Analisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien pelayanan rawat jalan di Puskesmas

Authors

  • Haerul Gumilar Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Dewi Laelatul Badriah Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Dwi Nastiti Iswarawanti Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Husada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1451

Keywords:

Kepuasan pasien, pelayanan rawat jalan, Puskesmas, fasilitas kesehatan, kesehatan

Abstract

Latar Belakang: Puskesmas menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan terdepan yang bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia, berdasarkan hasil survei didapatkan data bahwa lebih dari 80% pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh instansi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan di Puskesmas Kalijaga Permai Kota Cirebon 2023.
Metode: Penelitian ini dilaksanakan di UPT Puskesmas Kalijaga Permai menggunakan rancangan korelasional. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 133 orang. Analisis data menggunakan chi square.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis data bahwa yang terdapat hubungan dengan kepuasan pasien pasien pada pelayanan rawat jalan di Puskesmas Kalijaga Permai Kota Cirebon 2023 adalah faktor pendidikan (0,000) dan intensitas kunjungan (0,000). Sedangkan analisis multivariat ini juga dapat terlihat bahwa faktor yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien pasien pada pelayanan rawat jalan di Puskesmas Kalijaga Permai Kota Cirebon 2023 adalah faktor Pendidikan (7,515).
Kesimpulan: Pendidikan merupakan faktor yang paling dominan memililiki keterkaitan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kalijaga Permai Kota Cirebon 2023

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2020). Hubungan waktu tunggu pendaftaran dengan kepuasan pasien di tempat pendaftaran pasien rawat jalan di puskesmas perawatan satui. Skripsi. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Anggraeni, D., & Kurniawan, P. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Kota Batam. Scientia Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1–8.

Anjayati, S. (2021). Review Artikel: Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Menggunakan metode Servqual. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i1.7

Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O., & Hadianor, H. (2019). Hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas muara laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2). https://10.20527/jpkmi.v6i2.7457.

Ariyanti, S., Ilmy, S. K., Tinungki, Y. L., Yanti, N. P. E. D., Juwariyah, S., Waras, N. G. T., Pradiptha, I. D. A. G. F., Mustika, I. W., Sudiantara, K., & Lating, Z. (2023). Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Asad, M. A., & Lukman, L. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Rappang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 8(3), 190–197. https://doi.org/10.55678/prj.v8i3.296.

Buulolo, E., Simamora, P. R. T., & Pinem, S. H. (2023). Peranan Komunikasi Antar Pribadi Perawat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Aramokabupaten Nias Selatan. Jurnal Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 7(2), 98–109. http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v7i2.3932.

Cahyono, A. D. (2021). (Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas: The Role Of Development Of Performance Management Of Health Administration On Improving The Quality Of Heal. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81.

Hafidzah, F., Lubis, P. A., Sihombing, S. K., & Purba, S. H. (2024). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Pelayanan Kesehatan Di Kota Medan. Jurnal Inovasi Kesehatan Adaptif, 6(6).

Hasanah, N., Handayani, T., & Ulan, M. N. (2024). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSU Permata Hati Way Jepara Lampung. Scientific Journal of Nursing and Health, 2(1), 49–55.

Hikmah, N. (2020). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar. Kaaffah Learning Center.

Jamil, S. N. A., Sandra, L., Sutrisno, E., Purnamasari, S., Mardiyah, U., Fitriani, E., Saiya, H. G., Nurhayati, A., & Kamarudin, A. P. (2021). Ekologi Pangan dan Gizi Masyarakat. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Kemenkes. (2021). Pedoman Tata Kelola Mutu di Puskesmas. KEmenkes RI.

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327.

Maghribi, M. (2023). Nursing Telehealth Nursing Telehealth (Sistem Informatika Keperawatan): Systematic Literature Review: Systematic Literature Review. Jurnal Keperawatan, 17(1), 10–18. https://doi.org/10.36568/nersbaya.v17i1.54.

Munawwaroh, A. I., & Indrawati, F. (2022). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan dalam pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Lerep. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(3), 268–277.

Nuriyanto, A. (2020). Perkesmas: Aplikasi Keperawatan Profesional di Puskesmas. Gmb-Indonesia.

Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik, 1 (2014).

Putra, E. R. K. (2024). Informed consent Pada Pasien Sectio Caesarea dengan Metode Enhanced Recovery After Caesarean Sectio (ERACS). Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO), 6(02), 516–530.

Putri, A. O. P., & Vrikalora, R. R. W. (2023). Persepsi Masyarakat Miskin Terhadap Pelayanan Puskesmas Wiyung Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 1644–1665.

Ramdhanni, D. K., & Wibowo, I. (2024). Studi Kualitatif Deksriptif Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Melong Asih. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9900–9913.

Rasu, S., & Langingi, A. R. C. (2024). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3320–3331.

RI, K. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879), 2004–2006.

Rohani, R., Veradilla, V., & Kusyani, I. (2022). Edukasi pelayanan antenatal care pada masa pandemi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 410–413.

Rustifani, Y., Rumana, N. A., & Anggraini, M. (2015). Bagian Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rsud Tulehu Januari 2015. Inohim, 3(1), 1–8.

Saffanah, H. N., Setiawati, S., Oyoh, O., Rohayani, L., & Inayah, I. (2023). Hubungan Karakteristik Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Puskesmas Cimareme Berdasarkan Persepsi Pasien. Journal Healthcare Education, 1(2), 12–17.

Sangkot, H. S., Latifah, U., Hastuti Suryandari, E. S. D., & Wijaya, A. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Rs X Kota Madiun. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(2), 141–147. https://doi.org/10.14710/jmki.10.2.2022.141-147

Setiawan, B. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruangan IGD Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Setyawan, E. A., Faiza, N. N., Prabowo, A. T., Adnan, H. A., Semartiana, N. S., & Setyawan, B. S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi PERISAI (Pelaporan Mandiri Saat Isolasi) untuk Orang dalam Pemantauan Covid-19. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 95–111. https://doi.org/10.37396/jsc.v3i2.62.

Sinaga, A. M., & Naibaho, D. (2024). Psikologi Perkembangan: Menganalisis Perkembangan Masyarakat Karo Dari Fase Anak-anak Hingga Lansia. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 260–269. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1319.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Gumilar, H., Badriah, D. L., & Iswarawanti, D. N. (2024). Analisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien pelayanan rawat jalan di Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 15(02), 542–551. https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1451
Abstract viewed = 136 times