HUBUNGAN KETERPAPARAN IKLAN ROKOK TERHADAP PREFERENSI MEREK ROKOK YANG DISUKAI ANAK

Authors

  • Wahyu Gito Putro Yayasan Lentera Anak
  • Nahla Jovial Nisa Yayasan Lentera Anak
  • Lisda Sundari Yayasan Lentera Anak
  • Mouhamad Bigwanto Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA)
  • Widyastuti Soerojo Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA)
  • Daniel Beltsazar Jacob Yayasan Lentera Anak

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i1.408

Keywords:

Iklan, Perilaku Anak, Merokok

Abstract

Indonesia dikenal di seluruh dunia sebagai ‘Baby Smoker Country’ dan ‘Marlboro Country’ karena merupakan surga bagi industri tembakau untuk mempromosikan produknya, terutama kepada anak-anak. Sebanyak 85% sekolah di Indonesia dikelilingi oleh iklan rokok dan hal ini mempengaruhi perilaku merokok pada anak. Saat ini banyak data yang menunjukkan bahwa anak-anak terpapar iklan rokok, namun belum ada data terkait merek rokok tertentu yang disukai oleh anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang merek yang dikonsumsi oleh anak-anak dan untuk mengetahui hubungan lebih lanjut antara iklan rokok dengan konsumsinya pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Penelitian dilakukan terhadap 533 responden dari berbagai kabupaten dan kota di Indonesia. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Global Youth Tobacco Survey dan National Youth Tobacco Survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek rokok yang paling disukai oleh responden berasal dari merek luar negeri (53,86%) yaitu PT. HM Sampoerna (51%) dan PT. BAT (3%); Iklan rokok yang paling berkesan datang dari merek asing, yaitu PT. HM Sampoerna (40%) dan PT. BAT (10,63%). Analisis statistik lebih lanjut menunjukkan bahwa ada hubungan antara iklan rokok dan merek rokok yang paling disukai anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

09-06-2022

How to Cite

Putro, W. G., Nisa, N. J., Sundari, L., Bigwanto, M., Soerojo, W., & Jacob, D. B. (2022). HUBUNGAN KETERPAPARAN IKLAN ROKOK TERHADAP PREFERENSI MEREK ROKOK YANG DISUKAI ANAK. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 13(01), 75–83. https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i1.408
Abstract viewed = 400 times