Pengaruh bermain kolase terhadap kemampuan motorik halus pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Ashfiya Kota Malang

Authors

  • Bianca Adinda Mustika Fadya Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) RS dr Soepraoen Malang
  • Rani Safitri Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) RS dr Soepraoen Malang
  • Rifzul Maulina Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITSK) RS dr Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i01.1048

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Anak Usia Dini, Bermain Kolase

Abstract

Latar Belakang: Anak usia dini juga dikenal sebagai anak pra-sekolah yang hidup pada masa kanak-kanak awal. Salah satu aspek penting dari perkembangan anak usia dini adalah kemampuan motorik halus, yaitu kemampuan melakukan gerakan yang melibatkan penggunaan otot-otot kecil, termasuk koordinasi antara mata dan tangan dengan cermat.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (Eksperimen), jenis penelitiannya adalah Pre-Eksperimental Designs, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun di TK Al-Ashfiya Kota Malang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk anak usia 4-6 tahun dengan rincian 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki, total keseluruhan 16 anak. Instrumen yang digunakan adalah berbentuk lembar observasi STPPA.
Hasil: Berdasarkan hasil analisa data statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan SPSS didapatkan nilai P-value (asymp. Sig 2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan responden sebelum diberikan intervensi dengan sesudah diberikan intervensi. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh bermain kolase terhadap kemampuan motorik halus pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Ashfiya Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, S. (2021). Karakteristik perkembangan anak usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(2), 200–212.

Ariyanti, F., & Damanik, S. H. (2023). The Effect of Collage Activities on Finel Motor Skills of Children Aged 5-6 Years at PAUD Harapan Ummat Academic Year 2022/2023. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(3), 437–444. https://doi.org/10.55927/ajae.v2i3.5243

Azani, S. R. (2020). Faktor Yang mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Medikal Saintika, 11(2), 226–235.

Choirun, A. N. (2017). No Title (M. T. Sartika Budi Septi (ed.)). UMSIDA Press.

Dorce, Pambunga, dan M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Kolase Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Kec. Moramo Kab. Konawe Selatan.

Faridah, U: Hidayah, N: Afifah, S. (2022). Pengetahuan Ibu Berhubungan Dengan Status Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Indonesia Jurnal Perawat, 7(2), 83–89.

Fazira, S., Daulay, M. I., & Marleni, L. (2018). Pengaruh Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Usia Dini. Auad : Journal on Early Childhood, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.31004/auad.v1i1.7

Handayani, S., Sumarno, & Suharno, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Di Tk Pembina Kabupaten Rembang. Jurnall Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 38–53. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnb/index

Hudal, H., Faeruz, R., & Hayali, M. (2019). Permainan Kolase Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Kelompok al Tk Muslimat Nu Banjarmasin. Journal of Ealrly Childhood Education (JECE), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13278

Kusumaningrum, P. R., Khayati, F., & Wicaksana, A R. (2021). Gambaran Perkembangan Pada Anak Usial Pra Sekolah Di TK RA Hidayatul Qur’an. Prosiding Seminar …, 56, 1444–1452. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/917/924

Kusumastuti, R. (2014). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok A Roudlotul Athfal (RA) Al-Ikhlas Semarang Barat. Falkultas Ilmu Pendidikan, Universitals Negelri Semarang, 1, 148.

Lavenia, E., Subandijah, K., Gayatri, M., & Kebidanan, D. (2023). Pengaruh Permainan Edukasi “Puzzlo Puzzle” Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Traldisional, 1(2), 198–212. https://doi.org/10.47861/usd.v1i2.378

Nurlalili. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul, 4.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budalyal, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Puspitasari, D., & Rakhmawati, N. I. S. (2018). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok a Di Tk A Uswah 2 Surabaya. PAUD Teratali, 7(3), 1–9.

Sugiyono. (2019). Metodel Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Talango, S. R. (2020). Konsel Perkembangan Anak Usia Dini. Ealrly Childhood Islamic Educaltion Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Yeni, S. (2020). Teknik Pembelajaran Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi di Kelompok B Paud). Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikal Islam, 5(1), 12–125. https://core.ac.uk/download/pdf/327263919.pdf

Downloads

Published

07-06-2024

How to Cite

Fadya, B. A. M., Safitri, R., & Maulina, R. (2024). Pengaruh bermain kolase terhadap kemampuan motorik halus pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Ashfiya Kota Malang. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 15(01), 144–150. https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i01.1048
Abstract viewed = 24 times