Pengaruh edukasi gizi seimbang dalam mencegah obesitas terhadap pengetahuan dan sikap remaja
DOI:
https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1170Keywords:
Obesitas, remaja, edukasi gizi, lembar balik, pengetahuanAbstract
Latar Belakang: Masalah kelebihan berat badan dan obesitas pada remaja saat ini sangat serius dan berpotensi berlanjut hingga dewasa, meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Salah satu penyebab utamanya adalah kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Upaya preventif melalui pendidikan tentang gizi seimbang dapat membantu remaja memahami dan peduli terhadap pentingnya pencegahan obesitas.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain Pre-eksperimen dengan one group pre-test-post-test design. Reponden sebanyak 32 siswa kelas XI SMAN-3 Palangka Raya. Siswa diberikan edukasi gizi menggunakan lembar balik, kemudian perubahan pengetahuan dan sikap diukur menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan Wilcoxon dan McNemar.
Hasil: Penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan siswa mengenai gizi setelah diberikan edukasi. Nilai median pengetahuan meningkat dari 65 menjadi 80, dengan persentase siswa yang memiliki pengetahuan baik meningkat dari 18,8% menjadi 65,6%. Selain itu, nilai median sikap positif siswa terhadap makanan sehat juga meningkat dari 75 menjadi 77,5.
Kesimpulan: edukasi gizi dengan media lembar balik merupakan intervensi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya gizi seimbang
Downloads
References
Agustian, R., Andeka, W., Ismiati, I., Sumaryono, D., & Ningsih, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Lembar Balik terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Bahaya Merokok di Kelas VII SMP N 15 Kota Bengkulu. PhD Thesis. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Aisyah, S., Syafar, M., & Amiruddin, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv & Aids Di Kota Parepare. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 3(1). https://doi.org/10.30597/jkmm.v3i1.10299
Aninditya H. (2021). Pemgaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Lembar Balik Tentang Diare Terhadap Perubahan Pengetahuan Ibu Di Posyandu Kentingan Kulon Surakarta.
Anjanputra, A. P., Rahmat, M., Isdiany, N., & Putri, W. P. (2020). Pemberian Edukasi Dengan Menggunakan Media Lembar Balik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Posbindu Dalam Melakukan Konseling Kepada Lansia. PhD Thesis. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Arza, P., & Afifah, S. N. (2022). Efektifitas edukasi gizi dengan tatap muka dan online terhadap pengetahuan dan perilaku konsumsi susu siswa smp. Jurnal Endurance, 7(2), 255–260. https://doi.org/10.22216/jen.v7i2.840
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2019). Laporan Provinsi Kalimantan Tengah Riskesdas 2018.
Dyna, F. (2021). Edukasi Breastfeeding Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Jurnal Endurance, 6(2), 229–235. https://doi.org/10.22216/jen.v6i2.128
Ernisah, E. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Pada Pasca Bencana Gempa Bumi Di Rw. 09 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2022. PhD Thesis. Universitas Andalas.
Fauziatin, N., Kartini, A., & Nugraheni, S. A. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media lembar balik tentang pencegahan stunting pada calon pengantin. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(2). https://doi.org/doi.org/10.33633/VISIKES.V18I2.2679
Horesh, A., Tsur, A. M., Bardugo, A., & Twig, G. (2021). Adolescent and childhood obesity and excess morbidity and mortality in young adulthood—A systematic review. Current Obesity Reports, 10(3), 301–310.
Jusriani, R. (2023). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1). https://doi.org/10.32584/jpp.v2i2.2401
Kemenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan No. 41: Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes. (2020). Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19. Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.
