Faktor-faktor yang berhubungan dengan preferensi kunjungan di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1195Keywords:
Preferensi kunjungan, pasien rawat jalan, persepsi pasien, Rumah SakitAbstract
Latar Belakang: Preferensi masyarakat dalam memilih rumah sakit sangat bervariasi, berbeda-beda dalam pilihannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Besar sampel adalah 123 pasien menggunakan metode probability sampling dan teknik sampling proportional stratified random sampling. Analisa bivariat menggunakan uji Chi Square dan uji Fisher (Fisher Exact Test).
Hasil: Terdapat hubungan antara persepsi pasien mengenai machine (p-value = 0,014) dan persepsi pasien mengenai market (p-value = 0,009) dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok. Namun tidak ada hubungan antara persepsi pasien tentang man (p-value = 0,141), persepsi pasien tentang money (p-value = 0,252), persepsi pasien tentang method (p-value = 0,288), persepsi pasien material (p-value = 0,561) dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok.
Kesimpulan: Ada hubungan signifikan antara persepsi pasien terhadap machine dan market dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok.
Downloads
References
Basri, B, E. al. (2021). Hubungan Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Kartu BPJS di Ruang Rawat inap RSUD Sekarwangi Sukabumi. Health Science Journal, 12. https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i1.249
Bayuwana, Y. A. (2020). Gambaran Dimensi Pengalaman Pasien Berdasarkan Importance Performance Analysis (Ipa) Di Instalasi Rawat Inap Rsup Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar Tahun 2020. Skripsi, 1–70.
Dian, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) (Studi Pada Peserta Prolanis Penderita Hipertensi di Puskesmas Salopa Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2018).Thesis, 8–28.
Hapsari, Y. (2016). Analisis Persepsi Pasien Tentang Poliklinik Umum Terhadap Keputusan Pemanfaatan Ulangnya Di RS Pantiwilasa" Citarum" Semarang PhD Thesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro..
Kemenkes RI. (2022). Profil kesehatan indonesia 2022.
Kurnia et al. (2017). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Masyarakat Usia Produktif (15-64 Tahun) Di Posbindu PTM Puri Praja Wilayah Kerja Puskesmas Mulyoharjo,Pemalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 955.
Manurung, W. (2016). Perancangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas C Non-pendidikan Berbasis Low Cost di Kota Tanjungbalai Tema : Low Energy. Rsud Berbasis Low Cost, sistem pada rumah sakit, 10–129 PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Meidella, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Talu Kecamatan Talu PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nisrina, N., Aulia, D., & Andayani, L. (2020). Hubungan Strategi Pemasaran Dengan Preferensi Pasien Poliklinik Anak di Rumah Sakit X Medan. Jurnal Kesmas Jambi, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.22437/jkmj.v4i1.8938
Peraturan Pemerintah RI Nomor 47, R. I. (2016). PP Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Fasilitas Pelayanan Kesehatan, 101, 1–2.
Poernomo, D. I. S. H. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Rs Baptis Kediri.
Rahman, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak An Nisa Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 3(1), 1–9.
Ramli, M. (2022). Preferensi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Memilih Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Di Puskesmas Kassi-Kassi. Predestination: Journal of Society and Culture, 2(2).
Riswan. (2013). Faktor Determinan yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2013. 53(9), 1689–1699.
Sanjaya, W. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi. Health Science Journal, 14(2), 215–225. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906
Simanjuntak, E., & Wati Oktavin Sirait, L. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Missfile Di Bagian Penyimpanan Berkas Rekam Medis Rumah Sakit Mitra Medika Medan Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(1), 370–379. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i1.51
Vatriscia, I. (2021). Faktor yang mempengaruhi preferensi pasien pada pelayanan rawat jalan rsu mitra sejati di kota medan thesis.
Wandah, R. (2022). Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassa Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7.02: 120-130 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lela Kania Rahsa Puji, Fenita Purnama Sari Indah, Sucipto Sucipto, Nur Hasanah, Sheila Mita Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0