Pengaruh metode pembelajaran based learning terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam konsumsi tablet tambah darah di SMK Kesehatan Bhakti Pertiwi Indonesia Cicurug

Authors

  • Iis Nurlela Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hendri Hadiyanto Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hadi Abdillah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i01.1026

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Sikap Ibu

Abstract

Latar Belakang: Anak muda merupakan salah satu kelompok rentan anemia sebab hadapi perkembangan sangat pesat diiringi kegiatan- kegiatan jasmani serta berolahraga pula pada keadaan puncaknya. Berartinya bimbingan yang didapatkan anak muda terpaut penangkalan anemia supaya siswi bisa mengidentifikasi ciri serta indikasi anemia dan penangkalan supaya bisa ditangani secara dini, penangkalan anemia bisa dicoba dengan pola style hidup serta jajanan sehat untuk siswa.
Metode: Desain dalam riset ini memakai Quasi eksperimen dengan memakai pendekatan one group pretest posttest design.
Hasil: hasil uji statistik dengan Uji Paired Samples Test nilai P value yang dihasilkan sebesar 0, 000<0,05, serta nilai P value yang dihasilkan sebesar 0, 000<0,05.

Hasil: Dari hasil uji chi- square didapatkan p=0,002 (p value < 0,05.
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan serta perilaku anak muda tentang mengkonsumsi tablet tambah darah di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) kesehatan bhakti pertiwi indonesia cicurug sehabis diberikannya pembelajaran pengaruh pembelajaran kesehatan terhadap pengetahuan serta perilaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu-Baker NN, E. A., & AM, K. (2021). The impact of nutrition education on knowledge, attitude, and practice regarding iron deficiency anemia among female adolescent students in Jordan. Heliyon. 2021 Feb;7(2).

Akib, A., & Sumarmi, S. (2019). Kebiasaan Makan Remaja Putri Yang Berhubungan Dengan Anemia : Kajian Positive Deviance Food Consumption Habits Of Female Adolescents Related To Anemia: A Positive Deviance Approach. Amerta Nutrition, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.20473/Amnt.V1.I2.2017.105-116

Angadi, N., & Ranjitha, A. (2019). Knowledge, attitude, and practice about anemia among adolescent girls in urban slums of Davangere City, Karnataka. International journal of medical science and public health, 5(3), 416-420.

Apriyanti, F. (2019). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Sman 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2019. Jurnal Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 2(3), 18– 21.

Cahyono, S. B. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswi Tentang Anemia Setelah Mendapatkan Pendidikan Gizi Dengan Media Video Animasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Induniasih, I., & Wahyu, R. (2020). Promosi Kesehatan: Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Jalambadani, Z., Shojaei Zadeh, D., Hoseini, M., & Sadeghi, R. (2019). The effect of education for iron consumption based on the theory of planned behavior in pregnant women in Mashhad. Journal of Clinical Nursing and Midwifery, 4(2).

Julaecha, J. (2020). Upaya Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Abdimas Kesehatan (Jak), 2(2), 109. https://doi.org/10.36565/Jak.V2i2.105

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Kemenkes RI.

Khammarnia, M., Amani, Z., Hajmohammadi, M., Ansari-Moghadam, A., &, & Eslahi, M. (2021). A survey of Iron supplementation consumption and its related factors in high school students in Southeast Iran, 2015. The Malaysian journal of medical sciences: MJMS, 23(5), 57.

Lestari, P., Widardo, & Mulyani, S. (2019). Pengetahuan berhubungan dengan konsumsi tablet Fe saat menstruasi pada remaja putri di SMAN 2 Banguntapan Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 3(3), 145- 149.

Mariyaningsih, D., Tanjung Anitasari, I. K., & Izzatu Arifah, S. K. M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Komik Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswi Tentang Tablet Tambah Darah Dan Anemia Di Smp Negeri 2 Sragen (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Murti, B. (2019). Teori Promosi dan Perilaku Kesehatan. Colomadu: Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Nasution, IPA & Manik, B. (2020). Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Remaja tentang Kesehatan Reproduksi di SMK Negeri 8 Medan. SCRIPTA SCORE Scientific Media Journal, Vol. 2 (1):38-43. Retrieved from: https://talenta.usu.ac.id/scripta/article/view/34 24/3171 DOI: https://doi.org/10.

Notoatmodjo, S. (2020). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2022). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Open Data Jabar. (2021). Statistik Open Data Jabar.

Rakesh, P. S., Rajeswaran, T., Rakesh, R., Gigil, M., Sheeja, A. L., & S., & S. (2022). Anaemia among schoolchildren from southern Kerala, India: A cross-sectional study. Natl Med. J. India, 28, 225-227.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar Indonesia Tahun 2018. Kemenkes RI.

Saban, S., Suryaningsih, E. K., & Utami, F. S. (2019). Efektifitas Mediavideo Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Siswi SMAN 2 Ngaglik Sleman (Doctoral dissertation, Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta).

Sassen B. (2019). Nursing: Health Education and Improving Patient Self- Management. 1st ed. Cham: Springer International Publishing : Imprint: Springer; 1 p.

Sma, D. I., & Muaro, N. (2019). Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja. 18.

Solang, L. dan T. (2021). Promosi kesehatan. Bogor: Penerbit In Media.

Utami, S., & A. (2020). Meta-analisis pengaruh model problem basedlearning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. JP2, 3(3), 416–427.

Yulaeka, Y. (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Kebidanan Mutiara Mahakam, 8(2), 112–118. https://doi.org/10.36998/Jkmm.V8i2.108

Downloads

Published

07-06-2024

How to Cite

Nurlela, I., Hadiyanto, H., & Abdillah, H. (2024). Pengaruh metode pembelajaran based learning terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam konsumsi tablet tambah darah di SMK Kesehatan Bhakti Pertiwi Indonesia Cicurug. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 15(01), 241–251. https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i01.1026
Abstract viewed = 28 times