Lestari, P. (2020). Hubungan pengetahuan gizi, asupan makanan dengan status gizi siswi Mts Darul Ulum. Sport and Nutrition Journal, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.15294/spnj.v2i2.39761
Martiyana, C., Huriyati, E., & Padmawati, R. S. (2018). Diskusi dengan leaflet versus ceramah dengan lembar balik dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keyakinan WUS mengenai GAKI di perdesaan endemik GAKI. Media Gizi Mikro Indonesia, 9(2), 83–98. https://doi.org/10.22435/mgmi.v9i2.586
Mokolensang, O. G., & Manampiring, A. E. (2016). Hubungan Pola Makan Dan Obesitas Pada Remaja Di Kota Bitung. Jurnal E-Biomedik, 4(1). https://doi.org/10.35790/ebm.4.1.2016.10848
Nguyen, M., Jarvis, S. E., Tinajero, M. G., Yu, J., Chiavaroli, L., Mejia, S. B., Khan, T. A., Tobias, D. K., Willett, W. C., & Hu, F. B. (2023). Sugar-sweetened beverage consumption and weight gain in children and adults: A systematic review and meta-analysis of prospective cohort studies and randomized controlled trials. The American Journal of Clinical Nutrition, 117(1), 160–174. https://doi.org/doi.org/10.1016/J.AJCNUT.2022.11.008
Nufaisah, A., Yuliantini, E., & Darwis, D. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Dengan Permainan Kartu Bergambar Dan Puzzle Terhadap Pengetahuan Anak Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun 2019. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v3i1.2279
Nugroho, P. S., Wijayanti, A. C., & Sunarti, S. (2020). Obesity and Its Risk Factors Among Adolescent in Indonesia. Malaysian Journal of Medicine & Health Sciences, 16(2).
Popkin, B. M., Adair, L. S., & Ng, S. W. (2012). Global nutrition transition and the pandemic of obesity in developing countries. Nutrition Reviews, 70(1), 3–21. https://doi.org/doi.org/10.1111/J.1753-4887.2011.00456
Prastika, Y., Sumaryono, D., Patroni, R., Linda, L., & Lagora, R. (2022). Pengaruh Edukasi Melalui Lembavid (Lembar Balik Vaksin Covid) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Vaksin Covid-19 pada Pra Lansia Diwilayah Kerja Puskesma Lingkar Barat Kota Bengkulu. PhD Thesis Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Puspita, E. Z. A. T., Jumiyati, J., Yuliantini, E., Simanjuntak, B. Y., & Wahyudi, A. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja putri di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Tahun 2021. PhD Thesis. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Putra, E., Wirawan, S., Abdi, L. K., & Irianto, I. (2020). Pengaruh Penyuluhan Perorangan dengan Media Lembar Balik terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Balita dalam Pemberian MP-ASI pada Balita BGM Usia 6-59 Bulan Dilingkungan Babakan Kebon. Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal), 5(1), 25–29. https://doi.org/10.32807/jgp.v5i1.172
Putri, N. A. (2019). Pengaruh penyuluhan dengan media lembar balik (flip chart) terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang asi eksklusif di puskesmas tuban kabupaten tuban. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–25.
Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Shalma, M. P. (2020). Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2). https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.208
Safitri, D. E., & Rahayu, N. S. (2020). Determinan status gizi obesitas pada orang dewasa di perkotaan: Tinjauan sistematis. Arkesmas (Arsip Kesehatan Masyarakat), 5(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v5i1.4853
Saraswati, S. K., Rahmaningrum, F. D., Pahsya, M. N. Z., Paramitha, N., Wulansari, A., Ristantya, A. R., Sinabutar, B. M., Pakpahan, V. E., & Nandini, N. (2021). Literature Review: Faktor Risiko Penyebab Obesitas. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(1), 70–74. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.1.70-74
Stanhope, K. L. (2016). Sugar consumption, metabolic disease and obesity: The state of the controversy. Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences, 53(1), 52–67. https://doi.org/doi.org/10.3109/10408363.2015.1084990
Sutrisno, S., & Sinanto, R. A. (2022). Efektivitas penggunaan lembar balik sebagai media promosi kesehatan: tinjauan sistematis. Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal), 13(1), 1–11. https://doi.org/10.32695/jkt.v13i1.129
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tiora, R., & Sandra, Y. (2020). Pegaruh Pengunaan Flip Chart (Lembar Balik) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa SMPN 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Serupa The Journal of Art Education, 9(2), 152–160. https://doi.org/doi.org/10.24036/STJAE.V9I2.107948
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Norhasanah Norhasanah, Nila Susanti, Normila Normila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Science Journal published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0