Pengaruh BUKARIN (buku edukasi oral hygiene) terhadap pengetahuan oral hygiene dan keterampilan menyikat gigi anak
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1292Keywords:
BUKARIN, pengetahuan oral hygiene, keterampilan menyikat gigi, kesehatan gigi dan mulut, pendidikan kesehatanAbstract
Latar Belakang: Usia 6-12 tahun merupakan masa transisi gigi desidui ke gigi permanen, masa ini rentan terjadi permasalahan gigi dan mulut. Upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyikat gigi dapat dilakukan dengan pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BUKARIN terhadap pengetahuan oral hygiene dan keterampilan menyikat gigi anak.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik total sampling dengan responden 44 anak kelas 3 SDN 1 Teluk. Pengambilan data dengan instrumen kuisioner, lembar observasi dan BUKARIN. Analisis data dengan uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil uji Wilcoxon pengetahuan oral hygiene didapatkan nilai p-value 0,000 (p-value < 0,05) dan hasil uji Wilcoxon keterampilan menyikat gigi nilai p-value 0,000 (p-value < 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan oral hygiene dan keterampilan menyikat gigi anak antara sebelum dan sesudah diberikan BUKARIN.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh BUKARIN terhadap pengetahuan oral hygiene dan keterampilan menyikat gigi anak.
Downloads
References
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Fatawa Publishing. https://www.academia.edu/download/65071226/Media_Pembelajaran_Efektif.pdf.
Dinkes Banyumas. (2022). Profil kesehatan Kabupaten Banyumas tahun 2022. http://dinkes.banyumaskab.go.id/.
Harsismanto J, Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan media video dan poster terhadap pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan penyakit diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.31539/jka.v1i1.747.
Hutami, A. R., Dewi, N. M., Setiawan, N. R., Putri, N. A., & Kaswindarti, S. (2019). Penerapan permainan molegi (monopoli puzzle kesehatan gigi) sebagai media esukasi kesehatan gigi dan mulut siswa SD Negeri 1 Bumi. S al Azhar Indonesia, 1(2), 72–77. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JPM/article/view/341.
Kemenkes. (2018). Laporan nasional Riskesdas 2018. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/.
Lestari, P. D., Larasati, R., & Edi, I. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menggosok gigi anak pra-sekolah. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 4, 138–149.
http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/index.
Mustofa, B. H., Purwanti, S., & Indria, D. M. (2022). Pengaruh edukasi buku ilustrasi terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku higiene diri serta PHBS Santri di Ponpes. Jurnal Kedokteran Komunitas, 10(2), 1–9. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jkkfk/article/view/18045.
Namira, H. M., Hatta, I., & Sari, G. D. (2021). Hubungan pengetahuam, sikap dan tindakan kesehatan gigi dan mulut terhadap tingkat kerusakan gigi pada siswa SMP. Jurnal Kedokteran Gigi, 5(1), 47–51. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/dnt/article/view/3234/2503.
Nurhalisah, A. R., Hidayati, S., & Isnanto. (2023). Pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 4(3), 1–16. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/index.
Pudentiana, Purnama, T., Tauchid, S. N., & Prihatiningsih, N. (2021). Knowledge of oral and dental health impacts the oral hygiene index simplified (OHI-S) of primary school children. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(4), 2179–2183. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v15i4.17030.
Putri, N. O., & Anggraeni, A. D. (2022). Pengaruh media buku dongeng terhadap pengetahuan oralhygiene anak usia sekolah kelas 2. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(1), 29–35. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jika/article/view/1181/671.
Saccomanno, S., Luca, M. De, Saran, S., Petricca, M. T., Caramaschi, E., Mastrapasqua, R. F., Messina, G., & Gallusi, G. (2023). The importance of promoting oral health in schools: a pilot study. European Journal of Translational Myology, 33(1), 1–7. https://doi.org/10.4081/ejtm.2023.11158.
Sari, M. R., Siahaan, S. M., Putriwijaya, F. D., & Sumarjiansyah, N. A. (2023). Keterampilan teknik menyikat gigi metode fone’s pada anak melalui penyuluhan video edukasi. Journal of Oral Health Care, 11(1), 36–42. https://doi.org/10.29238/ohc.v11i1.1813.
Sirat, N. M., Supariani, N. N. D., Senjaya, A. A., & Aprilia, N. L. R. (2023). Hubungan tingkat pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan keterampilan menyikat gigi pada Puskesmas II Denpasar Barat tahun 2023. Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), 10(2), 84–93. https://ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JKG.
Soelaiman, D. A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Bandar Publishing. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/778/1/Filsafat_Ilmu_Pengetahuan_Perspektif_Barat_dan_Islam.pdf.
Widiyanita, R. (2021). Pengaruh media video animasi tentang kesehatan gigi terhadap kemampuan menggosok gigi pada anak pra sekolah. Repository Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://repository.ump.ac.id/10771/.
Widjanarko, L. S., Hadi, S., & Marjianto, A. (2022). Perbedaan keterampilan menyikat gigi dengan menggunakan media (dental pop-up book) siswa SDI An-Nur Surabaya. Indonesian Journal of Health and Medical, 2(3), 244–256. http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm.
Wulandari, U. N., & Linggardini, K. (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 955–962. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12986.
Yuniarly, E., Amalia, R., & Haryani, W. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut anak sekolah dasar. Journal of Oral Health Care, 7(1), 1–8. http://www.e-journal.poltekkesjogja.ac.id/index.php/JGM/article/view/339.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lela Restiningsih, Atika Dhiah Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0