pengembangan Uji Objective Structured Clinical Examination (Osce) Program Studi D3 Keperawatan. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 107–118. https://doi.org/Https://doi.org/10.36746/jka.v12i2.54
Serliana, S. (2021). Tindak Tutur Persuasif Bahasa Makassar di Kabupaten Jeneponto. Universitas Hasanuddin.
Setyowati, M., Dwiantoro, L., & Warsito, B. E. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial Perawat Terhadap Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(1), 61. https://doi.org/Https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.61-68
Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sosial Politik, 4(2), 49. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979
Sukirno, S. (1994). Pengantar Teori Ekonomi Makro. Raja Grafindo Persada.
Sultan, S., & Thane, S. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Beban Kerja Perawat. Pelaksansa Terhadap Kinerja Perawat Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura. The Journal Of Business And Management Research, 1(2), 93–100. http://jurnal.uniyap.ac.id/jurnal/index.php/pasca/article/view/455
Sumarmi, S., & Rostini, D. (2019). Manajemen Pembelajaran, Kompetensi Lulusan Implementasi Manajemen Pembelajaran Untuk Mempersiapkan Uji Kompetensi. Nusantara Education Revie.
Zulfiana, A., Aryani, F., & Jufri, M. (2020). The Effect Of Reframing Technique On Self-Awareness On Learning Of The 7th Grade Students. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 01–08. https://doi.org/Https://doi.org/10.26858/jppk.v6i2.13882
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan dengan Journal of Health Services setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Journal of Health Services hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Journal of Health Services.