Implementasi Keperawatan Islami Perawat Pelaksana Terhadap Pasien Safety di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Tahun 2017

Authors

  • Rahmat Rahmat Program Studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v9i1.57

Keywords:

Keperawatan Islami, Patient Safety, pelayanan Islami, Pelatihan

Abstract

Islam telah mengajarkan tentang pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan komprehensif baik bio-psiko-sosio-kultural maupun spritual yang ditujukan kepada individu maupun masyarakat, dengan pemikiran yang hipotetik tentang pelayanan kesehatan yang Islami dapat mewujudkan pelayanan prima di rumahsakit-rumahsakit Islam. Patien safety telah menjadi isu dunia yang perlu mendapat perhatian bagi sistem pelayanan kesehatan. Patien safety merupakan prinsip dasar dari pelayanan kesehatan yang memandang bahwa keselamatan merupakan hak bagi setiap pasien dalam menerima pelayanan kesehatan.
Metode: jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan adalah pretest-posttest with control group design fase, dengan 60 sample yang dibagi dua kelompok yang satu sebagai kelompok kontrol dan satu sebagai kelompok intervensi. Hasil: tahap pertama: untuk melihat penerapan patien safety oleh perawat pelaksana di 4 ruangan. Tahap ke dua penerapan modul keperawatan islami terhadap kelompok intervensi, tahap ke 3 akan ada pengaruh modul pelayanan islami terhadap patien safety.uji statistic didapat hahwa Sig 0,000 < 0,05 ada perbedaan yang signifikan pelaksanaan patien safety sesudah dilakukan intervensi pada kelompok intervensi. Uji general linier model menunjukkan ada beda kelompok intervensi pre-test dan post-test secara umum tidak ada perbedaan pencapaian patien safety antar kedua kelompok. Hasil tes tidak ada perbedaan rata rata selisih skor pencapaian kompetensi antar keempat pengukuran yaitu p=0,230(P<?): hasil uji statistic didapat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

11-10-2018

How to Cite

Rahmat, R. (2018). Implementasi Keperawatan Islami Perawat Pelaksana Terhadap Pasien Safety di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 9(1), 8–17. https://doi.org/10.34305/jikbh.v9i1.57
Abstract viewed = 3189 times