HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN DUKUHBADAG KEC. CIBINGBIN KAB. KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.661Keywords:
Pola Asuh, Personal hygiene, AnakAbstract
Pola asuh merupakan salah satu aspek penting dalam hubungan orangtua dan anak yang dilakukan orangtua kepada anak, di keluargalah seorang anak memperoleh bimbingan dan pendidikan dari orangtua. Pada anak usia sekolah ini masih membutuhkan pengawasan dari orang terdekat untuk melakukan personal hygiene.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku personal hygiene pada anak usia sekolah di SDN Dukuhbadag Kec. Cibingbin Kab. Kuningan.
Jenis penelitian ini merupakan observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Populasinya anak usia sekolah di SDN Dukuhbadag. Pengambilan sampel dilakukan teknik stratified random sampling sebanyak 68 sampel. Data penelitian diambil melalui kuesioner. Uji korelasi menggunakan chi square.
Hasil penelitian menunjukkan (80,9%) responden dalam kategori pola asuh Demokratis,dengan personal hygiene nya baik (67,3%),dan personal hygiene nya cukup (32,7%). (16,2%) responden dalam kategori pola asuh Otoriter dengan personal hygiene nya baik (90,9%), dan personal hygiene nya cukup (9,1%). (2,9%) responden dalam kategori pola asuh Permisif dengan personal hygiene cukup (100%). Hasil uji chi square nilai p value = 0,030 < 0,05.
Terdapat hubungan antara variabel pola asuh dengan perilaku personal hygiene pada anak usia sekolah. Orangtua harus meningkatkan sikap positif dalam mendidik dan menerapkan pola asuh yang sesuai dengan perkembangan usia anak dan pihak sekolah pendidikan dan promosi kesehatan memberikan informasi terkait dengan pola asuh dan personal hygiene.
Downloads
References
Alimul H, A. (2006). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Salemba Medika.
Baumrind, D. (1991). The Influence Of Parenting Style On Adolesence Competence And Substance. Journal of Early Adolesence.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rodakarya.
Dhanang. (2017). Gambaran Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Dasar Yang Tinggal Di Sekitar TPA Ngronggo Salatiga.
Erikson, E. H. (1963). Youth: Change and challenge. Basic books.
Hafiizh. (2017). Gambaran Pola Asuh Ibu pada Anak Usia Sekolah Dasar dengan Retardasi Mental Di SD Negeri Luar Biasa Semarang.
Hartono, B. (1997). Melatih Anak Percaya Diri. Gunung Mulia.
Hurlock, & Elizabeth, B. (1996). Perkembangan Anak (Jilid 2 Ed). Erlangga.
KBBI. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. http:/pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/
Perry & Potter. (2010). Fundamental keperawatan ((ed.7vol.2). Salemba Medika.
Pribadi, S. (1991). Filsafah Kehidupan Berkeluarga.
Purnomo, A. (2006). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah. Yrama Widya.
Shochib, M. (2010). Pola asuh orang tua. Rineka Cipta.
Soekirman. (2000). Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Wahyuning, W., & Dkk. (2003). Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. PT. Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0