HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI DI DESA SRIDADI PUSKESMAS SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

Authors

  • Suci Utami STIKes Brebes
  • Uli Ulpa AKBID YPBHK Brebes

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i1.258

Keywords:

Karakteristik, Pengetahuan, Imunisasi Dasar Lengkap

Abstract

Menurut WHO tejadinya kekurangan gizi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu terpapar penyakit, infeksi, dan asupan makanan yang secara langsung berpengaruh terhadap kekurangan gizi. Salah satu kegiatan Preventif untuk anak adalah imunisasi. Pemberian imunisasi merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap serangan penyakit pada bayi karena system kekebalan tubuhnya lemah. Sementara pola asuh dan pengetahuan sang ibu juga sangat di pengaruhi olaeh beberapa faktor salah satunya karakteristik ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu dengan tingkat pengetahuan tentang Imunisasi dasar lengkap pada bayi di Desa Sridadi Wilayah Kerja Puskesmas Sirampog Kabupaten Brebes Tahun 2019.

 

Jenis penelitian yang dilakukan adalah analitik. Dengan rancangan penelitian korelasional. Sebagai populasi penelitian adalah ibu yang mempunyai bayi usia 1 tahun yaitu sebanyak 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dengan analisis data secara univariat dan bivariat kemudian dianalisa dengan uji statistik Pearson Product Moment.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar lengkap berdasarkan karakteristik, umur, paritas, pendidikan dan pendapatan keluarga adalah baik yaitu sebanyak 13 orang ( 46,4 % ). Berdasarkan hasil uji statistik Pearson Product Moment diperoleh bahwa tidak ada hubungan antara umur dan paritas dengan tingkat tingkat pengetahuan ibu menyusui mengenai imunisasi dasar lengkap. Hasil uji statistik Person Product Moment menunjukan ada hubungan antara pendidikan dan pendapatan keluarga dengan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar lengkap. Diharapkan petugas Puskesmas dapat meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya program imunisasi secara tepat sesuai dengan umur dan jadwal imunisasi bayi.

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Utami, S., & Ulpa, U. (2021). HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI DI DESA SRIDADI PUSKESMAS SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 12(1), 80–89. https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i1.258