Faktor-faktor yang berhubungan dengan preferensi kunjungan di Rumah Sakit

Authors

  • Lela Kania Rahsa Puji Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada
  • Fenita Purnama Sari Indah Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada
  • Sucipto Sucipto Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada
  • Nur Hasanah Farmasi, D III Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada
  • Sheila Mita Agustina Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Dharma Husada

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1195

Keywords:

Preferensi kunjungan, pasien rawat jalan, persepsi pasien, Rumah Sakit

Abstract

Latar Belakang: Preferensi masyarakat dalam memilih rumah sakit sangat bervariasi, berbeda-beda dalam pilihannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Besar sampel adalah 123 pasien menggunakan metode probability sampling dan teknik sampling proportional stratified random sampling. Analisa bivariat menggunakan uji Chi Square dan uji Fisher (Fisher Exact Test).
Hasil: Terdapat hubungan antara persepsi pasien mengenai machine (p-value = 0,014) dan persepsi pasien mengenai market (p-value = 0,009) dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok. Namun tidak ada hubungan antara persepsi pasien tentang man (p-value = 0,141), persepsi pasien tentang money (p-value = 0,252), persepsi pasien tentang method (p-value = 0,288), persepsi pasien material (p-value = 0,561) dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok.
Kesimpulan: Ada hubungan signifikan antara persepsi pasien terhadap machine dan market dengan preferensi kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kota Depok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, B, E. al. (2021). Hubungan Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Kartu BPJS di Ruang Rawat inap RSUD Sekarwangi Sukabumi. Health Science Journal, 12. https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i1.249

Bayuwana, Y. A. (2020). Gambaran Dimensi Pengalaman Pasien Berdasarkan Importance Performance Analysis (Ipa) Di Instalasi Rawat Inap Rsup Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar Tahun 2020. Skripsi, 1–70.

Dian, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) (Studi Pada Peserta Prolanis Penderita Hipertensi di Puskesmas Salopa Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2018).Thesis, 8–28.

Hapsari, Y. (2016). Analisis Persepsi Pasien Tentang Poliklinik Umum Terhadap Keputusan Pemanfaatan Ulangnya Di RS Pantiwilasa" Citarum" Semarang PhD Thesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro..

Kemenkes RI. (2022). Profil kesehatan indonesia 2022.

Kurnia et al. (2017). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Masyarakat Usia Produktif (15-64 Tahun) Di Posbindu PTM Puri Praja Wilayah Kerja Puskesmas Mulyoharjo,Pemalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 955.

Manurung, W. (2016). Perancangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas C Non-pendidikan Berbasis Low Cost di Kota Tanjungbalai Tema : Low Energy. Rsud Berbasis Low Cost, sistem pada rumah sakit, 10–129 PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Meidella, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Talu Kecamatan Talu PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nisrina, N., Aulia, D., & Andayani, L. (2020). Hubungan Strategi Pemasaran Dengan Preferensi Pasien Poliklinik Anak di Rumah Sakit X Medan. Jurnal Kesmas Jambi, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.22437/jkmj.v4i1.8938

Peraturan Pemerintah RI Nomor 47, R. I. (2016). PP Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Fasilitas Pelayanan Kesehatan, 101, 1–2.

Poernomo, D. I. S. H. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Rs Baptis Kediri.

Rahman, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak An Nisa Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 3(1), 1–9.

Ramli, M. (2022). Preferensi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Memilih Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Di Puskesmas Kassi-Kassi. Predestination: Journal of Society and Culture, 2(2).

Riswan. (2013). Faktor Determinan yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2013. 53(9), 1689–1699.

Sanjaya, W. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi. Health Science Journal, 14(2), 215–225. https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906

Simanjuntak, E., & Wati Oktavin Sirait, L. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Missfile Di Bagian Penyimpanan Berkas Rekam Medis Rumah Sakit Mitra Medika Medan Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(1), 370–379. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i1.51

Vatriscia, I. (2021). Faktor yang mempengaruhi preferensi pasien pada pelayanan rawat jalan rsu mitra sejati di kota medan thesis.

Wandah, R. (2022). Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassa Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7.02: 120-130 .

Downloads

Published

28-10-2024

How to Cite

Puji, L. K. R., Indah, F. P. S., Sucipto, S., Hasanah, N., & Agustina, S. M. (2024). Faktor-faktor yang berhubungan dengan preferensi kunjungan di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 15(02), 298–307. https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1195
Abstract viewed = 67 times