PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN KADER POSYANDU REMAJA DI KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Ai Nurasiah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Fera Riswidautami Herwandar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Sumardiyono Sumardiyono Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.560

Keywords:

Problem based learning, Pengetahuan, Kader

Abstract

Kompleksnya permasalahan kesehatan yang terjadi pada remaja disebabkan karena terjadi perubahan pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dan dinamis meliputi aspek fisik, emosi, perilaku dan sosial. Dengan demikian perlu adanya penanganan yang komprehensif dan terintegrasi yang melibatkan semua unsur untuk memandirikan remaja yaitu dengan posyandu remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap pengetahuan kader posyandu remaja. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest – Posttest. Sampel dalam penelitian ini dengan total sampling seluruh kader posyandu di Desa Bayuning yang berjumlah 30 orang. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis univariat didapatkan sebagian besar pengetahuan remaja sebelum diberikan pelatihan memiliki pengetahuan baik yaitu 56,7%, dan setelah diberikan pelatihan seluruh responden memiliki pengetahuan baik (100%). Hasil uji statistik dengan menggunakan paired sample t–test didapatkan nilai p=0,000 dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan kader posyandu remaja terhadap pengetahuan kader tentang pengelolaan posyandu remaja. Diharapkan kader posyandu bisa menjalankan posyandu remaja dengan rutin dan meningkatkan derajat kesehatan kader remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahlussunnah, Y. S. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Afektif Biologi Siswa Kelas Vii Mtsn Pakan Rabaa Tahun Pelajaran 2014. Jurnal Ilmu Pendidikan. Ojs.Stkip-Ahlussunnah.Ac.Id

Dwi, & Ismarwati. (2016). Ibm Posyandu Remaja. Stikes Aisiyah Jogyakarta. Diunduh Tanggal 11 Juni 2018.

Fitri, F., & Restusari, L. (2019). Penyegaran Kader Posyandu Dalam Pengukuran Antropometri Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Pekanbaru.

Kemenkes, R. (2018). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja.

Mudyawati, K., Nurhidayat, T., Nurqalbi, S., Sumarni, & Minarti, A. M. R. (2020). Reinforcing Factor Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja Sma Favorit Di Kota Padang. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), 116–126.

Nenen. (2017). Gawat! Kasus Narkoba Di Kuningan Sudah Zona Merah – Radarcirebon.Com.

Notoatmodjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nurma, A. E., & Astrika, F. (2016). Pengaruh Penyuluhan Tentang Posyandu Terhadap Pengetahuan Kader Di Wilayah Puskesmas Colomadu I Dan Ii Kabupaten Karanganyar. Jurnal Placentrum, 59–66.

Rahman, F., Syahadatina, M., Aprillisya, R., & Afika, H. (2015). Kajian Budaya Remaja Pelaku Pernikahan Dini Di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin, 11(2), 108–117.

Rostinah, Laksmi Widajanti, L. R. K. W. (2015). Evaluasi Manajemen Pelatihan Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Di Puskesmas Paruga Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, Vol. 3 No.(03), 212–221.

Syakban Nurrahman, F., Armiyati, Y., & Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan, F. (N.D.). Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Optimalisasi Status Kesehatan Remaja Melalui Pelatihaan Kader Remaja Peduli Kesehatan.

Triyanti, M., Widagdo, L., Magister Promosi Kesehatan, A., & Promosi Kesehatan Universitas Diponegoro Semarang Abstrak, M. (2017). Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kader Pemantauan Tumbuh Kembang Balita Di Posyandu Dengan Metode Bbm Dan Mind Mapping (Mm). In Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia (Vol. 12, Issue 2).

Tyas Permatasari, Dodik Berawan, S. M. (2018). Efektifitas Program Suplementasi Zat Besi Pada Remaja Putri Di Kota Bogor. Jurnal Mkmi, Vol.14 No.1.

Downloads

Published

01-12-2022

How to Cite

Nurasiah, A., Herwandar, F. R. ., & Sumardiyono, S. (2022). PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN KADER POSYANDU REMAJA DI KABUPATEN KUNINGAN. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 13(02), 126–134. https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.560
Abstract viewed = 182 times