HUBUNGAN ANTARA KINERJA KADER DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN POSYANDU DI DESA SUSUKAN KECAMATAN CIPICUNG KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022

Authors

  • Indrayani Indrayani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Nadia Amalia Sholeha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Bella Oktavia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Icca Stella Amalia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.592

Keywords:

Kinerja kader, kepuasan pelayanan, posyandu

Abstract

Jumlah Kader di Indonesia sebanyak 569.477 kader (Kemenkes RI, 2021), sedangkan Jumlah Kader Posyandu di Provinsi Jawa Barat sebanyak 158.399 kader, dari jumlah itu hanya 115.680 kader aktif, dan sisanya 42.719 kader pasif (Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, 2021). Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan (2021), jumlah kader posyandu sebanyak 8.205 kader, dari jumlah itu hanya 7.538 kader aktif dan sisanya 667 kader pasif . Berdasarkan data UPTD Puskesmas Cipicung, jumlah kader posyandu di Kecamatan Cipicung sebanyak 313 kader, dari jumlah itu hanya 246 kader aktif dan 67 kader pasif, dengan masing-masing posyandu 20 kader. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kinerja kader dengan tingkat kepuasan posyandu di Desa Susukan Kecamatan Cipicung.

Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 363 orang, dan sampel sebanyak 190 sampel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kinerja kader posyandu, variabel terikat adalah kepuasan pelayanan posyandu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji chi square.

Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara kinerja kader dengan tingkat kepuasan pelayanan posyandu di Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan Tahun 2022 dengan nilai (p value = 0,002).

Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja kader dengan tingkat kepuasan pelayanan posyandu di Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan tahun 2022.

Evaluasi terhadap kinerja kader posyandu secara berkala mengenai kepuasan pengguna posyandu sehingga diketahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan posyandu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dana, I. N. (2006). Upaya Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Melalui Analisis Faktor Stakeholder Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Denpasar Timur I Kota Denpasar. Universitas Airlangga.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. (2020). Profil Kesehatan Kuningan. Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Kuningan 2021. Kesehatan Kabupaten Kuningan.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Hafifah, N. (2020). Peran Posyandu Dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu Dan Anak Di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor (The Role Of Posyandu In Improving Mother And Child Quality Health In Sukawening Village Communities , Bogor District ). 2(5), 893–900.

Irawan, B. (2019). “Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.”

Ismawati. (2018). Posyandu & Desa Siaga : Panduan Untuk Bidan & Kader. Muhu Medika.

Joeharno, & Burhanuddin, G. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.

Kemenkes Ri. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018.

Kemenkes Ri. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Https://Pusdatin. Kemkes. Go. Id/Resources/Download/Pusdatin/Profil-Kesehatan-Indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020. Pdf.

Muhajiddah, S. P. (2019). Hubungan Pelayanan Posyandu Lansia Dengan Tingkat Kepuasan Lansia Di Wilayah Kerja Parigi Kecamatan Parigi.

Parinduri. (2009). Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Dalam Pemenuhan Pelaksanaan Personal Hygiene Oleh Perawat Di Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan.

Tjiptono, F. (2008). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset.

Tristanti, I. (2018). “Kinerja Kader Kesehatan Dalam Pelaksanaan Posyandu Di Kabupaten Kudus.” Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 9(2), 192–199.

Uptd Puskesmas Cipicung. (2021). Rencana Strategis 2019- 2023.

Widiastuti, A. (2007). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kader Dalam Kegiatan Posyandu Di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2006. Dalam Karya Ilmiah Akhir Pada Program Strata, 1.

Downloads

Published

01-12-2022

How to Cite

Indrayani, I., Sholeha, N. A. ., Oktavia, B. ., & Amalia, I. S. . (2022). HUBUNGAN ANTARA KINERJA KADER DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN POSYANDU DI DESA SUSUKAN KECAMATAN CIPICUNG KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2022. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 13(02), 220–229. https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.592
Abstract viewed = 422 times