Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media video dan booklet terhadap pengetahuan ibu baduta dalam pencegahan stunting
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1455Keywords:
Penyuluhan kesehatan, media video, booklet, pengetahuan, sikap ibuAbstract
Latar Belakang: Stunting merupakan salah satu masalah gizi yang dialami oleh balita di dunia saat ini. Kecamatan Argapura termasuk salah satu Kecamatan yang masuk dalam lokus stunting karena prevalensi stuntingnya mengalami kenaikan dari tahun 2021 yang hanya 2,38 % menjadi 13,4 % di tahun 2022 atau 280 orang dibandingkan dengan kecamatan yang dekat yaitu Kecamatan Maja dengan prevalensi stunting 1,68% atau 58 kasus.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Sebanyak 108 responden diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data dengan univariat, bivariat menggunakan paired sample t tes dan multivariat menggunakan regresi logistik berganda.
Hasil: Penyuluhan dengan kombinasi media video dan booklet lebih efektif dibandingkan hanya media video atau booklet saja dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu baduta tentang pencegahan stunting.. Perbedaan ini signifikan, ditunjukkan oleh p value 0,000 (sikap) dengan mean diference 9,250 dan 0,000 (pengetahuan) dengan mean diference 1,417.
Kesimpulan: Peningkatan pengetahuan dan sikap ibu baduta dalam pencegahan stunting dengan menggunakan kombinasi media video dan media booklet terbukti signifikan.
Downloads
References
Alif, I. S. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Gizi Seimbang Dalam Menangani Kasus Stunting (Studi Komunikasi Kesehatan Di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare)= Balanced Nutrition Persuasive Communication Strategy In Handling Stunting Cases (Study. Universitas Hasanuddin.
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel belajar (kompilasi konsep). Pusdikra MJ.
Anzalna, D. (2022). Pengembangan Video Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Fiber Optic Untuk Peserta Didik Kelas Xi Teknik Komputer Jaringan.
Aulia, L., & Hasibuan, N. F. A. (2023). Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 42–48.
Brihandono, A. J. (2023). Produksi Media Company Profile Mengenai Produk Dan Layanan PT. Taspen (Persero) KCU Semarang Terhadap Peserta Aparatur Sipil Negara Dan Pejabat Negara. Universitas Diponegoro.
Data Data Profil Seksi Kesga Gizi (2022).
Eka, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif Berbasis Media Sosial Tiktok Pada Materi Fungsi Dan Unsur Warna CMYK DAN RGB Untuk Siswa SMK TKJ.
Faiqoh, E. (2021). Efektivitas penggunaan media booklet dibandingkan dengan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan variasi menu MP-ASI pada ibu balita. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Fazrin, I., Anggraeni, S., Saputro, H., & Yalestyarini, E. A. (2021). Edukasi gizi, tumbuh kembang, pijat anak menggunakan metode demonstrasi audiovisual pada kader masa pandemi Covid19 (monograf). Strada Press.
Harahap, S. G., Lestari, P. B., Thobias, I. A., Febsi, Y., & Pratomo, H. (2021). Uji Coba Lapangan Terkait Nasehat Perjalanan (WHO) dalam Travelling selama Pandemi Covid-19. Jurnal Health Sains, 2(10), 1365–1375.
Kemenkes. (2020). Profil Kesehatan Indonesia (Vol. 48, Issue 1). https://doi.org/10.1524/itit.2006.48.1.6
Kemenkes. (2022, July 22). Gizi Seimbang Ibu Hamil. Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/View_artikel/405/Gizi-Seimbang-Ibu-Hamil.
Kemenkes RI. (2017). Buku Saku Pemantauan Status Gizi Tahun 2017. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kurniatin, L. F. (2022). Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Booklet Pendampingan 1000 Hari Pertama Kehidupan terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dalam Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.32922/jkp.v10i1.458
Lestari, T. A., Jamaluddin, J., & Pahmi, S. (2023). Identifikasi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar di SMA Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2071–2077.
Maritasari, D. Y., & Putri, D. U. P. (2021). Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Pedoman Gizi Seimbang dalam Mencegah Masalah Gizi pada Balita. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 234–241.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan media audio visual berbasis video pembelajaran pada siswa kelas iv di sdn cengklong 3. Pandawa, 3(2), 396–418.
Nurhayati, P., Hartiningsih, S. N., & Isnaeni, Y. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video, Demonstrasi, Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Sadari Pada Remaja Puteri. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 12(1), 106–111.
Nurmalasari, A., Hidayati, S., & Prasetyowati, S. (2021). Pengaruh penyuluhan menggunakan media phantom gigi terhadap perilaku siswa tentang cara menggosok gigi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2(3), 416–424.
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan booklet inventarisasi tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 11–21.
Purba, C. A. P. (2020). Literature Review: Efektivitas Penyuluhan Menggunakan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).
Rachmawati, D. A. (2023). Promosi Kesehatan. Ilmu Kesehatan Masyarakat, 19, 14.
Rahim, B. (2023). Media pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Romadlona, N. A., Katmawanti, S., Paramita, F., Ratih, S. P., Ramadhani, E. M., & Nashih, N. F. (2023). Gizi Seimbang Remaja. PT LIMAJARI INDONESIA.
Rukmana, A. Y., Zebua, R. S. Y., Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., & Setiawan, Z. (2023). Dunia Multimedia: Pengenalan dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Suhendra, S. (2023). Studi Efektifitas Dan Dampak Konvergensi Media Di Kantor Berita Antara Sumatera Selatan: Indonesia. Jurnal Studia Komunika, 6(1), 25–34.
Triana, T., & Purwanto, E. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Duta Abdimas, 3(1), 26–31.
Waliulu, Y. S., Marasabessy, N. B., Rejo, Yuniarti, T., Sudiadnyana, I. W., & Indarwati. (2024). Komunikasi Kesehatan. CV Rey Media Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tika Apriliyantini Rahmawati, Mamlukah Mamlukah, Dwi Nastiti Iswarawanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0